• admin

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Kenari


foto oleh unsplash


Burung kenari jadi salah satu burung primadona yang sedang senantiasa populer bagi hobiis burung di Indonesia. Burung ini umumnya mempunyai bulu bercorak terang dengan ukuran badan relatif kecil serta amat lucu buat dipelihara. Tidak ada yang dapat membantah keelokan serta kemerduan suara burung ini. Tak ayal, banyak yang mematok harga burung kenari dengan nominal yang cukup tinggi.

Jean de Berthan Cout, seseorang pelaut asal Perancis lah yang dianggap berjasa dalam menemukan burung kenari pertama kali. Banyak orang beranggapan julukan kenari didapat dari julukan buah yang populer, yaitu kenari. Namun sesungguhnya, julukan kenari sendiri diyakini berawal dari sebutan tempat dimana burung ini ditemukan, ialah Kepulauan Canary. Hewan ini jelas-jelas tidak menyantap buah kenari.

Habitat burung kenari sebagian besar ada di belahan bumi yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Banyak karakteristik unik yang ada pada burung ini semacam misalnya warna ataupun corak bulunya yang beraneka ragam. Burung ini diketahui tidak terlalu susah buat dibudidayakan atau diternakkan. Walaupun begitu burung kenari kerap diminati dengan harga mahal karena sudah banyak yang menyukainya

Banyaknya perbandingan jenis serta mutu membuat harga burung kenari menjadi berbeda-beda. Tetapi walaupun seperti itu, terdapat faktor-faktor yang senantiasa yang mempengaruhinya harga jualnya. Apa saja itu? Ikuti penjabarannya di bawah ini.


1. Prestasi yang telah dicapai

Para pecinta burung atau hobiis koleksi burung telah tahu dengan hal ini. Prestasi yang pernah dicapai oleh seekor burung biasanya amat mempengaruhi harga jualnya. Semakin banyak kontes atau lomba yang dijuarainya, maka terus menjadi mahal pula harga burungnya. Hal itu menandakan kepiawaian dan kualitasnya telah teruji serta populer pada lomba- lomba yang diikutinya. Selain itu, juara lomba tentu ialah burung kenari kualitas terbaik yang menaklukkan para rivalnya.


2. Kicauan (Durasi dan ragam)

Suara serta ragam kicauan burung kenari ialah salah sebab terpenting mengapa burung ini dicari serta digemari banyak orang. Pada saat seekor kenari bisa bernyanyi dalam jangka waktu yang lama, maka harganya bakal ikut melonjak pula.

Di lain pihak, harga seekor burung kenari juga dinilai oleh intonasi serta karakteristik khas suaranya. Makin banyak serta susah ragam suara burung kenari, maka bakal terus menjadi besar pula tawaran harga jualnya.


3. Asal Burung Kenari

Aspek berikutnya yang dapat mempengaruhi harga seekor kenari merupakan Asal dari Burung Kenari itu sendiri. Umumnya burung kenari yang merupakan hasil ternak dari kecil oleh seseorang peternak akan mempunyai harga yang rendah. Sedangkan itu burung kenari yang berasal dari hasil impor bakal dinilai lebih mahal.

Hal ini diakibatkan oleh pengeluaran yang diperlukan untuk mendatangkan burung kenari itu serta kelangkaannya di Indonesia. Di samping itu, burung kenari yang sudah besar di alam liar bakal mempunyai harga lebih mahal sebab suara kicauan yang dihasilkannya lebih merdu serta beragam.


4. Keturunan/Genetik

Yang menjadi faktor berikutnya yaitu faktor keturunan, bila kenari diperoleh dari indukan yang asli umumnya lebih mahal dari hasil persilangan. Tetapi tidak selalu seperti itu, apabila indukan kenari yang bagus setelah itu silangkan hingga hasilnya juga akan baik, nah kenari dari hasil persilangan itu pula harganya akan lumayan mahal.

Nah, salah satu ilustrasi kenari dari keturunan asli lebih mahal ialah kenari yorkshire asli (galur murni) harga jualnya dapat menjadi jauh lebih tinggi daripada kenari f1 yorkshire dari hasil persilangan.


5. Tren

Faktor penentu terakhir adalah Tren Ada pula faktor yang lain merupakan Tren. Jenis Burung Kenari yang populer biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Hal ini sepenuhnya dipengaruhi oleh keinginan pasar atau Sebagian besar kicaumania di Indonesia.


Nah, itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga jual burung kenari. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang, pakan dan Kesehatan Burung Kenari agar tetap Gacor. Share artikel ini ya supaya lebih banyak orang yang mengetahui informasi ini.

12 views0 comments