Jenis Burung Lovebird Yang Banyak Diincar Para Pecinta Burung!


foto oleh kompas


Bagi para pecinta hewan unggas seperti burung, lovebird memang menjadi salah satu jenis burung yang tidak asing lagi untuk didengar. Ya, burung jenis ini memang banyak sekali disukai oleh berbagai kalangan untuk dipelihara maupun dikembangbiakkan. Bentuknya yang mungil serta warna bulu yang berwarna-warni indah sudah pasti menjadi daya tarik dari burung jenis ini.


Sekilas Tentang Burung Cinta “Lovebird”

Lovebird atau dikenal juga dengan sebutan burung cinta merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari genus agapornis bahasa Yunani yang mana agape artinya cinta dan ornis mengandung arti burung. Burung jenis ini memiliki perilaku yang cukup unik dimana ketika mereka mendapatkan pasangan, lovebird akan sangat setia pada pasangannya tersebut hingga mati. Sesuai dengan namanya bukan?

Selain setia, burung lovebird juga memiliki kicauan yang khas dimana kicauan inilah yang menjadi daya tarik dari burung tersebut. Bahkan, dari kicauan ini juga menjadikan burung jenis ini memiliki harga jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis burung lainnya.

Warna dari burung ini juga tentu beragam, semakin unik, langka serta semakin terlihat mewah burung ini maka harganya akan semakin mahal. Namun di Indonesia sendiri anda akan lebih banyak menemukan burung lovebird berwarna hijau. Sama halnya dengan jenis burung lainnya, lovebird juga hadir dengan berbagai jenis. Penasaran apa saja jenis burung lovebird? Simak berikut ulasannya!


Berikut Jenis Burung Lovebird Yang Selalu Menjadi Incaran Para Pecinta Burung Dunia!

Dibaliknya sifatnya yang unik, kicauannya yang khas serta warnanya yang beragam tentu saja tidak hewan jika lovebird selalu menjadi incaran para pecinta burung. Ya, saking banyaknya yang menyukai burung ini banyak sekali yang rela mengeluarkan budget jutaan rupiah untuk mendapatkannya.

Nah, bagi anda yang berniat untuk memelihara burung satu ini, kenali terlebih dahulu jenis burung lovebird yang selalu menjadi incaran para pecinta burung:

· Loverbird Albino

Jenis burung lovebird yang pertama yaitu lovebird albino. Jenis yang satu ini memang bisa dikatakan cukup unik dimana hampir seluruh bulu yang ada ditubuhnya berwarna putih dengan warna mata merah. Lovebird albino menjadi salah jenis burung yang cukup langka sehingga tidak heran harganya sangat mahal.

· Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan memiliki ciri dimana terdapat warna hitam pada bagian mukanya sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa jenis burung lovebird ini dinamakan dakocan. Lovebird dakocan juga memiliki warna hijau pada bagian sayap serta ekornya, warna kucing ada bagian dada serta warna gelap pada bagian muka. Jenis burung lovebird ini bisa ditemukan di Tanzania tengah dan utara serta Kenya timur dan utara. Sementara di Indonesia sendiri tentu burung ini masih langka.

· Lovebird Biola

Jenis burung lovebird selanjutnya yaitu lovebird biola. Lovebird biola ini memiliki banyak jenis warna yaitu lovebird biola green, biola euwing, biola lutino, biola partblue serta beberapa warna lainnya dari berbagai macam mutasi yang ada.

· Lovebird Violet

Lovebird violet memiliki warna biru dimana warna tersebut terdapat pada bagian ekor, sayap yang mana pada bagian sayap terdapat warna hitam pada ujungnya. Warna bulu pada bagian dada lebih terlihat putih dan pada bagian kepalanya berwarna hitam.

· Lovebird Batman

Sesuai dengan karakter batman pada film, lovebird batman juga memiliki warna hitam. Ya, jenis burung lovebird ini memang didominasi dengan warna hitam. Semakin dewasa burung ini maka warna hitam pada tubuhnya akan semakin pekan.

· Lovebird Merah

Lovebird merah ini merupakan salah satu jenis burung lovebird yang paling langkah ditemukan di Indonesia. Selain warna tubuhnya didominasi oleh warna merah, burung ini juga memiliki warna orange sehingga akan terlihat lebih gagah dan cantik.

· Lovebird Madagaskar

Sesuai dengan namanya, jenis burung lovebird satu ini berasal dari Madagaskar, Afrika. Warna dari lovebird Madagaskar pastinya cukup unik yaitu memiliki warna dominan seperti hijau tua, hijau muda. Ukuran tubuh dari burung jenis ini juga lebih kecil dibandingkan dengan jenis burung lovebird lainnya yaitu hanya memiliki bobot sekitar 30 gram saja.

· Lovebird Olive

Jenis burung lovebird yang terakhir yaitu lovebird olive. Olive memiliki warna hijau tua. Namun, warna hijau tua yang dimiliki lovebird olive ini berbeda dengan warna hijau standar. Lovebird olive juga memiliki warna kuning pada bagian lehernya dengan warna orange atau hitam pada bagian mukanya.


Nah itulah beberapa jenis burung lovebird yang selalu menjadi incaran para pecinta burung dimanapun berada. Jadi, jenis burung lovebird mana yang ingin segera anda miliki? Manapun jenis yang akan anda pilih nanti yang terpenting pelihara burung tersebut dengan sebaik mungkin.

5 views0 comments