• admin

Hewan yang Tersebut Dalam Al-Qur'an, Anda perlu tahu!


foto oleh unsplash


Seperti yang kita ketahui bahwa Al-Qur’an diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk diajarkan kepada para umatnya. Al-Qur’an menjadi mukjizat sebagai bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an mengandung banyak sekali kisah menarik serta kaya akan hikmah dan juga petunjuk serta larangan bagi umat muslim. Salah satu hal yang dibahas dalam Al-Quran yaitu tentang hewan-hewan. Lalu, hewan apa saja yang disebut dalam Al-Qur’an? Simak berikut hewan dalam Al-Qur’an yang sebaiknya anda ketahui!


Berikut Ini Hewan Dalam Al-Qur’an Yang Sebaiknya Diketahui!

Hewan merupakan salah satu mahluk ciptaan Allah SWT yang memiliki peranan penting. Seringkali mereka terlibat dalam kisah para nabi ketika menyebarkan ajaran Allah SWT. Bahkan hewan yang diharam ketika dikonsumsi juga seperti anjing dan babi juga disebut dalam kitab suci umat Islam ini. Berikut ini beberapa hewan dalam Al-Qur’an yang sebaiknya anda ketahui!


Unta

Hewan dalam Al-Qur’an yang pertama yaitu Unta. Hewan yang satu ini kerap disebut juga sebagai kendaraan padang pasir ini terdapat dalam Al-Qur’an pada surat Al-Ghaasyiyah ayat 17. Keistimewaan dari hewan ini yaitu bisa bertahan hidup di cuaca yang ekstrem di habitat aslinya yaitu padang pasir.

Saat badai pasir melanda, kelopak mata transparannya masih tetap bisa mengamati keadaan sekitar walaupun tertutup oleh badai. Tak hanya itu saja, hidungnya juga didesain memiliki penutup khusus supaya debu maupun pasir tidak menganggu sistem pernapasannya. Unta juga terkenal sebagai salah satu hewan yang bisa menyimpan cadangan air cukup lama.


Anjing

Hewan berikutnya yaitu anjing. Hewan yang satu ini telah disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Araaf dan surat Al-Kahfi. Seperti yang kita tahu bahwa anjing merupakan hewan yang sangat cerdas dengan daya penciuman yang luar biasa. Namun bagi orang yang beragama Islam sangat dilarang untuk menyentuh air liurnya,

Menurut sebuah penelitian, air liur anjing merupakan tempat keluarnya keringat sehingga semua bakteri akan mengumpul pada lidahnya. Air liur ini tentu saja sangat berbahaya untuk manusia karena mengandung berbagai jenis bakteri patogen.


Lalat

Nah selain anjing, hewan yang disebut dalam Al-Qur’an selanjutnya yaitu lalat. Serangga satu ini disebutkan dalam Al-Qur’An surat Al-Hajj ayat 73. Lalat mempunyai kelihaian dalam mengubah arah dengan cepat ketika terbang. Karena kelihaiannya tersebut terkadang manusia dan pemangsa akan kesulitan menebak arah terbang lalat. Luar biasa bukan?


Babi

Hewan yang satu ini disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Anam ayat 145 serta Al-Maidah ayat 3. Babi merupaka hewan yang terkenal dengan kerakusannya dalam makan yang tidak tertandingi dengan hewan lainnya. Babi bisa melahap semua makanan yang berada dihadapannya. Jika perutnya dirasa telah penuh dan makanan di sekitarnya habis, maka babi akan memuntahkannya kembali lalu memakannya untuk memuaskan kerakusannya.

Tak hanya itu saja, bahkan hewan satu ini juga bisa memakan kotorannya sendiri sampai tidak ada sisa. Fakta lain menyebutkan juga jika babi merupakan hewan yang tidak memiliki rasa cemburu. Hal tersebut terbukti dimana mereka bisa saling bekerja sama untuk menyetubuhi betinanya ramai-ramai.


Kuda

Selanjutnya ada hewan yang sangat terkenal gesit, lincah serta tangguh untuk menjelajah berbagai medan di muka bumi ini. Ya, hewan yang dimaksud yaitu kuda yang disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al Adiyaat.

Hampir seluruh bangsa di negara saat itu menjadikan kuda sebagai salah satu kendaraan perang. Allah SWT telah merancang tubuh kuda dengan kokoh serta berimbang sehingga mereka mampu menopang tubuhnya ketika berlari cepat.


Burung Hud Hud

Hewan yang disebutkan dalam Al-Qur’an selanjutnya yaitu burung hud hud. Burung yang satu ini memiliki kemampuan daya ingat serta fisik yang sangat mumpuni. Burung ini disebutkan dalam surat An-Naml dimana menurut kisahnya, burung ini pernah diperintahkan oleh Nabi Sulaiman untuk membawa pesan kepada Ratu Balqis.

Itulah beberapa hewan dalam Al-Qur’an yang tentu saja wajib anda ketahui. Selain keenam hewan diatas, tentu terdapat hewan lain yang disebutkan dalam Al-Qur’an seperti sapi, laba-laba, rayap, burung gagak, lebah, semut, keledai, katak bahkan kutu. Luar biasa bukan?


Baca juga : 5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Bagus

10 views0 comments