Penasaran Tentang Hamster Syrian? Simak Di Sini!

Updated: Aug 20, 2020


foto oleh unsplash


Hamster Syrian merupakan salah satu jenis hamster yang cukup banyak dijumpai di Indonesia, bahkan termasuk hewan populer. Syrian banyak dipilih oleh para pemula yang hendak memelihara hewan mungil ini. Ketersediaannya juga cukup banyak di pasaran. Anda bisa menemukannya banyak pedagang Syrian di pinggir jalan.


Sejarah Hamster Syrian

Dokumentasi tentang hewan lucu ini ada di Buku The History of Allepo karya Patrick Russel tahun 1797. Selanjutnya ahli zoologi Inggris George Waterhouse menemukan hamster betina dari jenis ini pada tahun 1839 dan menamainya Cricetus Auratus yang berarti tikus berwarna keemasan. Namun, Pengembangbiakan hamster ini pertama kali dilakukan tahun 1930 oleh seseorang bernama Aharoni. Profesor dari Universitas Hebrew di Jerusalem ini menemukan Syrian di daerah pada pasir bernama Aleppo, Syria. Lokasi penemuan tersebut yang membuat hamster lucu ini disebut dengan nama Syrian.


Ciri-Ciri Hamster Syrian

Syrian memiliki beberapa ciri atau karakteristik yang cukup mudah dikenali. Simak berikut ini.

● Hewan ini memiliki gerak tubuh yang lambat, pemicu utamanya adalah karena bobot tubuhnya yang besar

● Biasanya cukup jinak terhadap manusia

● Sebagian memiliki bulu yang panjang

● Jika ditanya hamster Syrian gigit atau tidak? Pada umumnya hewan tidak menggigit

● Punya sifat penyendiri

● Saat dewasa ukuran tubuhnya bisa mencapai 20 cm

● Meskipun sering dianggap hewan nokturnal yang punya aktivitas di malam hari dan tidur di siang hari. Hamster sebenarnya bersifat crepuscular yaitu aktif pada saat senja dan subuh, yaitu pada saat cahaya remang-remang di peralihan hari dan malam. Malahan ada sebuah jurnal yang menyatakan bahwa hamster bersifat nocturnal karena dipelihara atau dikandangkan.

● Umurnya bisa mencapai 3 tahun. namun hal ini tentu bergantung pada perawatan hamster itu sendiri, faktor keturunan, makanan dan lainnya


Cara Merawat Hamster Syrian

Syrian adalah hamster yang cukup mudah dipelihara karena sifatnya yang lebih tenang dan tidak suka menggigit seperti Hamster Campbell. Bahkan hewan kecil yang bisa dipelihara oleh anak-anak. Simak berikut ini cara merawat hamster Syrian.

Persiapkan Kandang

Cara merawat hamster agar sehat yaitu mempersiapkan kandang dengan luas minimal 0,2 m2. Jangan gunakan yang kecil karena bisa membuat hamster tidak leluasa. Jangan pilih kandang dengan terowongan karena tidak memiliki ventilasi udara yang baik.

Untuk persiapan alas kandang sebaiknya menggunakan sobekan kertas atau produk alas kandang khusus. Jangan gunakan serbuk kayu dari kayu pinus atau cedar karena minyak yang terkandung di dalamnya berbahaya bagi hamster. Tempatkan kandang hamster di ruangan yang tenang agar hewan ini tidak tertekan. Jangan tempatkan dibawah sinar matahari langsung karena hewan ini tidak tahan perubahan suhu yang ekstrem.

Buat Hamster Nyaman

Setelah membawa pulang Syrian dari toko hewan sebaiknya pindahkan ke kandang agar bisa menjelajahi rumah dan lingkungan barunya. Lalu ajak hewan ini berinteraksi dengan sentuhan lembut. Lakukan interaksi yang tidak agresif ke berapa kali dalam sehari agar hamster nyaman dengan anda sebagai pemiliknya.

Biasanya hamster mulai jinak dan bisa dikeluarkan dari kandang untuk diajak berinteraksi yaitu 2 sampai 3 minggu. Untuk menggenggam Syrian, sebaiknya selipkan satu tangan anda ke bawah tubuhnya lalu dengan tangan satu lagi untuk menutupi bagian depan tubuhnya.

Baca juga : Cara Menjinakkan Hamster dalam 3 Langkah Mudah Berikut

Beri Makanan Secara Teratur

Anda harus memberikan makanan hamster Syrian yang tepat. Beli produk makanan dan camilan hamster di toko hewan. Berikan makanan dalam jumlah kecil agar hewan ini tidak menimbun makanannya. Hamster menyukai kuaci atau biji bunga matahari, namun jangan setiap saat diberi makanan ini karena dapat memicu obesitas.

Pastikan Syrian mendapatkan asupan makanan yang mengandung protein, lemak dan serat. Bila perlu berikan cemilan unik seperti telur rebus, larva kumbang atau makanan kucing. Untuk sumber protein bisa memberikan suwiran daging ayam dan telur.

Pastikan selalu ada air minum bersih yang disediakan untuk hamster di kandangnya.


Keunikan Hamster Syrian

Ada beberapa keunikan dari Syrian yang tidak ditemukan pada hamster jenis lainnya.

● Memiliki nama julukan Golden Hamster karena mantel bulu aslinya yaitu berwarna kuning emas.

● Punya tiga jenis warna, yaitu kuning emas, coklat dan hitam.

● Jenis hamster Syrian berdasarkan bulunya ada 4, yaitu short hair, long hair, rex dan satin.

● Jenis bulu Syrian yang paling indah adalah pada jantan.

Jadi sekarang Anda tentu sudah tahu bahwa hamster Syrian bukan hanya hewan yang lucu tapi memiliki ciri dan keunikan yang sangat menarik, bukan? Kalau begitu sekarang waktunya Anda berbagi informasi ini di media sosial Anda. Berbagi ilmu yang bermanfaat adalah hal yang menyenangkan, lho!

47 views0 comments