Kucing Tidak Sepenuhnya Benci Air, Inilah Penjelasannya!


foto oleh unsplash


Tak seperti hewan peliharaan lainnya, kucing memang sering kali dianggap sebagai hewan pembenci air. Namun benarkah hal tersebut? Atau hanya pandangan orang saja? Penasaran tentang apakah benar kucing tidak sepenuhnya benci air? Simak ulasannya berikut ini!


Inilah Penjelasan Tentang Kucing Tidak Sepenuhnya Benci Air

Berbicara tentang kucing dan air seringkali bertolak belakang. Hal ini tentu saja dikarenakan kita tahu bahwa hewan yang satu ini memang sangat takut dengan air. Namun tahukah anda? Ternyata sebenarnya kucing tidak sepenuhnya benci air. Ada beberapa ras kucing yang sebenarnya sangat menyukai air.

Pada umumnya alasan mengapa kucing takut ataupun benci dengan air karena hewan tersebut tidak begitu familiar dengan air. Kita tahu bahwa hampir sebagian hidupnya hewan yang satu ini selalu menghabiskan waktu untuk menjilati tubuhnya dan merapikan bulunya. Jadi, selain dengan wadah air untuk minumnya, kucing memang tidak memiliki kontak lebih dengan air. Namun ketakutan ini tentu bukan berarti hewan ini membenci air karena pada dasarnya kucing bisa meminum air, jika benci maka sama sekali hewan tersebut tidak akan menyentuhnya sama sekali.

Namun beberapa kasus dengan jenis ras kucing yang berbeda, banyak kucing yang menyukai air keran dan sering memainkannya. Hal ini tentu dikarenakan daya tariknya lebih kepada pergerakan air, cahaya yang memantulkannya serta kebisingan dari air keran tersebut yang membuat kucing tersebut merasa senang.

Air yang mengalir dari keran memang akan merangsang dorongan kuat dari sifat asli kucing yaitu memangsa sesuatu yang bergerak. Selain itu, banyak juga ahli yang mengungkapkan bahwa kucing memang lebih suka air keran yang bersih serta aman daripada air yang mengenang di alam. Hal ini dibuktikan dari reaksi hidungnya dimana hidung kucing akan terlihat mengangkat ketika mendeteksi hal yang menurutnya kurang aman.


Lalu, Adakah Ras Kucing Yang Menyukai Air?

Ada beberapa ras kucing yang tidak sepenuhnya membenci air. Ras kucing tersebut diantaranya seperti Maine Coon, Turkish Van, Bengal dan Abyssinian. Keempat ras ini memang tidak keberatan untuk berhubungan langsung dengan air. Umumnya keempat ras kucing ini juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan ras kucing lainnya seperti rambut atau bulunya yang lebih tahan terhadap air sehingga dengan begitu mereka akan tetap nyaman dan benar-benar menikmati.

Ras kucing Maine Coon, Turkish Van, Bengal dan Abyssinian memang tidak bermasalah ketika berhubungan dengan air bahkan mereka senang berenang. Dengan karakteristik bulu atau rambutnya tersebut akan membuat mereka tetap nyaman tidak seperti ras kucing lainnya yang memang mudah basah ketika bersentuhan dengan air yang membuat mereka kurang nyaman.

Namun terlepas dari benci tidaknya kucing terhadap air memang kembali lagi pada anda sebagai pemilik hewan peliharaan. Jika anda memang rutin memandikannya maka tidak menutup kemungkinan hewan anda menyukai air walaupun bukan salah satu dari kucing ras diatas.

Itulah sekilas ulasan tentang kucing tidak sepenuhnya benci air. Dari ulasan diatas maka tentu saja anggapan bahwa kucing benci air memang tidak sepenuhnya benar. Lebih jelasnya kucing bukan membenci hanya saja tidak begitu familiar dengan air sehingga mereka seperti tidak menyukainya. Namun lebih jauh itu, kucing masih tetap membutuhkan air dan akan selalu membutuhkannya untuk kelangsungan hidupnya. Semoga bermanfaat!

14 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.