7 Rekomendasi Hewan Peliharaan untuk Penderita Alergi dan Cara Meminimalisir Resiko


foto oleh unsplash


Hewan peliharaan mempunyai efek menenangkan bagi sebagian orang. Jika Anda ingin memelihara hewan peliharaan tetapi mempunyai alergi, tidak perlu kuatir. Simak beberapa jenis hewan peliharaan untuk penderita alergi berikut ini.


Apa Sebenarnya Maksud Alergen pada Hewan Peliharaan?

Berdasarkan penelitian yang dibukukan di buku Childhood Allergies, 10-40% penduduk di Negara-Negara maju sensitif terhadap alergen kucing dan anjing. Tetapi banyak yang masih belum memahaminya.

Alergen kucing dan anjing sendiri biasanya menyebar di seluruh rumah. Jika seseorang memelihara kucing dan anjing. Banyak yang menyangka bahwa alergen tidak akan menular ke manusia jika hewan peliharaan dan lingkungannya dibersihkan secara teratur. Ternyata salah.

Alergen kucing dan anjing akan tetap menempel di semua tempat yang dilaluinya, seperti lantai, kasur, karpet, furniture, dan pakaian. Karena alergen bukan hanya bulu si hewan tetapi juga sel-sel kulit mati yang beregenerasi menjadi kulit mati atau baru.

Selain bulu, air liur dan air kencing hewan peliharaan juga termasuk alergen lho. Dan alergen ini bisa melayang walaupun sudah kering. Inilah yang kemudian memicu alergi bagi pemilik hewan peliharaan.


Daftar Hewan Peliharaan untuk Penderita Alergi yang Minim Resiko


Portuguese Water Dog

Jika Anda menyukai anjing tetapi kuatir terhadap bulunya, coba pelihara anjing jenis ini. Karena Portuguese water dog tidak membutuhkan banyak perawatan, bulunya tidak mudah rontok, dan dia suka bermain air.


Kucing Tanpa Bulu

Walaupun Anda tidak akan kuatir dengan bulu, tetapi kucing jenis ini juga membutuhkan perawatan ekstra lho. Yaitu dengan memberikan lotion, pelembab, dan harus dimandikan secara teratur.

Baca juga : Tentang Kucing Spinx, Si Kucing Tanpa Bulu!

Reptil dan Amfibi

Kedua hewan peliharaan ini memang tidak selucu kucing dan anjing, tetapi tentu reptil dan amfibi lebih ramah bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bulu hewan.


Hamster

Walaupun berbulu, hamster masih bisa dipelihara oleh Anda yang mempunyai alergi tingkat sedang. Karena hamster cenderung lebih suka bermain di kandang, sehingga Anda tak perlu kuatir bulunya akan beterbangan di seluruh rumah. Jika Anda baru memulai memelihara hewan imut dan lucu ini, cobalah dengan mengadopsi hamster jenis winter white.


Devon Rex Cat

Anda pecinta kucing tapi alergi terhadap bulu dan air liurnya? Coba pelihara kucing jenis ini. Karena bulunya sedikit, kucing ini jarang menjilati tubuhnya sehingga bisa dipelihara oleh Anda yang mempunyai alergi tingkat sedang.


Kerry Blue Terrier

Bagi penggemar anjing, jenis yang satu ini bisa menjadi pilihan. Karena bulunya yang seperti mantel relatif lebih aman bagi penderita alergi. Tapi sebaiknya Anda tidak memelihara kucing di dekatnya.


Ikan

Nah, ikan adalah salah satu hewan yang paling aman bagi penderita alergi. Karena tidak ada bulu maupun protein air liur. Perawatannya pun relatif lebih mudah.


Bagaimana Cara Meminimalisir Alergen di Dalam Rumah?

Jika di rumah Anda ada hewan peliharaan untuk penderita alergi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

  • Ganti karpet, sprei, sarung bantal dan sarung guling, dan gorden secara rutin. Karena tempat-tempat ini lah yang biasa dipakai bermain hewan peliharaan.

  • Bersihkan setiap sudut rumah secara teratur. Tidak hanya disapu, tetapi juga dipel dan menggunakan vacuum agar bersih secara menyeluruh.

  • Gunakan filter udara. Karena alergen hewan peliharaan tidak hanya menempel di bawah tetapi juga di udara.

  • Ketika menyikat bulu hewan peliharaan, lakukan di luar rumah.

  • Mandikan hewan peliharaan Anda secara rutin, yaitu dua kali seminggu.

  • Sebaiknya hindari membawa hewan peliharaan ke kamar tidur.

Jadi, hewan peliharaan untuk penderita alergi mana yang akan Anda pilih? Beritahu kami ya!

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.