Kumpulan Fakta Unik Tentang Kelinci Yang Mungkin Belum Anda Ketahui


foto oleh unsplash


Siapa yang tidak tertarik dengan hewan peliharaan yang menggemaskan satu ini? Kelinci memiliki bentuk tubuh yang unik dengan telinganya yang panjang dan giginya khasnya. Selain imut dan berbulu halus, apa saja yang sudah anda ketahui tentang kelinci? Masih banyak tentunya fakta unik tentang kelinci yang belum anda pahami, bukan? Mari disimak informasinya tentang fakta unik kelinci di bawah ini.


1. Coprophagy

Fakta unik kelinci yang pertama adalah coprophagy. Istilah ini merupakan istilah yang diberikan kepada kelinci sebab hewan tersebut kembali memakan kotoran yang dihasilkannya. Bukan tanpa sebab hewan lucu ini memakan kotorannya sendiri. Karena, kelinci mengunyah dan sistem pencernaan mereka tergolong cepat. Oleh sebab itu, terkadang makanan yang sudah dicerna tidak bisa semuanya masuk sebagai sumber nutrisi.

Hal inilah yang mendorong kelinci untuk mengunyah atau memakan kembali sisa kotoran yang sudah mereka keluarkan. Hal ini adalah upaya agar pencernaan mereka terjadi dengan sempurna. Biasanya tidak semua kotoran yang akan mereka makan kembali. Jenis kotoran yang terlihat lebih lunak dari yang lainnya lah yang akan kembali dicerna agar nutrisinya didapatkan. Untuk mencegah hal ini, rutin bersihkan kandangnya dan berikan porsi makan yang lebih banyak.


2. Usia Yang Tergolong Lama

Bagi pecinta hewan peliharaan, memelihara suatu hewan dalam waktu yang lama pasti akan menjadi sebuah kebanggaan dan kesenangan tersendiri. Hal ini sebenarnya bisa anda wujudkan jika memilih kelinci untuk anda jadikan hewan peliharaan. Sebab, rata-rata usia kelinci sangatlah lama kadang ada yang bertahan hingga 10 tahun lamanya. Pasti anda tertarik untuk mencoba merawat salah satu jenis kelinci, kan?


3. Tidak Bisa Muntah

Jangan berharap melihat kelinci untuk memuntahkan makanan yang sudah mereka makan walaupun mereka tidak menyukai makanan tersebut. Sebab, kelinci memiliki sifat yang unik dan sedikit berbeda dengan hewan imut lainnya. Jika mereka merasakan tidak enak atau tidak menyukai makanannya maka mereka hanya akan memakan makanan lain sesegera mungkin. Dengan harapan, makanan yang tidak enak tadi akan langsung dicerna dan terbuang.

Kondisi ini terjadi karena dalam sistem pencernaan kelinci memang tidak memungkinkan kelinci untuk muntah. Hal ini menyebabkan kelinci rawan terkena masalah pencernaan. Alih-alih memuntahkannya, mereka malah berusaha untuk mempercepat metabolismenya dengan mengganti untuk mengunyah makanan lain. Hal ini bisa dilihat ketika mereka memakan sesuatu. Mereka seolah-olah tidak pernah berhenti mengunyah, bukan?

Karena tidak bisa muntah ini, kelinci cenderung mudah stress jika salah makan. Simak artikel berikut ini untuk mencegah kelinci mudah stress : Simak Tips dan Cara Merawat Kelinci Agar Berumur Panjang

4. Badan Tidak Berkeringat

Fakta unik kelinci lainnya adalah tentang keringat mereka. Bukan berarti kelinci sama sekali tidak mengeluarkan air dalam bentuk keringat, ya! Kelinci memang mengeluarkan keringat. Namun, tubuhnya tidak sama dengan tubuh hewan lainnya yang mungkin saja mengeluarkan keringat dimanapun di permukaan kulit mereka. Sedangkan kelinci hanya mengeluarkan keringat melalui telapak kakinya. Jadi jangan heran jika tubuhnya terlihat selalu kering dan tidak berkeringat sama sekali.

Untuk kelinci mini, mereka dapat tumbuh ideal pada suhu sekitar 25 C. Kelinci bisa hidup diatas suhu 30 C secara terus menerus namun akan turun nafsu makannya dan kurang baik pertumbuhan bulunya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dapat menjaga suhu kandang dengan baik. Berkeringat merupakan salah satu respon tubuh untuk menjaga suhu badan.


5. Pertumbuhan Gigi

Tahukah anda bahwasanya gigi kelinci selalu mengalami pertumbuhan? Jadi tidak mengherankan jika giginya seolah-olah besar dan memanjang. Memang, bentuk unik gigi kelinci ini malah sering ditiru oleh para manusia. Namun, pada dasarnya, gigi kelinci tidak hanya mengalami pertumbuhan secara berkepanjangan saja, namun juga sangat tajam. Pasti anda sudah melihat betapa cepatnya mereka mengunyah sesuatu termasuk yang keras seperti wortel, kan?


6. Fungsi Telinga

Selain unik, ternyata telinga kelinci juga memiliki fungsi yang cukup mengherankan, yakni sebagai pendingin suhu tubuhnya. Telinga mereka yang panjang ini ternyata mampu mengendalikan hawa panas di dalam tubuhnya. Tidak hanya itu, telinga kelinci mampu melakukan putaran hingga 270 derajat. Hal ini berguna untuk deteksi bahaya jika ancaman datang mendekat.


7. Pandangan

Fakta unik kelinci terakhir adalah pada kemampuan pandangnya. Ternyata dengan letak mata kelinci yang unik, kelinci memiliki sudut penglihatan hampir 360 derajat. Hal ini membuat kelinci lebih mudah bertahan hidup di alam liar.


Nah itulah fakta unik tentang hewan kecil berbulu dan lucu ini. Bagaimana? Apakah kumpulan fakta unik tentang kelinci ini membuat anda semakin tertarik untuk memeliharanya?

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.