Keunggulan Itik Master, si Penghasil Telur Terbaik


foto oleh majalah infovet


Seperti yang kita ketahui bahwa telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Telur dihasilkan oleh unggas yang salah satunya yaitu itk. Telur itik sedari dulu memang telah menjadi salah satu (selain telur ayam) yang banyak dicari. Telur itik sendiri telah menjadi salah satu bahan makanan yang khas dalam khasanah kuliner Indonesia.

Potensi itik di Indonesia bisa dikatakan cukup besar. Hal ini terbukti dari banyaknya jenis itik lokal yang cukup bervariasi karena pengaruh kemampuan genetik ataupun pengaruh lingkungan. Salah satu jenis itik yang dikembangkan dengan kemampuan genetik yaitu itik master.


Sekilas Tentang Itik Master

Sebagian dari Anda tentu saja belum tahu apa itu itik master. Nah, itik master sendiri merupakan itik dari hari persilangan antara alabimaster-1 (betina) dengan mojomaster-1 (jantan). Beberapa keunggulan itik master yaitu umur bertelur pertama lebih cepat, pertumbuhan lebih cepat dengan puncak produksi yang tinggi serta produksi telur lebih tinggi.

Itik master juga diharapkan bisa mampu beradaptasi dengan lingkungannya serta berpotensi sebagai bibit niaga (skala komersil) penghasil telur terbaik dengan sistem terkurung (closed system). Selain itu, itik master juga memiliki keunggulan biologis dimana untuk mengidentifikasi jenis kelamin ketika menetas cukup mudah. Itik jantan memiliki bulu yang cenderung lebih gelap serta pertumbuhannya jauh lebih cepat dibandingkan itik master betina.


Ciri Fisik Itik Master

Pada umumnya, itik master memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan itik-itik pada umumnya. Namun, walaupun demikian tentu saja terdapat beberapa perbedaan yang bisa membedakan mana itik master dan mana yang bukan. Berikut ciri fisik itik master yang perlu anda ketahui:

· Memiliki postur tubuh yang ramping seperti botol.

· Garis bulu putih pada bagian atas mata atau alis.

· Warna bulunya spesifik serta seragam.

· Warna ceker serta paruhnya hitam.

· Warna kerabang telur umumnya hijau kebiruan.

Terlepas dari ciri fisik yang dimiliki oleh itik master, itik jenis ini memiliki rataan produksi telur pertahun mencapai 265 butir telur dalam setiap tahunnya. Hal ini tentu lebih tinggi dibandingkan dengan itik lokal. Selain itu, tingkat kematiannya juga cukup rendah. Puncak produksi itik master yaitu di 90% dengan umur pertama bertelur itik master yaitu 18 minggu atau 1 bulan lebih awal dari itik lokal.


Kebutuhan Gizi Pakan Itik Master

Bagi anda yang tertarik untuk berternak itik master sudah pasti anda perlu mengetahui kebutuhan gizi pakan untuk itik tersebut agar bisa berproduksi dengan baik. Setiap usia itik tentu membutuhkan asupan yang berbeda-beda termasuk dalam jumlah gizi yang diberikan. Berikut kebutuhan gizi pakan itik master yang sebaiknya diketahui:



Itulah kebutuhan gizi pakan itik master. Pakan yang diberikan kepada itik master biasanya harus dibuat sendiri. Namun selain itu bisa juga diperoleh dalam bentuk konsentrat yang bisa dibeli di toko pakan ternak yang kemudian dicampur dengan sumber energi misalnya seperti jagung atau dedak.

Nah demikian sekilas tentang itik master yang merupakan bibit niaga penghasil telur terbaik. Di Indonesia sendiri kini sudah banyak sekali peternakan itik master yang bisa anda temukan. Jadi, jika anda ingin memulai ternak tersebut maka anda bisa melihat terlebih dahulu hasil ternak dan tips ternak yang baik dari pengalaman para peternak itik master sebelumnya.

Semoga bermanfaat


5 views0 comments