Perbedaan Kucing Anggora dan Persia Ditinjau dari Berbagai Sisi

Updated: Jul 25, 2020


foto kucing anggora oleh unsplash


Bagi pecinta kucing, tentu mudah mengenali perbedaan kucing Anggora dan Persia. Meski sama-sama tergolong jinak dan memiliki bulu lebat indah, namun keduanya juga memiliki perbedaan mencolok. Secara karakter pun keduanya memiliki dasar sifat yang berbeda.

Baik Anggora maupun Persia, kedua jenis kucing ini pada dasarnya sama-sama berasal dari ras domestik dengan ciri khas bulunya yang panjang. Secara penampakan, keduanya tampak lucu dan menggemaskan. Dua jenis ras kucing ini juga yang paling sering dikembangbiakkan karena banyak orang yang ingin memilikinya.

Sebagai 2 kelompok yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan, Anggora maupun Persia sama-sama memiliki kecenderungan sifat yang mudah jinak. Tapi, sebenarnya ada banyak perbedaan di antara kedua kucing ini. Agar tak kesulitan membandingkannya, simak beberapa poin berikut ini.


Perbedaan Kedua Jenis Kucing Ini dari Segi Fisik

Secara umum, perbedaan kucing Anggora dan Persia dapat ditelusur dari daerah asalnya. Kucing Anggora diyakini sebagai salah satu ras kucing tertua, berasal dari daerah Ankara, Turki dan diperkirakan telah ada sejak tahun 1600an. Tak heran kucing ini juga kerap dijuluki kucing Ankara.

Sementara itu, kucing Persia dipercaya berasal dari Persia (Iran) seperti namanya, dan dibawa ke Italia di masa 1620an. Selain soal daerah asal, masih banyak perbedaan lain dari keduanya jika dilihat dari segi fisik, antara lain sebagai berikut.


1. Bentuk Wajah

Kucing Anggora umumnya memiliki bentuk wajah menyerupai kucing lokal yang sedikit meruncing dengan hidung agak mancung. Sementara kucing Persia wajahnya lebih membulat dengan hidung pesek (ras peaknose) dan tak terlalu mancung (ras medium), serta dahi dan bagian dagu tampak lebih datar.


2. Tubuh

Perbedaan kucing Anggora dan Persia bisa dilihat dari tubuhnya. Tubuh kucing Anggora terbilang ideal dengan otot tak terlalu menonjol dan tubuh tampak tinggi. Sedangkan kucing Persia tampak gendut bulat dengan kaki pendek tapi kokoh dan besar.


3. Bulu

Pada dasarnya kedua jenis kucing Sphinx ini memiliki bulu yang sama-sama tebal. Namun, ketebalan bulu kucing Anggora masih kurang dibanding kucing Persia.


4. Ekor

Yang paling menonjol dari kucing Anggora adalah ekornya yang tebal dan lebat layaknya ekor musang. Sementara di ras Persia, ekor tidak selebat milik Anggora.



foto kucing persia oleh unsplash


Perbedaan dari Segi Karakteristik dan Kepribadian

Jika kucing Anggora memiliki sebutan lain sebagai kucing Ankara, kucing Persia pun bisa disebut dalam banyak sebutan. Yang paling terkenal adalah Persian Longhair atau cukup Longhair saja. Selain itu, ada beberapa poin perbedaan kucing Anggora dan Persia jika ditinjau dari karakteristiknya.


1. Kepribadian

Dalam hal ini kucing Anggora dinilai lebih aktif, cerdas dan energik sehingga senang bermain dan berinteraksi dengan manusia. Di sisi lain, kucing Persia memiliki sifat lebih kalem dan penurut sehingga tampak lebih pemalas dan manja.


2. Kesehatan

Kucing Anggora yang lincah memiliki sistem kekebalan yang lebih baik sehingga jarang sakit. Walau, Anda perlu waspada akan Ataxia dan Hypertrophic Cardiomyophaty. Sedangkan ketahanan kucing Persia tak sebagus Anggora. Penyakit yang mengincar pun lebih banyak, yakni Seborrhea Oleosa, Heat Sensitivity, Entropion, dan lainnya.


3. Grooming

Untuk melakukan grooming pada kucing Anggora bisa dilakukan begitu saja tanpa perlu penanganan khusus. Perbedaan kucing Anggora dan Persia pada kucing Persia membutuhkan perhatian ekstra lantaran bulunya yang lebat dan kesehatannya yang rentan.

Baca juga : Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman Supaya Tidak Berontak

Terlepas dari perbedaan fisik dan karakter yang dimiliki, harga keduanya juga memiliki range berbeda. Sebelum memilih jenis kucing, perhatikan karakteristik yang cocok dengan Anda. Anda juga bisa menghubungi dokter hewan terdekat untuk mencari jenis kucing yang. Bagikan artikel ini agar lebih banyak orang tahu perbedaan kucing Anggora dan Persia ya!

35 views0 comments