10 Pakan Burung Kenari Agar Ceriwis (Rahasia Para Master Burung)


foto oleh pixabay


Pakan burung kenari yang bagus harus mengandung gizi yang cukup agar warna bulunya bagus dan suaranya gacor. Para master merekomendasikan bahan alami, seperti telur puyuh, kroto, biji-bijian, daun mengkudu, apel, dan sayur-sayuran yang lain.


Manfaat Pakan Burung Kenari yang Berkualitas

Memilih pakan burung kenari yang berkualitas merupakan salah satu cara merawat burung agar cantik, bersuara gacor, dan berbulu cerah. Itulah mengapa Anda tidak boleh sembarangan memilih pakan.

Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang mudah beradaptasi. Sehingga untuk perawatannya pun relatif lebih mudah dan murah dibanding dengan burung jenis lain.

Hanya saja, pakannya harus benar-benar diperhatikan. Di alam bebas, burung kenari biasanya memakan biji-bijian yang mengandung protein. Maka saat merawatnya, perlakukan dia selayaknya di alam bebas.

Berikan burung kenari makanan yang selang-seling agar dia merasa betah dan tidak stres. Karena jika burung kenari sudah stres, suara dan warna bulunya tidak akan cantik lagi.


Jenis Pakan Burung Kenari Biar Cepat Gacor dan Membuat Bulu Cerah


1. Kroto

Kroto kaya akan protein yang dibutuhkan oleh burung kenari. Tetapi kroto semakin langka di toko pakan burung. Jika memang di wilayah Anda sudah mendapatkan kroto, Anda masih bisa menggantinya dengan pakan lain.


2. Daun Ginseng

Tidak hanya bagus untuk pengobatan manusia, daun ginseng juga sangat efektif sebagai pakan burung kenari saat mabung. Karena daun ginseng mampu memperlancar peredaran darah, menjaga berat badan tubuh, dan menjaga kekebalan tubuh.


3. Apel

Salah satu jenis makanan lokal yang bisa didapatkan burung kenari di alam liar maupun di sarang. Burung kenari sangat menyukai buah yang terasa manis untuk menjaga kebugaran tubuhnya.


4. Jagung Muda

Jagung kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk menjaga kebugaran dan kekuatan burung kenari. Jika Anda memperlombakan burung kenari, jangan pernah melewatkan jagung muda (khususnya jagung muda yang berukuran kecil).


5. Telur Puyuh

Anda tak perlu memberinya telur puyuh setiap hari, karena sifatnya yang hanya pakan tambahan. Anda bisa memberinya telur puyuh ketika sedang persiapan sebelum perlombaan atau untuk masa pemulihan.


6. Daun Mengkudu

Daun mengkudu juga merupakan salah satu pakan burung kenari tambahan yang sangat direkomendasikan. Karena khasiatnya yang bisa membersihkan saluran pernafasan dari kuman dan kotoran.


7. Biji Fumayin

Pada dasarnya biji fumayin berfungsi untuk membuat suara burung kenari semakin gacor dan nyaring. Tetapi karena bersifat aditif, maka peredarannya pun dibatasi. Jika Anda sulit mendapatkan pakan yang satu ini, Anda bisa menggantinya dengan pakan lain yang berfungsi untuk membuat gacor.


8. Milet Putih

Salah satu pakan burung kenari untuk gacor adalah milet putih. Jika biji fumayin terlalu langka, coba ganti dengan milet putih yang lebih mudah didapat di toko-toko pakan burung.


9. Selada

Kandungan selada yang kaya akan antioksidan dapat membantu burung kenari Anda aman dari radikal bebas yang menyebabkan warna bulunya kusam. Berikan selada sebagai pakan selingan.


10. Ulat Hongkong

Karena formula untuk membuat burung kenari betah dan bahagia adalah pemberian pakan yang selang-seling, maka berilah ulat hongkong untuk selingan. Selain harganya yang murah, serangga satu ini ternyata bisa meningkatkan stamina burung kenari. Sangat cocok untuk burung yang akan bertanding.


Pakan burung kenari memang mempengaruhi performa burung kenari, baik tampilan bulu maupun suaranya. Untuk memudahkan Anda, sebaiknya buatlah jadwal mingguan tentang pakan apa saja yang akan Anda berikan. Dijamin burung kenari Anda akan tampil memukau saat pertandingan.


Baca juga : Keistimewaan Burung sebagai Hewan Peliharaan
18 views0 comments