Cara Melatih Anak Anjing agar Patuh dengan Mudah


foto oleh unsplash


Anjing yang patuh bisa didapat dari latihan intens sejak kecil. Untuk Anda yang bingung bagaimana cara melatih anjing dari kecil agar patuh dengan mudah, berikut ada beberapa caranya.


Pelatihan Dasar untuk Anak Anjing

Anakan anjing yang baru saja Anda adopsi umumnya belum mendapat pelatihan dari asalnya. Untuk itu Anda harus melatihnya terlebih dahulu beberapa minggu. Mereka belum bisa diatur karena rasa ingin tahunya sangat besar.

Untuk itu, Anda harus perlahan melatihnya. Beberapa latihan dasar anjing yang bisa Anda terapkan yaitu:

- Pastikan jika anjing hanya bisa memasuki satu atau dua ruangan yang kerap Anda tempati atau keluarga agar ada pengawasan

- Masukkan kandang jika Anda tidak bisa mengawasinya

- Berikan makanan secara teratur dan terjadwal

- Ajarkan untuk dia buang air kecil atau besar di luar ruangan, setelah bisa berikan hadiah berupa snack anjing. Anda juga bisa memberinya pujian langsung dengan mengikutinya keluar. Ajarkan di tempat khusus di luar ruangan.

- Jangan menghukum atau memarahinya saat melakukan kesalahan, carilah cara lain misalnya ditegur dengan perlahan

- Ajak keluar atau jalan-jalan secara rutin karena umumnya mereka belum bisa berkomunikasi untuk mengungkapkan keinginannya.


Cara Melatih Anak Anjing

Anak anjing belum terlalu memiliki sifat awareness terhadap sekitar, tetapi wataknya mudah dibentuk. Untuk itu anak anjing membutuhkan pelatihan sejak dini.


Duduk dan Pujian

Ajarilah anjing untuk duduk. Posisi ini sangat berguna dalam berbagai situasi dan kondisi. Saat ia duduk, ia sangat siap menerima perintah.

Umumnya, anak anjing memiliki satu makanan atau mainan (treat) favorit. Manfaatkanlah ini untuk membuatnya paham akan perintah duduk. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Pastikan Anda menggenggam treat kesukaannya

- Tempatkan treat tersebut di atas kepala yang sulit dijangkau, lalu rendahkan agar anjing mau merunduk

- Katakan duduk atau sit kemudian berikan treat tersebut, jangan lupa untuk memberikan pujian

Ulangi beberapa kali perintah ini agar anjing paham dengan perintah ini. Yang perlu diperhatikan, gunakan satu kata khusus dan konsisten penggunaannya agar anjing tidak bingung atau tertukar dengan perintah lain. Hanya gunakan satu kata perintah dan pujian.


Menangkap atau Mengambil (Fetch)

Ini adalah salah satu permainan yang umum disukai oleh anjing yaitu Anda melemparkan mainannya untuk kemudian diambil anjing dan mengembalikannya pada Anda. Secara tidak langsung latihan ini akan membentuk sikap patuhnya.

Selain itu, permainan ini juga sangat bagus untuk ketangkasan fisiknya dan meningkatkan performa kerja jantungnya.

Langkah-langkah melakukan perintah Fetch atau menangkap dan mengambil.

  1. Manfaatkan permainan tug of war

  2. Ambil mainannya dari mulut anjing lalu goyang-goyangkan di depannya demi menarik perhatian

  3. Lemparkan mainan tersebut dengan jarak pendek saja

Lakukan berulang-ulang hingga ia paham. Setelah mengerti, ajak ia bermain menggunakan permainan lain, misalnya bola.


Latihan Buang Air di Luar Ruangan agar Terbiasa

Agar anjing tidak buang air sembarangan, Anda harus melatihnya dari kecil agar terbiasa. Saat ia terbiasa, ia akan dengan mudah melakukannya di tempat yang disediakan.

Berikut ada beberapa tips melatih anjing agar tidak buang air sembarangan.

  1. Ketahui jenis rasnya. Ini akan berpengaruh pada perilakunya sehari-hari.

  2. Perhatikan aktivitasnya, kenali tanda ketika ia akan buang air. Contohnya ia berputar-putar, menggonggong, dan tanda lainnya. Saat Anda mendapati tanda ini, segera ajak ia keluar ruangan. Berikan ia tempat khusus untuk buang air di luar ruangan.

  3. Berikan peringatan tegas saat anjing tidak mau menurut. Namun jangan dengan kekerasan.

  4. Berikan imbalan saat ia berhasil melakukan tugasnya, misal pujian atau hadiah.

  5. Tidak melulu proses latihan berjalan lancar, saat terjadi kesalahan seperti anjing buang air di dalam ruangan segera bersihkan.

Latihan Sosialisasi

Terakhir adalah latihan bersosialisasi dengan cara mengajaknya keluar rumah dan bermain bersama anjing lain. Saat ia melakukan kesalahan, berikan teguran dan koreksilah.


Itulah beberapa cara melatih anjing yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Ingat, lakukan dengan konsisten dan sejak dini agar lebih mudah melatihnya. Klik dan bagikan juga ya informasi ini pada teman Anda atau melalui media sosial.


Baca juga : Baru Punya Anjing Peliharaan, Begini Cara Memeliharanya yang Benar Bagi Pemula
48 views0 comments