Inilah Yang Perlu Anda Tahu Tentang Manfaat Garam Untuk Pakan Ternak Ruminansia


foto oleh unsplash


Dari dulu hingga sekarang pastinya anda telah mengetahui bahwa garam memiliki manfaat cukup penting bagi kehidupan manusia. Kita tahu bahwa garam seringkali dijadikan untuk menambah rasa pada hidangan atau bisa juga dijadikan sebagai pengawet daging ataupun ikan agar tidak mudah busuk.

Dewasa ini, ada banyak sekali garam yang diproduksi berupa kemasan yang siap untuk dikonsumsi. Jenis garam yang dimaksud tentu saja garam yang mengandung mineral. Garam yang memiliki kandungan mineral ini tentu dibutuhkan oleh tubuh.

Garam atau Natrium Klorida (NaCl) secara kesehatan juga dibutuhkan oleh manusia. Kandungan nutrisi yaitu Natrium diperlukan tubuh manusia dalam jumlah tertentu. Natrium sendiri adalah elektrolit yang dibutuhkan dalam sistem otot dan syaraf..

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, ternyata garam juga mengalami kemajuan. Ternyata berdasarkan penelitian kebutuhan garam tersebut bukan hanya untuk manusia saja melainkan juga untuk hewan ternak. Hewan ternak membutuhkan garam untuk membantu proses pertumbuhannya. Garam seringkali dicampurkan pada pakan ternak dimana hal ini memiliki manfaat yang sangat banyak.


Lalu, Apa Saja Manfaat Garam Untuk Pakan Ternak?

Garam merupakan bahan pakan yang umumnya sering digunakan sebagai sumber mineral. Namun sayang, walaupun manfaatnya cukup beragam, banyak sekali peternak yang justru kurang mengetahui bahwa garam memiliki manfaat untuk kesehatan ternak mereka. Menariknya, ternyata tak hanya manusia saja yang menyukai garam, hewan herbivora seperti sapi memang sangat menyukai garam apalagi jika disajikan dalam bentuk halus serta jilatan.

Umumnya, para peternak ruminansia selalu mencampurkan kandungan garam pada pakannya agar ternak tersebut bisa dengan mudah mengkonsumsinya. Namun dalam hal ini, pastikan rumput yang akan diberikan bukan rumput yang terlalu muda agar hewan anda tidak mengalami kembung. Lantas, apa sebenarnya manfaat garam untuk pakan ternak? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Bisa meningkatkan nafsu makan ternak.

2. Menjadi sumber mineral yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ternak.

3. Membantu meningkatkan karkas rendah lemak.

4. Membantu memperbaiki sistem reproduksi sehingga dengan begitu ternak bisa bereproduksi sesuai dengan genetiknya.

5. Membantu dalam pembentikan enzim serta vitamin pada tubuh.

6. Membantu menambahkan rasa pada pakan ternak sehingga dengan begitu ternak anda akan lebih lahap dalam menyantapnya (meningkatkan palatabilitas pakan)

7. Membantu meningkatkan ketahanan terhadap stres pada ternak ataupun menghadang berbagai penyakit.

8. Membantu meningkatkan bobot badan ternak.


Cara Pemberian Garam dalam Pakan

Nah itulah manfaat garam untuk pakan ternak yang sebaiknya anda ketahui. Dalam hal ini para peternak termasuk anda misalnya, perlu sekali menyediakan garam di kandang perternakan. Hal ini bertujuan agar hewan ternak anda bisa menjilatnya. Jika anda mencampurkannya pada pakan sebaiknya campurkan 50% garam (NaCl) serta 50% di-calcium phospat. Namun jika tidak ada, anda dapat memakai garam dapur biasa yang juga mengandung NaCl.

Kandungan mineral yang ada pada garam tidak bisa diproduksi alami oleh hewan ternak sehingga merupakan nutrisi esensial bagi ternak. Anda perlu memastikan pemberian garam pada pakan ternak agar hewan ternak ruminansia bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Segera praktikkan hal ini pada hewan peliharaan anda sekarang juga agar selalu sehat karena asupan nutrisi terpenuhi. Namun pastikan juga selalu memperhatikan takarannya karena terlalu banyak juga kurang bagus.

Garam untuk pakan ternak sebenarnya sama dengan garam yang biasa digunakan untuk memasak. Jadi, anda tidak perlu bingung mencarinya dimana. Terlepas dari hal ini pemberian mineral pada ternak juga diharapkan bisa meningkatkan keuntungan ekonomi para peternak. Hal ini tentu karena ketika ternak diberikan asupan yang tepat tidak menutup kemungkinan kualitas daging ataupun produksi akan lebih meningkat sehingga bisa menjadi nilai yang menguntungkan.


Sebenarnya untuk lebih meningkatkan palatabilitas (derajat kesukaan ternak ruminansia pada pakan), anda dapat menambahkan molase juga selain garam. Namun akan dibahas lain waktu ya!