Ajaran Islam Untuk Memelihara Hewan Dengan Baik, Pahala Dan Keutamaan Merawat Kucing


foto oleh unsplash


Dalam ajaran Agama Islam, seluruh umat manusia diajarkan untuk saling menjaga serta berperilaku baik terhadap semua mahluk hidup ciptaan Allah SWT. Hal ini tentu tidak hanya pada manusia saja melainkan juga pada hewan. Salah satu hewan yang istimewa dalam Islam yaitu kucing. Hal tersebut karena kucing merupakan salah satu hewan peliharaan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Lalu, bagaimana ajaran Islam untuk memelihara hewan dengan baik? Simak berikut pahala dan keutamaan merawat kucing yang sebaiknya diketahui!


Berikut Ajaran Islam Untuk Memelihara Hewan Dengan Baik Tentang Pahala Serta Keutamaan Merawat Kucing Yang Perlu Diketahui!

Kucing merupakan salah satu hewan kesayangan hampir semua orang. Hewan berbulu ini bisa menjadi peliharaan yang setia dan pastinya sangat menggemaskan. Dalam ajaran islam untuk memelihara hewan dengan baik, kucing menjadi hewan yang istimewa.

Dalam tradisi Islam kucing dikagumi karena kebersihannya. Kucing dianggap bersih atau tidak najis sehingga hal inilah yang menjadi sebab mengapa kucing diizinkan masuk ke rumah atau tempat beribadah.

Bersihnya kucing juga tertuang dalam sebuah hadis. Hadis tersebut menjelaskan tentang kesucian kucing sebagai hewan peliharaan. Selain itu, kucing juga bebas dari najis. Berikut hadisnya:

Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.” (HR. Tirmidzi).

Tak hanya itu saja, air bekas minum kucing juga tetap suci serta bisa digunakan untuk berwudhu. Hal tersebut sesuai dengan hadis berikut ini:

Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu”. (HR Muslim).

Hadis ini tersebut juga kemudian disempurnakan dengan adanya pernyataan bahwa air bekas minum kucing tetap suci dan bisa digunakan untuk berwudhu jika tidak terlihat darah, air kencing atau kotorannya.

“Jika kucing ini pergi kemudian datang dan meminum air, maka kita yakin bahwa air tersebut adalah suci dan kita meragukan najisnya mulut kucing, maka sisa air yang dijilat oleh kucing tersebut tidak najis. (Kecuali) bila kucing yang mulutnya masih ada darahnya tadi tidak pergi dan menjilat air maka dihukumi najis secara pasti.” (Al-Majmu’ 1/171).


Pahala Dan Keutamaan Merawat Kucing Dalam Ajaran Islam

Sebagai mahluk hidup, kucing juga tentu saja perlu diperlakukan dengan baik. Dalam ajaran Islam untuk memelihara hewan dengan baik terdapat pahala dan keutamaan merawat kucing. Berikut ini pahala dan keutamaanya:

1. Mendapatkan Rahmat Dari Allah SWT

Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Bukhari, “Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari). Dengan begitu maka tentu saja dengan merawat kucing dengan baik maka anda akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Apalagi seperti telah disebutkan diatas bahwa kucing merupakan hewan istimewa. Wallahualam bi shawab.

2. Mendapat Ampun Dan Ridha Allah SWT

Selain mendapatkan rahmat dari Allah SWT, pahala dan keutamaan merawat kucing selanjutnya yaitu mendapat ampun dan ridha Allah SWT. Syeikh Dr. Muhammad Luqman dalam kitab Adabul Mufrod menyebutkan bahwa setiap muslim dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada semua hewan terutama kucing agar kelak orang tersebut mendapatkan ampunan serta ridha Allah SWT.

3. Merupakan Salah Bentuk Satu Sedekah

Saat kita memutuskan untuk memelihara kucing, hal tersebut sama juga dengan kita memberikan sedekah untuk sesama mahluk hidup. Sebagaimana telah diriwayatkan dalam hadis Bukhari dan Muslim. Berikut hadisnya:

“Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang musllim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Timbangan Untuk Hari Kiamat

Pahala dan keutamaan merawat kucing terakhir yaitu sebagai timbangan baik untuk hari kiamat. Seperti telah dijelaskan pada poin diatas bahwa memelihara kucing merupakan salah satu sedekah. Nah, sedekah ini bisa menjadi timbangan untuk kita di hari akhir kelak.

Seseorang yang memelihara kucing atau hewan lainnya dengan sepenuh hati serta meyakini akan kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT, maka kebaikannya akan ditimbang sebagai kebaikan di hari akhir.

Nah itulah sekilas tentang ajaran Islam untuk memelihara hewan dengan baik, pahala dan keutamaannya. Dari ulasan diatas tentu sedikit banyaknya anda telah mengetahui bahwa Islam mengajarkan kita untuk menjaga hewan dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!


Baca juga : 5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Bagus