Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui dan Cara Mengatasinya


foto oleh unsplash


Sama seperti bayi manusia, bayi kucing juga membutuhkan asupan susu dari induknya. Sayangnya, kadang kala induk kucing tidak mau menyusui anaknya.

Jika saat ini kucing Anda juga mengalami masalah yang sama, maka penting untuk mencari tahu penyebabnya. Dengan begitu, Anda bisa menemukan solusi yang tepat.


Apa Penyebab Induk Kucing Enggan Menyusui?

Penyebab induk kucing tidak mau menyusui ada banyak, mulai dari faktor internal atau dari induknya sendiri, hingga masalah eksternal. Jika Petizen ingin mengatasi masalahnya, maka harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa penyebab induk kucing yang enggan menyusui anaknya antara lain : induk kucing kekurangan gizi, induk menderita penyakit Mastitis, faktor usia induk kucing dan faktor-faktor lain.


Cara Mengatasi Induk Kucing yang Enggan Menyusui

Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir jika induk kucing di rumah tidak mau menyusui anaknya.

Banyak yang pernah mengalaminya tetapi bisa menyelesaikannya. Tetap ada solusi mengatasi induk kucing yang tidak mau menyusui.

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, solusinya harus dilihat dari penyebabnya terlebih dahulu.

Induk Kucing Kurang Gizi

Apakah Petizen yakin sudah memberikan asupan nutrisi maksimal untuk induk kucing yang menyusui? Pasalnya, mengeluarkan air susu juga membutuhkan nutrisi tinggi.

Jika induk kucing merasa tidak memiliki energi atau sering lapar, tentunya jadi malas untuk menyusui anak-anaknya. Pastikan Anda memberikan makanan bergizi yang bisa memenuhi nutrisinya. Berikan makanan khusus untuk kucing menyusui.

Induk menderita penyakit Mastitis

Pernah dengar tentang penyakit mastitis? Penyakit yang menyerang induk kucing ini mengakibatkan puting menjadi keras, bengkak, dan sakit.

Kucing yang menderita mastitis enggan menyusui anaknya. Solusinya adalah mengompres puting induk kucing menggunakan air hangat.

Faktor usia induk kucing

Jika usia induk kucingnya terlalu muda, biasanya belum siap untuk menyusui anak. Usahakan untuk mengawinkan kucing yang usia minimalnya satu tahun, sehingga ia akan lebih siap dan matang. Solusi yang bisa diberikan dalam masalah ini adalah mencari induk lain atau memberikan susu pengganti.

Anak kucing menderita sakit

Seekor induk kucing memiliki firasat yang kuat jika anaknya sakit. Biasanya mereka akan menolak untuk menyusui salah satu anaknya yang sakit. Tujuannya agar anak-anak lainnya tidak tertular.

Solusi yang bisa Anda berikan adalah memberikan susu pengganti pada anak kucing yang tidak disusui.

Memiliki terlalu banyak anak

Kucing juga bisa merasa tertekan dengan adanya banyak anak. Kadang induk juga merasa tidak sanggup untuk memberikan susu pada seluruh anaknya. Jadi, Anda bisa memberikan susu pengganti untuk sebagian anak-anaknya.

Insting Induk Kucing terhadap kesehatan anak

Kondisi selanjutnya yang dapat menyebabkan induk tidak mau menyusui anaknya adalah karena insting induk kucing terhadap anaknya. Ada kemungkinan anak kucing menderita sakit atau kelainan lain sehingga Induk tidak menyusui karena sudah ada firasat kalau anak kucing tersebut tidak dapat diselamatkan. Biasanya saat melahirkan beberapa anak kucing, ada anak kucing yang paling kecil ukuran tubuhnya dan mengalami hal ini.


Apabila beberapa solusi di atas belum mampu membantu, Anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter hewan.

Jika kebetulan Anda berada di Gresik, bisa langsung mengunjungi Kawan Hewan Pet Care. Selain berkonsultasi, ada juga berbagai kebutuhan makanan untuk kucing. Untuk informasi lebih lanjut, langsung follow akun IG @kawan.hewan

Masalah induk kucing tidak mau menyusui bukanlah hal yang sepele. Jika tidak segera diatasi, anak-anak kucing bisa kelaparan dan kemungkinan parahnya bisa mati.