Ini dia yang harus dipersiapkan sebelum memelihara kelinci (hobi)



Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit banyak orang. Selain imut, hewan ini juga lucu dan mudah dijinakkan. Kelinci juga mudah dirawat serta tak memerlukan kandang yang terlampau luas.

Bagi Anda yang ingin memelihara kelinci, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mulai memelihara kelinci. Sebagaimana peribahasa latin “Victoria amat curam”, keberhasilan dalam melakukan sesuatu terletak pada persiapan, termasuk dalam memelihara kelinci.


Persiapan Sebelum Memelihara Kelinci

1. Pelajari beberapa hal tentang kelinci

Yang pertama adalah Anda harus mempelajari beberapa hal dasar mengenai kelinci. Anda bisa menemukan berbagai sumber yang mengulas masalah kelinci di ini di internet atau juga melalui buku.

Dengan memiliki pengetahuan yang cukup seputar kelinci. Maka, Anda tak akan salah dalam merawatnya. Anda akan tahu bagaimana sifat serta karakteristik kelinci, apa saja yang membuat kelinci stress serta bagaimana langkah merawat kelinci yang baik.

Bisa dibilang langkah pertama ini adalah langkah yang paling awal serta paling dasar yang harus Anda lakukan.


2. Siapkan kandang yang tepat

Sama seperti hewan peliharaan lainnya seperti kucing dan anjing. Kelinci Anda nantinya juga akan membutuhkan kandang yang layak dan siap huni. Pastikan, kandang tersebut sudah siap pakai sebelum Anda membeli kelinci ya.

Kandang tersebut juga harus ditempatkan di dalam ruangan. Anda bisa menempatkannya di sudut ruangan rumah ya. Hal ini disebabkan karena kelinci tidak tahan dengan suhu yang terlalu ektrem seperti cuaca yang sangat panas atau dingin.

Kandang kelinci paling tidak harus berukuran minimal 5 kali ukuran kelinci agar kelinci bisa bergerak dengan bebas. Akan lebih baik pula Anda membangun kandang yang luas agar kelinci dapat melompat dan bergerak secara aktif.

Pastikan pula, Anda membersihkan kandang ini secara rutin ya.


3. Siapkan pakan

Persiapan Memelihara Kelinci adalah menyiapkan pakan yang tepat. Pakan tersebut bisa berupa rumput kering (hay), wortel ataupun berbagai jenis sayuran lainnya. Pakan ini juga mudah untuk didapatkan lho.

Namun ingat, tidak seperti di film yang mana kelinci suka sekali dengan wortel, sejatinya makanan kelinci sebagian besar adalah rumput kering. Kelinci malah akan mengeluarkan aroma urime yang tidak sedap jika terlalu banyak mengkonsumsi sayuran seperti wortel. Anda juga dapat menambahkan pellet khusus bagi kelinci yang mudah sekali didapatkan di petshop terdekat.

Gigi kelinci juga terus tumbuh, oleh karena itu kelinci harus terus menerus mengunyah agar gigi tersebut tak tumbuh terlalu panjang sehingga mengganggu aktivitasnya. Anda bisa memberikan kelinci Anda balok dan tongkat kayu (seperti ranting kayu apel yang tersedia secara komersial).


4. Persiapkan kotak kotoran

Persiapan Memelihara Kelinci adalah menyiapkan kotak kotoran kelinci. Kelinci sering kali membuang kotoran di satu area. Hal tersebut merupakan kecenderungan alami kelinci tersebut.

Oh ya, kelinci juga bersifat coprophagy ya. Jadi Anda perlu rutin membersihkan kotoranya.


5. Kesehatan

Selanjutnya, jangan hanya membeli 1 kelinci. Tapi, belilah sepasang agar kelinci tersebut tak merasa kesepian. Pastikan pula, lingkungan tempat tinggal kelinci tersebut adalah lingkungan yang kondusif karena kelinci mudah stress dan tertekan. Sesekali mengajak kelinci Anda keluar kandang juga memberikan manfaat yang cukup baik bagi kelinci tersebut.

Untuk urusan kesehatan, Anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat baik sebelum atau pada saat memelihara kelinci. Kelinci adalah hewan yang tidak dapat memuntahkan makanan sehingga pencernaannya cenderung rentan terhadap masalah kesehatan.


Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara kelinci. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Simak Tips dan Cara Merawat Kelinci Agar Berumur Panjang