Jangan Sembarangan Usir! Inilah Cara Mengusir Kucing Tanpa Menyakitinya!


foto oleh unsplash


Walaupun kucing terkenal sebagai hewan yang menggemaskan dan banyak dipelihara. Namun tentu saja tidak semua orang menyukai hewan berbulu yang satu ini. Saat melihat kucing beberapa orang yang tidak suka pastinya akan langsung mengusir kucing tersebut dengan berbagai cara. Hanya saja yang perlu diingat tentunya, tidak menyukai bukan berarti anda harus membencinya sehingga menyakitinya. Ketika kucing tidak sengaja masuk kerumah anda, pastikan anda mengusirnya dengan tepat, ingat jangan sampai sekalipun menyakitinya.


Lalu, Bagaimana Cara Mengusir Kucing Tanpa Menyakitinya? Simak Ulasan Berikut Ini!

Pada umumnya, cara mengusir kucing memang berbeda-beda tergantung dimana tempat kucing tersebut berada. Misalnya saja pada saat kucing berada di plafon rumah, maka cara mengusirnya akan berbeda ketika kucing berada di teras rumah.

Bagi orang-orang yang anti kucing, ketika melihat keberadaan kucing disekitarnya pasti timbul niat untuk mengusirnya. Hanya saja dalam melakukan hal tersebut tentu jangan sembarangan apalagi sampai melukai hewan tersebut. Nah berikut ini beberapa cara mengusir kucing paling efektif yang sebaiknya anda ketahui:


· Jangan Memberikannya Makanan

Jika tidak ingin kucing terus masuk ke rumah anda maka sebaiknya jangan pernah memberikan hewan tersebut makanan. Perlu anda tahu bahwa daya tarik utama kucing yang berkeliaran dan masuk ke rumah yaitu adanya aroma makanan yang bisa dijadikan santapannya. Bahkan satu kali saja anda memberikan makanan kepada hewan ini, mereka akan terus datang. Nah, jadi jika anda memang tidak ingin ada kucing masuk maka usahakan jangan pernah memberikannya makanan di dalam rumah.


· Pastikan Hilangkan Sampah Makanan Di Sekitar Rumah

Kucing liar yang tidak memiliki majikan tentu saja akan berkeliaran sendiri mencari makanan. Apapun yang mereka temukan dan bisa dimakan pastinya akan dicari dan dilahapnya termasuk sampah makanan yang biasanya ada di tempat sampah rumah anda.

Nah, jika kebiasaan menyimpan tempat sampah makanan di dalam rumah terus anda lakukan dan kucing tersebut megetahuinya maka tidak menutup kemungkinan kucing tersebut akan terus datang. Sehingga solusinya pastikan anda selalu membersihkan dan membuang langsung sampah-sampah tersebut ke TPS. Selain efektif untk mengusir kucing dari rumah, tentu kebiaasan ini juga sangat baik untuk menjaga kebersihan lingkungan.


· Memasang Pagar Anti Kucing

Bagi anda yang memiliki dana lebih, anda juga bisa memasang pagar anti kucing. Seperti apa pagar anti kucing? Nah maksud dari pernyataan ini yaitu anda harus memasang pagar tinggi yang runcing agar kucing tidak bisa melompati pagar rumah anda.


· Menyemprotkan Air

Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan hewan yang terkenal anti air (walaupun tidak seluruh kucing takut air ya). Nah, untuk mengusir kucing berikutnya anda bisa menyemprotkan air pada hewan tersebut. Ingat hanya menyemprotkannya saja, tidak membuat kucing tersebut basah kuyup. Dalam hal ini anda bisa menggunakan semprotan yang kemudian ketika menyemprotnya anda harus mengarahkan kucing tersebut keluar rumah.


· Menakutinya Dengan Sapu Lidi

Selanjutnya, anda juga bisa mengusirnya dengan cara menakutinya dengan sapu lidi. Namun yang perlu diingat anda hanya menakutinya saja bukan memukulnya. Anda hanya cukup mengayunkan sapu lidi ke arah tembik ataupn lantai biasanya kucing akan langsung keluar dan takut kembali lagi.


· Menggunakan Cat Repellent atau obat pengusir kucing

Cara terakhir adalah menggunakan Cat Repellent atau obat pengusir kucing. Obat ini dapat berupa obat semprot atau butiran seperti kapur barus. Mekanisme pengusiran kucing dari obat ini adalah menimbulkan bau yang tidak disukai kucing. Jangan khawatir bau tersebut tidak berbahaya bagi manusia dan juga bukan bau yang tidak menyenangkan bagi manusia. Metode ini dapat berhasil karena indera penciuman kucing jauh lebih sensitif daripada manusia.

Metode terakhir ini juga dapat digunakan oleh para pecinta kucing untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut:


1. Melatih kucing untuk buang air ditempatnya

Terkadang kucing yang baru diadopsi belum memiliki kebiasaan untuk buang air kecil atau kencing ditempat yang sudah ditentukan. Si meong kadang suka melakukanya di sembarang tempat di rumah. Nah untuk mencegah hal itu, maka pecinta kucing dapat menggunakan obat pengusir kucing untuk “membentuk” kedisplinan kucing dalam buang air atau kencing. Jika kucing buang air ditempat yang tidak seharusnya, segera bersihkan kemudian berikan obat pengusir kucing agar dia tidak kesana lagi untuk sementara waktu. Selain, kadang ada juga kucing jantan yang suka kencing di sembarang tempat untuk menandari “wilayahnya”. Anda juga dapat memakai cara yang sama.


2. Mencegah kucing keluar rumah

Terkadang pecinta kucing memiliki kucing ras yang berharga tidak murah. Pecinta kucing pasti kebingungan saat kucingnya tidak pulang kerumah atau kabur. Untuk mencegah kucing hilang atau kabur, Pecinta kucing dapat menggunakan obat pengusir kucing di area sekitar rumah.

Baca juga: Begini yang Harus Dilakukan ketika Kucing hilang

3. Mencegah kucing mendekati area tertentu di dalam rumah

Pecinta kucing kadang perlu juga menjaga agar anabulnya tidak mendekati area tertentu dalam rumah, misal kamar bayi. Untuk mencegah masuknya kucing ke ruangan ini, Anda dapat menggunakan Cat Repellent.


4. Mencegah kucing liar masuk

Penggunaan obat pengusir kucing di sekitar area rumah juga dapat mencegah masuknya kucing liar ke dalam rumah. Hal ini diperlukan untuk mencegah kucing peliharaan berkelahi dengan kucing liar atau mencegah perkawinan antar kucing liar dengan kucing peliharaan Anda.


Itulah cara mengusir kucing tanpa harus menyakitinya. Jika cara diatas masih saja tidak ampuh untuk mengusir hewan bulu ini, anda bisa meminta bantuan kepada relawan yang kini memang sudah banyak ditemukan. Share artikel ini ya agar lebih sedikit yang menyakiti kucing walau tidak nyaman dengan hewan lucu ini.


#catrepellent

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.