• admin

Cara Membuat Hay untuk pakan ternak di musim kemarau



Pakan ternak ruminansia memang beragam, ada yang berupa rumput, polard, ampas tahu dan lain lain. Salah satu jenis pakan yang kurang dikenal namun memiliki benefit baik untuk peternak adalah Hay. Walaupun pakan ini mungkin tidak terlalu sering didengar, tetapi mudah untuk membuatnya. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri untuk pakan ternak ruminansia. Ternak ruminansia sendiri contohnya adalah sapi, kambing, domba dan kerbau. Secara sederhana bisa dibilang ruminansia adalah ternak berkaki empat.

Bahan alami yang digunakan untuk membuat pakan ternak satu ini membuat Anda bisa memanfaatkan limbah organik di sekitar. Manajemen pakan sendiri merupakan salah satu aspek penting dalam beternak karena bisa mencapai 50-60 persen dari biaya perawatan. Salah satu tujuan dari pembuatan pakan hay ini adalah jika sampai ada tanaman hijau yang terlalu banyak maka bisa dimanfaatkan untuk pakan ini. Dengan begitu tidak akan ada limbah atau tanaman panen yang dibuang begitu saja. Hal ini akan membuat semua yang ada di alam bisa dimanfaatkan dengan baik.

Hay ini lalu bisa dimanfaatkan pada musim kemarau saat pakan hijauan terbatas jumlahnya. Secara sederhana bisa dibilang peternak dapat menabung pakan hijaun berupa hay saat kondisi berlimpah untuk digunakan pada saat kondisi pakan sedikit. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara untuk membuatnya sendiri agar lebih hemat dan terjamin.

Pakan ternak ini bisa disimpan untuk jangka waktu lebih lama sehingga Anda bisa sekali membuat dalam jumlah banyak sekaligus. Namun tentu saja proses atau cara membuat hay ini harus dilakukan dengan cara tepat agar nanti hasilnya optimal dan sesuai kebutuhan nutrisi ternak.

Hay yang berkualitas memiliki warna yang masih hijau meskipun ada bagian yang kekuningan. Selain itu, tidak banyak bagian daun rusak saat dilakukan proses pembuatan, serta tidak terlalu kering sehingga tidak akan mudah patah saat disimpan atau dikonsumsi oleh hewan ternak Anda nantinya.

Cara Pembuatan Hay dengan Benar

Sebelum memulai proses pembuatannya Anda harus memperhatikan bahwa tanaman yang akan digunakan membuat hay adalah tanaman dengan tekstur halus. Tanaman yang dipanen di awal musim saat berbunga dan didapatkan dari lahan subur adalah syarat lainnya untuk memilih tanaman tepat bagi hay.

Metode pertama sebagai cara membuat hay adalah dengan membuang potongan tanaman berukuran kecil dan dihamparkan di bawah sinar matahari. Proses menjemur potongan tanaman ini dilakukan sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan. Hal penting harus diperhatikan pada proses ini adalah membalik posisinya setiap hari.

Cara kedua yang bisa dilakukan disebut sebagai pod. Cara ini dilakukan menggunakan rak untuk menyimpan potongan tanaman hijau yang sudah kering selama kurang lebih antara 1 sampai 3 hari. Dengan cara ini maka akan menghasilkan hay dengan warna dedaunan tidak akan gosong dan memiliki kualitas lebih baik.

Penambahan pengawet juga bisa dilakukan dengan garam untuk mencegah panas, meminimalisasi pertumbuhan jamur, dan mengendalikan mikroba. Bisa juga dengan menambahkan amonia cair sebagai peningkat daya cerna pakan dan memberikan nitrogen sebagai kandungan tambahan dalam pakan ini.

Tujuan Dibuatnya Pakan Hay

Dengan mengaplikasikan pembuatan hay, peternak dapat mengatur ketersediaan pakan yang akan diberikan ke ternak ruminansia. Seperti diketahui, ada waktu-waktu tertentu yang dapat dikatakan sebagai masa “panen” dan masa “paceklik” bagi peternak ruminansia. Dengan hay, peternak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bahkan pada saat musim kemarau. Selain hay sebenarnya ada juga cara pembuatan pakan lain untuk manajemen ternak yaitu silase. Namun pembuatan silase akan dibahas lain kali ya.

Jika Anda melakukan proses ternak hewan ruminansia tentu tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Penggunaan pakan hay ini akan jadi solusi dalam memenuhi nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh setiap hewan ruminansia sehingga hewan ternak Anda akan lebih sehat dan memberikan keuntungan secara materi untuk Anda.

Tidak perlu khawatir karena cara ini sebenarnya mudah untuk dilakukan. Selain itu, Anda bisa mengatur kapan saat yang tepat untuk membuat hay ini dan menyimpannya untuk masa sulit mendapatkan pakan ternak. Namun pastikan Anda memang sudah mengaplikasikan cara membuat hay dengan baik dan benar sesuai dengan cara yang disarankan.


#ternaksapi

#ternakkambing

#ternakdomba

#ternakruminansia

#pakanternak

#pembuatanhay

16 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.