Cara Menjinakkan Hamster dalam 3 Langkah Mudah Berikut

Updated: Jul 28, 2020


foto oleh pixabay


Pernah melihat anime atau membaca komik tentang hamster lucu bernama Hamtaro? Ternyata tidak semua hamster bersikap jinak lho pada awalnya. Anda perlu memperhatikan cara menjinakkan hamster agar ia terbiasa dengan Anda karena memelihara hamster tidaklah semudah kelihatannya. Dengan begitu, ia akan betah di lingkungan barunya dan bisa tumbuh dengan sehat. Ini penting untuk diperhatikan mengingat hamster tergolong binatang sensitif.

Sebisa mungkin, mulailah dengan membuat hamster betah di kandang terbarunya. Meski sederhana, pilihlah permukaan kandang yang tak beralaskan bahan yang keras dan sesuaikan ukurannya. Lantaran hamster memiliki kecenderungan untuk menggali tanah saat membuat rumah, maka pastikan tempat tidur yang disediakan bersifat menyerap.

Baca juga: Memelihara Hamster untuk Pemula, Ini Tips Mudah Perawatannya

Meski memiliki sifat dasar sebagai omnivora, Anda bisa sesekali memberikan potongan buah atau sayuran kering sebagai salah satu cara cara menjinakkan hamster. Namun, jauhkan segala jenis citrus dari menu hariannya karena binatang ini rentan akan diabetes. Agar bisa menjinakkannya dengan mudah dan membuatnya betah, lakukan 3 langkah mudah berikut.


Minggu Pertama, Masa Perkenalan

Walaupun terlihat imut dan menggemaskan hingga membuat Anda ingin menyentuhnya, hindari melakukan hal tersebut saat pertama kali membawa hamster pulang. Berikan kesempatan mereka untuk mengenali rumah barunya. Memaksakan perkenalan kilat malah hanya akan membuatnya stres. Cara menjinakkan hamster sebaiknya dengan menghindari sentuhan di minggu-minggu pertama.

1. Menjaga Jarak Dahulu

Hal terbaik untuk menjinakkannya adalah dengan menjaga jarak di minggu-minggu pertama membawanya pulang. Berikan mereka waktu untuk dealing dan mengenali lingkungannya yang asing. Namun, tetaplah membersihkan kandangnya dengan rutin. Apalagi, binatang kecil ini sangat sensitif akan kebersihan.

2. Memindahkan dengan Sarung Tangan

Sekalipun harus memindahkan hamster saat membersihkannya, pastikan Anda telah memakai sarung tangan. Angkat dan pindahkan dengan hati-hati mengingat tulangnya yang rapuh dan rawan. Sebisa mungkin, pindahkan secara cepat agar ia tak membatu di tangan Anda karena ketakutan.


Minggu Kedua, Interaksi Pertama

Di minggu kedua inilah Anda bisa mulai meningkatkan interaksi secara langsung pada hamster. Tapi, jangan pernah memaksanya secara agresif. Lakukan dengan santai dengan memberinya sedikit sentuhan saat memberi makan atau mengganti alas tidurnya. Ini saat yang pas ketika ia tampak terbiasa dengan sekitarnya.

1. Memancing Perhatian dengan Makanan

Salah satu cara menjinakkan hamster di tahap ini adalah dengan menggunakan trik dalam memberi makanan. Gunakanlah jenis makanan yang disukainya, entah biskuit, buah atau kacang kering, hingga potongan sayuran yang sudah dimasak. Jika memungkinkan berilah kuaci/biji bunga matahari yang sangat disukai hamster.

Teknik yang paling efektif adalah dengan menggunakan hand feeding. Gosokkanlah makanan tersebut di ujung tangan Anda. Masukkan tangan dalam sangkar dan biarkan ia mengendus-endus tangan Anda. Jangan khawatir kalau awalnya hamster menggigit karena jika dilakukan terus menerus ia akan makin jinak.

2. Menyebarkan Aroma Makanan di Tempat Tidur

Trik lain juga bisa dicoba dengan menyebarkan aroma di sekitar tempatnya tidur. Agar tak digigit hamster secara langsung saat tengah menggodanya dengan aroma makanan, selalu kenakan satu tangan. Lakukan pendekatan ini dengan rutin hingga ia terbiasa dan secara sukarela mendatangi Anda tanpa diminta.


Minggu Ketiga, Waktunya Jalin Ikatan

Jika kehadiran tangan Anda tak lagi mendapat penolakan, ini saatnya mengeksekusi cara menjinakkan hamster paling akhir. Yakni dengan memperdalam bonding time.

1. Perhatikan caranya ketika menanggapi tangan yang masuk ke kandang. Jika kadang kala masih menunjukkan sisi kecemasan artinya Anda harus melakukan proses kedua dari awal lagi hingga si hamster merasa nyaman.

2. Jika hamster sudah menerima uluran tangan tanpa ragu, inilah saatnya Anda menjalin kedekatan dengan memegangnya sesering mungkin. Ini merupakan suatu pertanda bahwa hamster telah menjinak secara perlahan. Hamster umumnya merupakan binatang penyendiri yang selektif, jadi jangan buru-buru menempatkan hamster lain untuk sekandang dengannya. Khusus untuk Hamster Syria atau golden hamster, hewan ini memiliki sifat yang soliter sehingga sebaiknya dipelihara 1 ekor per kandang.

Ketika ikatan antara Anda dan hamster berhasil, kini tak perlu susah payah lagi untuk melakukan pemeliharaan. Jangan lupa untuk rutin merawat hewan peliharaan ini dan membawanya ke dokter hewan terdekat secara berkelanjutan. Bagikan 3 langkah mudah cara menjinakkan hamster ini untuk membantu orang lainnya.

19 views0 comments