• admin

Karakteristik dan Cara Merawat Kelinci Fuzzy Lop


foto oleh pinterest


Mungkin bagi sebagian orang nama kelinci yang satu ini masih asing dan agak unik. Namanya sendiri mirip dengan nama sebuah software. Kelinci ini adalah hasil dari perkawinan silang dari indukan jenis Holland Lop dan French Anggora. Walaupun tergolong jenis kelinci dengan harga beli yang mahal tetap banyak yang menyukai jenis ini. Hal ini dikarenakan tingkahnya yang jinak dan perawatannya yang tidak sulit.


Bagaimana Karakteristik Kelinci Fuzzy Lop Ini?

Agar tidak salah dalam membeli dan berternak hewan yang satu ini, maka anda perlu tahu karakteristiknya terlebih dahulu. Sebab kebanyakan orang masih sering tertukar antara jenis kelinci Holland Lop dan Fuzzy lop ini. Untuk itu simaklah karakteristiknya berikut ini:

Hal pertama yang mungkin sangat menonjol adalah bulunya. Bulu Kelinci Fuzzy Lop tergolong panjang untuk seekor kelinci yaitu mencapai ukuran 6 hingga 7 cm.

Saat dewasa, kelinci ini mencapai berat hingga 1.8 kg. Kelinci ini tergolong kedalam jenis kelinci mini. Jadi, tidak heran jika berat pada umumnya tidak melebihi 2 kg.

Bagian telinganya juga menjadi karakteristik khusus. Kelinci jenis ini telinganya menggantung dan turun menghadap ke bawah di kedua sisi wajahnya.

Untuk bagian mulut juga tergolong unik karena hewan ini memiliki bagian mulut menyerupai mulut kucing. Mulut kelinci fuzzy lop berbentuk datar dan lebih pendek.


Bagaimana Sifat Hewan Ini?

Hal penting selanjutnya yang perlu diketahui oleh pecinta kelinci atau calon pemilik adalah sifatnya. Sebab setiap jenis kelinci pasti memiliki sifat atau ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan jenis kelinci fuzzy lop ini. Beberapa sifat mereka yang paling menonjol ialah:

Hewan peliharaan yang satu ini dikenal dengan sifatnya yang lemah lembut. Fuzzy lop adalah kelinci yang tidak gampang untuk menunjukkan kemarahan mereka. Sifat mereka cenderung pendiam.

Terkenal akan ras kelinci yang manja dan sangat suka jika diperhatikan oleh pemiliknya.

Nah, setelah mengetahui sifat yang menonjol dari kelinci ras ini, tidak heran banyak yang menyukainya, bukan? Jenis ini seringkali dipilih untuk teman bermain dalam keluarga. Sebab, selain imut sifatnya juga ramah dan jinak.


Cara Merawat dan Pemantauan Kesehatan

Walaupun kelinci yang satu ini tergolong jinak dan mudah untuk dipelihara tetapi tetap saja ada aturannya. Cara pemeliharanya tidak bisa sembarangan saja agar kesehatan hewan tersebut terpelihara dengan baik. Untuk itu, berikut tata cara pemeliharaannya, yaitu:

Perhatikan umur kelinci tersebut saat anda membelinya. Hal ini penting karena jenis yang satu ini mudah mengalami stress. Apalagi jika anda membeli anakannya. Usahakan anda sudah menyiapkan kandang yang bersih dan aman.

Baca juga : Simak Tips dan Cara Merawat Kelinci Agar Berumur Panjang

Untuk kandangnya sendiri jangan lupa selalu menjaga kebersihannya. Sebab, fuzzy lop sangat tidak menyukai tempat yang kotor dan juga pastikan kandang tersebut dilengkapi dengan lubang sirkulasi yang baik.

Jangan lupa membersihkan bagian bulu kelinci ini. Bulu panjangnya mudah kusut terutama di bagian bawah area ekornya. Jika rontok bulu tersebut dapat menyebabkan alergi pada manusia. Selain itu bulu tersebut dapat termakan dan menyebabkan gangguan pencernaan (hairball). Untuk itu mandikan dan sikat bulunya secara rutin.

Jangan sembarangan memberinya makanan. Usahakan memberi makanan kelinci berkualitas.


Untuk kesehatan juga harus dijaga agar mereka tidak memakan bulunya sendiri atau . Hal ini berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian karena kelinci memang tidak dapat muntah. Jangan lupa juga untuk memeriksakan apakah mereka terkena cacingan atau tidak. Gigi serta kuku juga harus rutin diperiksa. Sebab, kuku mereka mudah tumbuh dengan cepat.


Nah, demikianlah informasi mengenai kelinci fuzzy lop, semoga bermanfaat.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.