Inilah Hewan Paling Beracun Yang Wajib Diketahui Dan Dihindari!


foto oleh thetimes.co.id


Seperti yang kita ketahui bahwa semua hewan memiliki caranya sendiri untuk melindungi diri dari berbagai serangan baik serangan dari manusia maupun hewan lain. Kekuatan melindungi diri tersebut umumnya berupa taring yang sangat runcing, tenaga yang sangat kuat, mengeluarkan bisa, hingga mengeluarkan racun. Berbicara tentang racun, ada beberapa hewan paling beracun yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa.


Lalu, Apa Saja Hewan Paling Beracun Tersebut?

Sebelum anda tahu apa saja hewan paling beracun, tentu anda juga perlu mengetahui juga bahwa racun dan bisa merupakan dua hal yang berbeda. Banyak yang beranggapan bahwa racun dan bisa merupakan hal yang sama namun anggapan tersebut pastinya salah karena racun dan bisa merupakan dua hal yang berbeda dan tidak bisa dianggap sama.

Racun atau poisonous merupakan sebuah zat yang bisa membuat iritasi serta akan langsung mematikan dengan cara menyerap ataupun menelannya. Sementara bisa atau venomous adalah jenis racun yang umumnya dimiliki oleh hewan seperti ular, lebah hingga kalajengking. Cara pengaktifannya yaitu hewan seperti lebah akan menyuntikkan bisanya ke dalam tubuh manusia atau hewan lain dengan menggunakan sengatan pada ujung tubuhnya.

Dan berikut ini beberapa hewan paling beracun yang wajib diketahui dan dihindari:

1. Inland Taipan

Jenis hewan paling beracun yang pertama yaitu Inland Taipan. Inland Taipan merupakan jenis ular yang sangat berbisa di dunia. Bisa dari hewan ini 200x lebih banyak dibandingkan dengan ular King Cobra. Bisa dari Inland Tipan bisa membunuh manusia dalam waktu kurang dari 1 jam jika tidak langsung mendapatkan perawatan medis. Ular ini banyak ditemukan di Benua Australia.


2. Poison Dart Frog

Poison Dart Frog atau dikenal sebagai Katak Panah memiliki racun yang terdapat pada bagian kulitnya. Racun dari katak jenis ini bisa membunuh 10 orang dewasa yang sehat serta 20 ribu ekor tikus dalam sekejap. Manusia ataupun hewan lainnya bisa terkena racun dari katak ini bahkan hanya dengan menyentuh kulitnya saja. Menyeramkan bukan?


3. Deathstalker

Deathstalker merupakan salah satu jenis kalajengking yang sangat berbahaya di dunia. Sengatan dari Deathstalker mampu menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa, kejang-kejang dan deman tinggi bahkan beberapa korban mengalami koma. Hewan paling beracun ini bisa anda temukan di Afrika Tengah dan Afrika Utara.


4. Stonefish

Selanjutnya ada stonefish yang dikenal sebagai Ikan Lepu Batu. Stonefish merupakan salah satu hewan yang sangat berbisa di dunia. Sengatan dari ikan ini bisa menyebabkan rasa sakit bahkan sampai kelumpuhan. Ikan jenis ini bisa ditemukan di perairan tropis seperti Samudera Hindia maupun Samudera Pasifik. Bagi anda yang suka menyelam tentu perlu mewaspadai hal ini, jangan sampai bertemu dengan stonefish!


5. King Cobra

Jika berbicara tentang hewan paling beracun, tentu akan terasa kurang jika tidak membahas tentang King Cobra. Satu kali gigitan dari ular ini akan langsung mematikan seseorang yang sehat dalam waktu 15 menit saja. Bahkan King Cobra juga bisa membunuh satu ekor Gajah Afrika besar dalam waktu 3 jam. Ular ini bisa ditemukan di kawasan hutan Asia Tenggara hingga Asia Selatan.


Nah itulah jenis hewan paling beracun yang wajib diketahui dan dihindari. Tentu saja jangan sampai seumur hidup anda bertemu dengan salah satu dari kelima hewan di atas apalagi sampai terkena racunnya!

Hati-hati ya!

7 views0 comments