Gagah Dan Dapat Diandalkan! Inilah Ras Anjing Penjaga Yang Siap Pasang Badan Melindungi Majikannya


foto oleh unsplash


Seperti diketahui jika anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer di dunia. Ya, hewan berbulu ini memang banyak dipilih sebagai hewan pelharaan karena kesetiannya kepada majikannya dan termasuk relatif mudah dirawat/dipelihara. Bahkan tak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan saja, tenyata tidak sedikit orang yang memelihara anjing sebagai penjaga rumah. Namun hal ini tentu perlu disesuaikan dengan rasnya. Lalu, apa saja ras anjing penjaga yang kini banyak dipilih? Simak berikut ulasannya!


Berikut Ras Anjing Penjaga Populer Di Dunia Yang Banyak Dipilih

Saat ini ada banyak sekali ras anjing yang bisa anda jadikan sebagai hewan peliharaan sesuai dengan kepribadian serta kebutuhan anda. Kini banyak sekali orang yang mencari ras anjing penjaga sebagai hewan peliharaan agar mereka bisa lebih aman di rumah.

Nah bagi anda yang saat ini sedang mencari ras anjing penjaga, simak berikut beberapa ras anjing yang bisa menjadi pilihan anda:


Rottweiler

Ras anjing penjaga pertama yang sering menjadi pilihan adalah Rottweiler. Ras anjing ini memiliki naluri alami untuk melindungi pemiliknya. Naluri ini biasanya muncul ketika usianya sudah dewasa. Rottweiler memiliki gigitan yang cukup menyakitkan hal ini tentu berkat rahannya yang kuat serta kepalanya yang besar. Kekuatan gigitannya ini yang membuat anjing ini mendapat title anjing penjaga yang sempurna.


Belgian Malinois

Selanjutnya ada anjing Belgian Malinois dimana jika dilihat sekilas ras anjing penjaga ini hampir mirip dengan anjing gembala Jerman. Belgian Malinois memiliki ciri fisik yang khas yaitu tubuh yang ramping dan bulu pendek.

Selain dikenal sebagai anjing penjaga yang baik, Belgian Malinois juga tergolong ras anjing pelacak yang cerdas. Anjing ini pandai mendeteksi bom hingga mengendus narkoba sehingga kerap dimanfaatkan dalam pencarian dan penyelamatan (Search and rescue/SAR).


German Shepherds

Ras anjing penjaga berikutnya yaitu German Shepherd. Anjing ini memiliki sifat yang protektif, cerdas, setia, mudah dilatih serta ditunjang dengan fisik yang sangat kuat. Tak jarang, anjing ini juga kerap terlihat menjadi bagian dari unit K9.

Sifat perlindungannya sangat terlihat jelas ketika ada potensi ancaman dimana anjing ini akan memperingatkan ancaman tersebut dengan gonggongan yang mengintimidasi. Anjing ini juga bisa menyerang jika dibeli perintah. Namun kekuatan gigitan dari anjing ras ini tidak lebih kuat dari Rottweiler.


Tibetan Mastiff

Ras anjing Tibetan Mastiff cukup terkenal karena bulunya yang tebal dan tubuhnya yang gagah. Anjing ini sangat setia dan penuh dengan kasih sayang kepada pemiliknya. Tibetan Mastiff juga termasuk anjing ras penjaga karena mereka sangat protektif terhadap kepada orang yang dianggap keluarga. Jika ada orang yang tidak dikenal, mereka akan mengonggong dan mengusir orang tersebut.


Doberman Pinscher

Jika anda memiliki rumah yang luas, maka memelihara Doberman Pinscher menjadi pilihan terbaik. Anjing ini memiliki sifat yang selalu waspada serta mampu menyergap penyusup dalam waktu yang singkat. Tak hanya itu saja, Doberman Pinscher juga senang melakukan patroli untuk memastikan rumahnya dalam kondisi aman. Karena karakternya ini, tak heran jika banyak sekali lembaga kepolisian serta militer yang menjadikannya sebagai anjing pelacak di unit K9.


Itulah beberapa ras anjing penjaga terbaik yang selalu menjadi pilihan banyak orang. Namun pertimbangkan dengan matang ketika anda ingin memelihara anjing penjaga. Pastikan pilihlah anjing yang sudah terlatih agar naluri menyerangnya sudah terkontrol dengan baik. Semoga bermanfaat!

7 views0 comments