5 Rekomendasi Pakan Terbaik untuk Burung Parkit


foto oleh pixabay


Burung adalah salah satu hewan peliharaan yang menjadi kegemaran banyak orang, terutama untuk kaum lelaki. Salah satu jenis burung peliharaan yang populer dan digemari oleh para pecinta burung adalah Burung Parkit.

Burung yang juga dikenal dengan nama bulgerigar ini memiliki panjang sekitar 18 cm dengan berat bervariasi. Burung ini memiliki paruh yang bengkok serta warna yang bervariasi pula.

Agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat, Anda perlu memperhatikan perawatan serta pola makan burung ini. Jadi, kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi pakan terbaik untuk Burung Parkit.


Pakan Terbaik untuk Burung Parkit

Ada beberapa jenis Pakan Burung Parkit yang bisa Anda berikan, di antaranya adalah :


1. Jewawut

Bagi Anda yang merupakan pecinta burung, pastinya Anda sudah tak asing lagi bukan dengan pakan yang satu ini.

Ya, Jewawut atau yang juga dikenal dengan sebutan otek dan lewawut ini merupakan salah satu pakan terbaik untuk Burung Parkit lantaran mengandung protein, karbohidrat serta kandungan lemak yang baik.

Anda bisa menemukan jewawut ini di toko yang menjual pakan burung. Harganya pun cukup terjangkau dan biasanya dijual per kiloan.


2. Pelet

Rekomendasi Pakan Burung Parkit yang selanjutnya adalah pelet atau voer. Pelet ini diproses dari biji-bijian.

Anda pun bisa dengan mudah menemukan pelet ini di toko yang menjual berbagai pakan burung. Harganya biasanya lebih mahal tergantung pada merek dan kualitas. Semakin bagus kualitasnya,maka harganya pun akan semakin mahal.

Anda pun bisa menjadikan pelet ini menjadi salah satu pakan pokok untuk Burung Parkit kesayangan Anda. Namun, Anda juga harus tetap memberikan pakan selingan agar kebutuhan gizi Burung Parkit tersebut tetap terjaga dan tidak bosan.


3. Buah

Buah ini bisa Anda jadikan Pakan Burung Parkit untuk selingan. Anda bisa memberikannya setiap beberapa hari sekali. Ada banyak sekali jenis buah yang disukai oleh Burung Parkit, di antaranya : Pisang, Anggur, Melon, Apel dan kiwi.

Buah memang dikenal memiliki kandungan vitamin yang cukup kompleks seperti vitamin A,C dan juga kandungan mineral serta kalium yang baik bagi perkembangan Burung Parkit tersebut.


4. Jagung

Biji-bijian merupakan salah satu makanan pokok berbagai jenis burung dan burung parkit adalah salah satunya.

Kandungan vitamin A yang terdapat pada jagung ini sangat baik untuk Burung Parkit peliharaan Anda. Selain itu jagung juga kaya dengan karbohidrat yang dibutuhkan untuk memperoleh energi.

Anda bisa membeli biji jagung yang telah diolah khusus untuk burung dalam bentuk kemasan. Anda juga bisa membeli jagung tongkol utuh kemudian memprosesnya sendiri dan menjadikan bulir jagung tersebut lebih kecil agar nantinya lebih mudah ditelan oleh burung peliharaan Anda.

Jagung ini bisa Anda jadikan makanan pokok Burung Parkit atau bisa juga diberikan setiap beberapa hari sekali sebagai selingan.


5. Sayur

Memberi makan Burung Parkit Anda dengan jenis sayuran juga sangat baik lho. Contohnya, tomat, kemangi hingga Toge. Tomat Mengandung vitamin C yang baik. Daun Kemangi bisa mencegah diare pada Burung Parkit Anda.


Nah, itulah beberapa Pakan Burung Parkit yang direkomendasikan kali ini. Dengan pemberian pakan yang tepat serta seimbang maka Burung Parkit Anda akan tumbuh dengan baik serta terhindar dari berbagai permasalahan kesehatan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.


5 views0 comments