• admin

Hamster Roborovski, Spesies Terkecil dan Tercepat dengan Karakter Unik



Spesies hamster yang ukurannya paling kecil dan cepat dikenal dengan nama Hamster Roborovski hidup di Gurun Gobi, Padang pasir Mongolia dan Tiongkok bagian utara. Hamster yang satu ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, dengan masa hidup selama 2 sampai 3 tahun. Roborovski memiliki keunikan sendiri, sehingga banyak disukai kalangan pecinta hewan khususnya hamster.

Hewan kecil ini hidup dalam lubang dengan kedalaman 50 sampai 150 cm. Bagian kumisnya lebih banyak dibandingkan hamster lain, dan jarang menggigit. Meski sering dijadikan hewan peliharaan, Roborovski tidak disarankan untuk para pemula karena lincah dan lebih susah dijinakkan. Hal ini dikarenakan sifatnya yang cenderung takut kepada manusia.

Hamster Roborovski memiliki sifat romantis antara satu sama lain. Mereka akan tidur, makan dan bermain bersama yang membuat Anda gemas. Karakteristik tubuhnya hanya tumbuh sekitar 4 sampai 5 cm. Meski bertubuh kecil, Roborovski bisa berlari dan berjalan cepat terutama saat dipegang karena merasa ketakutan.


Karakteristik Roborovski (Phodopus Roborovski)

Roborovski memiliki banyak nama populer, diantaranya Desert Hamster atau Cricetinae Phodopus Roborovski. Sebagai hamster yang pintar, hewan ini bisa bertahan hidup dalam kondisi langka air. Hal ini karena Ia bisa meminimalkan penggunaan air dengan membuat cairan uring yang kental.

Hamster mungil ini pertama kali ditemukan oleh Roborovski dan Koslor pada tahun 1894. Dengan karakteristiknya yang kecil, ramping serta cepat, hamster ini memiliki kaki panjang. Gerakanya sangat gesit dan lincah, meski ukuran tubuhnya kurang dari 7 cm saja termasuk bagian ekornya. Hamster ini merupakan hamster paling mungil.

Karakteristik lain bisa dilihat dari warna tubuhnya didominasi warna coklat kemerahan dan coklat kekuningan. Bagian tengah kepalanya memiliki warna abu-abu dan bagian perut, kaki serta telinga berwarna putih. Selain sangat gesit, hamster ini juga memiliki kebiasaan unik, yaitu suka berkoloni dan hidup bersama teman-temanya.

Walaupun sering dijadikan hewan peliharaan, hamster Roborovski hanya bisa bertahan hidup maksimal 3 tahun. Sifatnya lincah dan aktif membuat siapa saja yang melihatnya akan gemas dan menyukainya. Namun, hewan ini memiliki sifat sensitif sehingga Ia suka bersembunyi dan takut jika dipegang.


Jenis Roborovski (Phodopus Roborovski)

Roborovski memiliki dua jenis yang dibedakan atas varian warnanya, yaitu brown face atau bermuka coklat dan white face atau bermuka putih. Namun, pada tahun 2011 ditemukan lebih banyak jenis Roborovski dengan warna yang cantik dan lucu. Terdapat 7 warna Roborovski yang membuat Anda ingin memilikinya.

7 jenis hamster Roborovski tersebut, yaitu Roborovski Agouti, Roborovski White Face, Husky, White, Roborovski Red Eyed, Roborovski Platinum, dan Roborovski Mottled. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan varian Roborovski Husky, Brown Face dan White Face.

Tubuh kecil hamster tersebut yang dipadukan dengan warna bulu yang cantik membuat hamster ini terlihat begitu lucu. Meski memiliki tubuh berwarna putih, ada beberapa bagian dengan warna berbeda. Salah satunya Roborovski White Face memiliki bagian muka berwarna putih, namun ada warna coklat di bagian punggungnya.


Makanan dan Perawatan Roborovski

Sebagai hewan peliharaan, Roborovski memiliki karakter tersendiri termasuk makanan kesukaanya. Makanan hewan mungil ini tidak jauh berbeda dengan jenis hamster lainnya. Anda bisa memberi biji-bijian, diantaranya kacang hijau, milet, kacang tanah dan biji bunga matahari.

Hamster tersebut mudah diajak bermain dan sangat lincah saat bergerak. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati saat ingin memegang Roborovski. Jika Ia merasa terganggu, hamster tersebut akan merasa takut dan bersembunyi. Karena itu, untuk memelihara hewan yang satu ini tidak boleh sembarangan.

Cara merawat hamster sama dengan perawatan untuk hamster lainnya. Tidak ada teknis khusus untuk hamster yang satu ini, termasuk jenis makananya. Tapi pastikan bahwa hamster ini mendapatkan suasana yang tenang. Roborovski terkenal susah dikembangbiakan, jika lingkungan tidak mendukung, Induk hamster bisa memakan anak-anaknya (Kanibal). Kalau memang membutuhkan perawatan Khusus, Anda bisa membawa ke dokter hewan terdekat.

Anda harus meletakan aksesoris dalam kandang Roborovski karena Ia sangat aktif bergerak. Anda bisa memasukan roda mainan putar dengan ukuran kandang yang cukup luas. Perhatikan ukuran kandang yang digunakan, jangan terlalu sempit. Pastikan ada ruang yang cukup untuk Roborovski bergerak dan bermain.

Selain memberi makanan, jangan lupa untuk memberikan minum yang cukup. Jaga kebersihan kandang juga agar hamster tetap sehat dan menggemaskan. Karena suka berkoloni, Anda bisa menempatkan beberapa hamster jenis ini dalam satu kendang. Hal ini tentu berbeda dengan Hamster Syria yang soliter dan membutuhkan satu kandang untuk satu hamster.


Memelihara hewan memang dibutuhkan ketelatenan yang tinggi, terutama hewan kecil seperti hamster. Perhatikan tempat tinggal dan makanan yang diberikan untuk Roborovski. Jika memang dibutuhkan perawatan khusus untuk Hamster Roborovski, Anda bisa membawanya ke dokter saja untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


baca juga: Penasaran Tentang Hamster Syrian? Simak Di Sini!
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.