5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Bagus


foto oleh pexels


Memilih hewan kurban yang sehat dan bagus bisa dilihat dari kesehatan tubuh dan juga usianya. Mendapatkan hewan untuk kurban yang terbaik bisa membawa kepuasan tersendiri nantinya. Niat untuk ibadah semakin sempurna karena berhasil memberikan yang terbaik dari hewan kurban yang dipilih sebelumnya tersebut.

Hewan kurban yang sehat juga menjadi salah satu syarat yang memang harus dimiliki hewan kurban. Memilih hewan kurban yang sehat dan bagus memang sedikit susah bagi mereka yang belum terbiasa.


Tips Memilih Hewan Kurban

Namun Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini supaya ada sedikit gambaran untuk lebih jelasnya.

Cukup Usia

Hewan kurban seperti Kambing, Domba, Sapi dan Kerbau mempunyai batas usia tertentu sebagai syarat kurban. Untuk usia hewan kurban Kambing dan domba sebaiknya berusia di atas 1 tahun dengan tanda sepasang gigi tetap.

Sementara untuk hewan kurban sapi sehat atau kerbau, minimal usia 2 tahun dengan tanda yang sama.

Lihat Fisiknya

Ciri-ciri hewan kurban yang sehat bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya seperti pada bagian bulunya yang bersih. Kamu juga perlu memperhatikan tampilan muka yang terlihat cerah. Untuk suhu badan ketika di cek juga normal sekitar 37 derajat celcius, perhatikan pula tidak dalam keadaan sakit atau demam harus jadi pertimbangan.

Tidak Cacat

Cara memilih hewan kurban yang sehat juga sebaiknya diperhatikan pula dalam hal fisiknya yang cacat atau tidak. Dari mulai tidak buta, dengan kaki yang normal dan tidak pincang, dan harus diperhatikan pula bagian telinga yang tidak rusak. Untuk hewan jantan sebaiknya tidak kebiri dan untuk testis sebaiknya lengkap 2 buah.

Kebersihan Hewan

Cobalah untuk memperhatikan juga tingkat kebersihan hewan sebelum menjatuhkan pilihan hewan kurban. Hewan kurban harus sehat saja tidak cukup, namun juga harus bersih dari mulai hidung dan mulut tidak berlendir. Untuk bulu sendiri juga sebaiknya bersih dan mengkilap serta tidak ada goresan luka pada kulit.

Tempat Membeli

Hewan kurban yang sehat adalah yang memenuhi beberapa syarat seperti tersebut di atas. Namun untuk tempat membeli hewan kurban juga perlu diperhatikan. Carilah tempat menjual hewan kurban yang benar-benar memperhatikan kesehatan tubuh dari hewan-hewan mereka dan pastinya rutin memeriksa ke dokter hewan.


Untuk yang berada di daerah Gresik, ada tempat dokter hewan terpercaya seperti Kawan Hewan. Dengan IG @kawan.hewan dan website https://www.kawanhewan.com/ Anda bisa mengunjungi sekarang. Banyak juga artikel yang cocok bagi pecinta hewan dan ada pula artikel hewan kurban yang sehat.