Panduan Tata Cara Perawatan Kucing Senior Yang Tidak Boleh Diabaikan


foto oleh unsplash


Menua adalah salah satu proses yang tidak bisa dihindari, bahkan oleh para hewan peliharaan seperti kucing sekalipun. Untuk itulah para pecinta dan pemilik juga harus tahu bagaimana tata cara perawatan kucing senior yang memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan kucing yang lebih muda tentunya. Namun, apa saja yang dibutuhkan dalam merawat kucing senior ini? Berikut pembahasannya.


1. Perawatan Kucing Senior Dengan Mengontrol Kesehatan

Dengan bertambahnya umur, tentu tingkat kesehatan akan kian menurun, begitu juga yang terjadi dengan para kawanan kucing senior ini. Untuk itulah, salah satu cara perawatan kucing senior yang perlu diperhatikan oleh sang pemilik, adalah:

● Memperhatikan apakah kucing Anda memiliki tanda-tanda sedang terserang penyakit atau tidak?

● Apakah kucing tersebut lebih lemas dan tidak seaktif biasanya?

● Lihat bagaimana kecenderungan terhadap stress akibat lingkungan atau bahkan makanan yang diberikan kepada hewan tersebut.

● Lakukan pemeriksaan rutin dengan penjadwalan mengunjungi klinik hewan peliharaan.

● Kontrol dan perhatikan bagaimana status berat badan hewan ini. Apakah ada penurunan? Atau peningkatan yang drastis? Lakukan pembenahan diet jika dirasa berat badannya bermasalah.

● Jangan lupa mengontrol kerontokan bulu yang akan berujung kepada penyakit hairball. Jadi, Anda harus menyisir bulu-bulu kucing ini secara rutin.

● Kucing senior terutama yang jantan cenderung berisiko mengalami gangguan saluran kemih yang dapat menyebabkan kencing berdarah atau FLUTD. Sebaiknya kucing disterilisasi untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini.

Baca juga: Manfaat Sterilisasi bagi Kucing, Anda Perlu Tahu!

2. Diet dan Pilihan Makanan

Dengan bertambahnya usia sang kucing yang Anda pelihara, Anda juga harus lebih waspada dan memperhatikan jenis diet atau jenis makanan yang dikonsumsinya. Kucing senior memerlukan bantuan vitamin dan asupan air yang mencukupi. Tidak hanya itu, kebutuhan kalori mereka juga tergolong lebih sedikit jika dibandingkan dengan kucing usia muda. Panduan makanan untuk perawatan kucing senior adalah:

● Menyediakan jenis makanan basah, sebab ini memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kucing senior apalagi yang memiliki masalah pada kekuatan gigi mereka.

● Konsultasikan dengan dokter hewan jika kucing senior Anda mengalami masalah terhadap penurunan berat badan. Sebab, masalah ini seringkali dialami oleh hewan senior. Sehingga, jenis makanan basah yang diformulasikan khusus lebih disarankan untuk diberikan kepada hewan tersebut.

● Anda juga harus memperhatikan formula dan jenis makanan untuk kucing senior yang kegemukan.

● Jangan lupa menambahkan suplemen atau vitamin didalam diet kucing senior agar menunjang kemampuan fisik mereka.


3. Olahraga dan Kasih Sayang

Seiring dengan penambahan usianya, Anda sebagai sang pemilik bertanggung jawab untuk menjaga motorik kucing. Hal ini bisa dilakukan dengan sering melatih kemampuan ototnya dengan berolahraga. Ajaklah kucing Anda untuk berjalan-jalan atau sekedar bermain bola secara rutin. Jadi, hewan ini bisa menua dengan sehat dan tidak memiliki kecenderungan penurunan kondisi fisik yang drastis.

Jangan lupa juga untuk mengurangi masalah kesehatan dengan menurunkan resiko stres dengan memberikan rasa kasih sayang tanpa membeda-bedakan umur mereka. Semakin bertambah umur sang kucing maka mereka akan lebih peka dan sensitif. Jadi, jangan sampai membuat hewan peliharaan Anda ini merasa terasingkan.


4. Kebersihan Tubuh, Kandang dan Keamanan Lingkungan

Memastikan tubuh serta kandang dalam keadaan bersih juga menjadi hal penting di dalam tata cara perawatan kucing senior Anda. Jangan sampai kelalaian Anda ini malah berujung kepada penyakit yang mudah menginfeksi kawanan kucing senior tersebut. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan suasana lingkungan yang aman dan nyaman. Buatlah hewan ini merasa selalu ingin dirumah untuk meminimalisir resiko cidera saat bermain di luar.

Demikian pembahasan kita mengenai tata cara perawatan kucing senior yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. Share ya!

19 views0 comments