Tips Menciptakan Rumah Ramah Hewan Peliharaan Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Memutuskan untuk memelihara hewan seperti kucing maupun anjing di rumah bukanlah hal yang tidak umum. Nyatanya, banyak sekali orang yang memutuskan untuk memelihara salah satu dari hewan tersebut atau bahkan keduanya. Memelihara hewan seperti kucing dan anjing memang bisa menghilangkan rasa stres hal ini tentu karena tingkah kedua hewan tersebut sangatlah menggemaskan dan menghibur.

Banyak orang yang menganggap hewan peliharaannya seperti keluarga. Layaknya keluarga, tentu anda juga ingin menciptakan rumah ramah hewan peliharaan bukan? Jika ya, maka simak tipsnya berikut ini!


Berikut Tips Menciptakan Rumah Ramah Hewan Peliharaan Yang Pelu Anda Ketahui!

Setelah diadopsi, kucing ataupun anjing pastinya akan menghabiskan waktunya di rumah anda. Untuk itu maka sebagai pemilik anda perlu memastikan jika rumah anda memang ramah untuk hewan peliharaan tersebut. Lalu, bagaimana cara menciptakan rumah ramah hewan peliharaan? Simak tipsnya berikut ini:


1. Membuat Pintu Kecil

Tips menciptakan rumah ramah hewan peliharaan yang pertama yaitu membuat pintu kecil khusus. Ya, pintu tersebut tentu akan memudahkan hewan peliharaan anda untuk keluar masuk ruangan tanpa harus merepotkan pemiliknya. Anda bisa memasang pintu kecil ini pada pintu utama menuju ke teras ataupun halaman belakang.

Namun, pastikan rumah anda memilliki pagar agar kucing atau anjing yang anda pelihara tidak berkeliaran terlalu jauh. Pastikan juga jika pintu tersebut bisa dikunci agar lebih aman dan menghindari hewan lain masuk

2. Perhatikan Pemilihan Lantai Rumah

Menggunakan lantai kayu di hunian anda tentu akan menambah kesan klasik. Namun sayang, lantai kayu memiliki kekurangan yaitu mudah tergores apalagi jika anda berniat untuk memelihara kucing atau anjing. Nah, untuk itu maka sebaiknya pilihlah lantai dari bahan batu alam ataupun keramik. Selain bisa menghindari goresan, lantai juga akan terasa sejuk untuk hewan peliharaan sehingga mereka bisa bermain-main disana.


3. Buatlah Ruangan Khusus Untuk Hewan Peliharaan

Tips menciptakan rumah ramah hewan peliharaan selanjutnya yaitu membuat ruangan khusus untuk hewan peliharaan. Jika anda memiliki rumah yang cukup luas, maka tidak ada salahnya jika membuat ruangan tersebut. Lalu, bagaimana jika rumah minimalis atau ruangan terbatas? Maka solusinya anda bisa membuat spot yang dikhususkan untuk bermain hewan peliharaan anda. Buatlah senyaman mungkin agar hewan peliharaan anda merasa betah bermain disana tanpa harus bermain di ruangan lain.

Khusus untuk pecinta kucing, Anda dapat memiliki scratching post atau cat tree sebagai area khusus bermain bagi si meong. Dengan adanya area ini, kucing juga dapat diarahkan untuk tidak mencakar perabot Anda. Untuk mengarahkan agar si mpus mau bermain ke area ini, Anda dapat memberikan cat nip untuk memancing kucing agar menghabiskan waktu disana.


4. Hindari Penggunaan Bahan Pemutih Atau Bahan Kimia Berlebihan

Selanjutnya hindari penggunaan bahan pemutih ataupun bahan kimia misalnya ketika anda akan mengepel lantai. Sebaiknya, ganti bahan yang awalnya anda sering menggunakan bahan kimia untuk membersihkan lantai dengan bahan alami seperti campuran cuka dan air. Cakar kucing maupun anjing mampu menyerap bahan pembersih lantai dengan sangat mudah. Jika bahan kimia dalam cairan pembersih tersebut terserap maka tentu akan berakibat pada iritasi atau racun.

Bahan kimia yang sebaiknya tidak digunakan di rumah selain bahan di atas adalah racun tikus. Racun tikus bisa secara tidak sengaja terkonsumsi oleh anabul, baik secara langsung atau saat anabul menemukan bangkai tikus yang mati (teracuni). Gunakanlah lem tikus atau jebakan tikus untuk mengatasi masalah hewan pengerat ini karena lebih aman bagi hewan peliharaan kita.


Baca juga : Kenali Tanda Kucing Keracunan agar Bisa Segera Memberi Pertolongan

5. Letakkan Pajangan Ataupun Hiasan Dinding Yang Tidak Terjangkau Oleh Hewan Peliharaan

Apabila anda memiliki pajangan ataupun hiasan dinding yang rentan pecah maka sebaiknya letakkan barang tersebut pada tempat yang tidak bisa dijangkau hewan peliharaan anda. Anda bisa meletakkanya pada tempat yang lebih tinggi sehingga lebih aman. Dengan begitu maka hewan peliharaan anda bisa lebih leluasa lagi bermain tanpa merusak ataupun menjatuhkan pajangan yang ada di rumah.


6. Perhatikan Pemilihan Material Kain Untuk Karpet Rumah

Terakhir anda juga perlu memperhatikan pemilihan material kain untuk karpet rumah anda. Pastikan hindar penggunaan kain yang mudah menarik bulu hewan seperti beludru, chenille dan korduroi.

Jika anda ingin menggunakan karpet di rumah anda maka sebaiknya pilihlah karpet yang memiliki bahan halus. Dan pastikan juga material yang dipilih berkualitas tinggi serta tahan cakar. Anda juga perlu memiliki penyedot debu untuk membersihkan bulu-bulu dari hewan peliharaan anda.


Nah itulah tips menciptakan rumah ramah hewan peliharaan yang sebaiknya anda ketahui. Dengan memperhatikan tips diatas maka dijamin hewan peliharaan anda akan lebih nyaman dan betah berada di rumah anda. Selamat mencoba!