Keistimewaan Burung sebagai Hewan Peliharaan

Updated: Jul 25, 2020


foto oleh unsplash


Selain Anjing dan Kucing, Burung merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan survei yang dilakukan Nielsen Survei Indonesia, Aksenta, University of Oxford dan Darwin Initiative di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Denpasar. Dari Survei tersebut, dapat diketahui bahwa dari 1691 responden, ternyata 40% dari responden tersebut menjadikan burung sebagai hewan peliharaan.

Memelihara burung tidak harus memiliki tempat yang luas, burung dapat disimpan di dalam sangkar yang mudah dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika kotorannya akan mengotori rumah Anda. Kotoran burung juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman, sehingga akan membantu Anda dalam merawat tanaman.

Burung juga salah satu hewan yang mudah ditemukan. Banyak toko yang menjual burung-burung peliharaan. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan pun relatif cukup murah. Selain itu, pakan burung relatif memiliki kebutuhan yang sedikit dan mudah ditemui. Pakan burung seperti biji-bijian, buah-buahan, palet dan juga serangga seperti ulat hongkong mudah untuk ditemukan dan dibeli di toko pakan burung.

Selain mudah untuk dipelihara, burung juga memiliki manfaat yang baik dalam mengurangi stress. Suara kicauan burung dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang, sehingga dapat menghilangkan stress dan menurunkan tekanan darah. Seperti yang diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter, Inggris. Mereka melakukan penelitian di wilayah yang memiliki banyak burung dengan lingkungan yang rindang. Diantara 274 responden yang memiliki masalah depresi, hampir semua responden merasa lega dan lebih rileks setelah mendengarkan kicauan burung didaerah tersebut.

Hobi dalam memelihara burung juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mata. Sudah tidak aneh jika beberapa burung memiliki keindahan bulu. Dengan warna-warna yang menarik, secara tidak sadar saat memperhatikan burung, Anda dapat melatih mata Anda dengan mengikuti gerakan burung tersebut. Hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat perasaan Anda, sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan tidak jenuh.

Di Indonesia, banyak jenis burung yang dapat Anda jadikan sebagai hewan Peliharaan diantaranya yaitu:


Burung Kacer

Burung kacer merupaan salah satu burung populer untuk dijadikan hewan peliharaan. Burung ini memiliki karakteristik mental yang kuat dan termasuk burung yang tangguh. Burung ini dapat dijadikan pilihan sebagai hewan peliharaan karena perawatannya yang tergolong mudah. Selain itu, suara kicauan yang dikeluarkan oleh burung ini dapat mengingatkan Anda akan alam bebas, dan dapat mengurangi tingkat stres.


Burung Beo

Burung Beo atau sering disebut dengan tiung atau menco, merupakan salah satu pilihan favorit para pecinta burung. Hal ini karena burung Beo memiliki keistimewaan dalam menirukan bunyi suara yang baru didengarnya baik itu nyanyian atau siulan. Burung ini cukup mudah untuk dipelihara, sehingga tidak akan membutuhkan usaha lebih dalam merawatnya. Burung beo memiliki bulu hitam dan paruh kuning kemerahan, yang sekilas akan mirip dengan burung-burung lain.


Love Bird

Burung Cinta atau Love Bird merupaan salah satu burung yang disukai oleh anak-anak. Hal ini karena warna bulunya yang cerah dan bewarna-warni. Seperti namanya, Love Bird ini merupakan hewan yang selalu hidup berdampingan dengan pasangannya. Keistimweaan utama dari Love Bird ini yaitu suara kicauannya yang keras, dan warna nya. Semakin menarik warna yang dimiliki burung ini maka semakin mahal harga jualnya.


Burung Jalak Suren

Burung Jalak suren merupakan salah satu primadona dalam memeilihara burung. Hal ini karena burung ini termasuk yang memiliki kepekaan tinggi terhadap situasi yang ada disekitaranya. Burung Jalak Suren ini memeliki kecerdasan di atas rata-rata, sehingga dapat menirukan suara manusia dan burung-burung disekitarnya. Selain dapat menirukan suara, burung ini juga lincah dan memiliki badan yang cukup besar. Jika terus dilatih, burung Jalak Suren ini akan sangat jinak, dan dapat diikut sertakan dalam perlombaan komunitas burung yang setiap tahun diadakan.


Burung Kakak tua

Seperti burung Jalak Suren, Burung kakatua juga memiliki keistimewaan dalam menirukan suara yang diucapkan oleh manusia atau hewan disekitarnya. Burung kakatua memiliki paruh yang kuat dan kepada yang besar. Beberapa jenis kakatua yang sering dipelihara yaitu kakatua alba, kakatua Jambul kasumba, dan kakatua jambul kuning.

Baca juga: Cara Merawat Hewan Peliharaan dengan baik, Perhatikan Beberapa Hal Penting Berikut
18 views0 comments