Pecinta Kucing harus Tahu ciri-ciri Kucing Sudah Kawin


foto oleh unsplash


Halo sobat Petizen, mengetahui ciri-ciri kucing sudah kawin bisa menjadi hal penting. Dengan mengetahuinya, Anda bisa menyiapkan kebutuhannya kelak saat hamil.

Berikut tanda-tandanya yang bisa Anda simak:


Berhentinya Siklus Birahi

Siklus birahi adalah periode ketika kucing mengalami peningkatan dorongan untuk kawin. Periode ini terjadi setiap satu hingga dua bulan dan terjadi selama tujuh hari. Berarti, tiap satu atau dua bulan, ada saatnya kucing Anda mengalami siklus birahi selama tujuh hari.

Jika kucing Anda tidak menampakkan tanda ingin kawin pada periode tersebut, mungkin kucing Anda sudah kawin.


Nafsu Makan Meningkat

Kucing yang sudah kawin akan meningkat nafsu makannya. Tak perlu heran, ini terjadi karena proses perkawinan membuang banyak energi. Terlebih lagi, jika satu kucing jantan telah kawin dengan beberapa kucing betina. Oleh karena itu, mereka makan lebih banyak untuk mengembalikan tenaganya.


Lebih Sering Tidur

Secara umum, kucing akan lebih banyak tidur setelah mereka kawin. Proses perkawinan memakan banyak energi sehingga kucing perlu istirahat. Tujuannya, tentu saja untuk mengembalikan kondisi tubuh mereka agar fit.


Berguling

Proses perkawinan menimbulkan rasa sakit di area vagina pada kucing betina. Kondisi ini menyebabkan kucing betina berguling setelah kawin. Berguling juga menjadi cara untuk mempercepat proses membuahi sel telur dengan sperma pada kucing.


Mencari Lokasi Persembunyian

Mencari tempat persembunyian adalah ciri-ciri kucing hamil setelah kawin. Ini dilakukan terutama oleh kucing betina. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan diri jika nantinya hamil dan melahirkan anak. Biasanya, tempat yang bebas dari gangguan, teduh, cukup luas, serta hangat menjadi pilihan bagi kucing betina.


Bersikap Defensif

Kucing yang berhasil kawin akan menunjukkan sikap defensif. Yakni sikap melindungi diri, terutama pada kucing betina. Kucing akan bersikap lebih sensitif kepada sesama jenis, lawan jenis, bahkan pasangan kawin. Hal ini mungkin bagian dari insting untuk bertahan hidup dan meneruskan keturunan.


Saling Menjauh

Salah satu ciri-ciri kucing jantan sudah kawin adalah menjauhi kucing betina karena tidak mau ikut merawat anaknya.

Begitupun pada kucing betina. Kucing betina akan menjauhi kucing jantan setelah kawin. Bahkan, mereka bisa marah jika kucing jantan mencoba mendekat. Tetapi mereka melakukannya karena rasa sakit akibat proses kawin.


Tidak Lagi Mengibas Ekor

Mengibas ekor adalah contoh ciri-ciri kucing betina siap kawin. Jika Anda mengelus punggung di atas tulang panggul, mereka akan mengangkat bokong dan menggerakkan ekor. Ini bertujuan untuk mempermudah proses perkawinan.

Namun, kucing betina yang sudah kawin akan menutup area bokongnya dengan ekor. Dan tidak mengibas ekornya bahkan jika Anda mengelusnya.


Nah, itulah ciri-ciri kucing sudah kawin yang dapat Anda amati. Mengetahui hal ini akan berguna saat Anda berencana mengawinkan kucing Anda. Dengan begitu, Anda siap untuk memenuhi kebutuhan kucing kesayangan.

Jika Anda membutuhkan perawatan untuk kucing Anda, kunjungi Kawan Hewan di Gresik. Atau, kunjungi web kawanhewan.com untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa follow akun Instagram @kawan.hewan agar selalu update info tentang hewan kesayangan Anda, seperti ciri-ciri kucing sudah kawin yang sudah dibahas di atas.

Semoga bermanfaat.


Baca juga : Paracetamol, Obat Bagi Manusia Namun Racun Bagi Kucing
24 views0 comments