Tak Banyak Diketahui! Inilah Kambing Boerka, Kambing Pedaging Berkualitas Tinggi!


foto oleh kambingboer.com


Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada beragam jenis kambing yang bisa dijadikan sebagai hewan ternak yang menghasilkan keuntungan besar salah satunya yaitu kambing boerka. Bagi masyarakat awam, kambing jenis ini memang masih terdengar cukup asing karena di Indonesia sendiri budidaya kambing tersebut masih sedikit dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.


Lalu Apa Itu Kambing Boerka?

Dikarenakan masih banyak orang yang belum tahu tentang jenis kambing satu ini maka pada ulasan kali kita akan membahas tentang apa itu kambing boerka. Nah, kambing boerka sendiri merupakan salah satu jenis kambing hasil persilangan antara kambing boer dengan kambing kacang (kambing lokal). Persilangan kedua jenis kambing tersebut diakukan oleh tim inventor dari Loka Penelitian Kambing Potong, Puslitbangnak, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

Kambing boer berasal dari Afrika Selatan yang mana sudah terkenal akan keunggulannya yaitu sebagai kambing pedaging. Selain itu, kambing boer juga dipilih karena memiliki potensi pertumbuhan tinggi serta bobot hidup yang tinggi juga. Sementara kambing kacang merupakan kambing potong lokal yang memiliki reproduksi bagus, mudah beradaptasi dan banyak dipelihara oleh para petani Indonesia. Persilangan yang dilakukan tersebut dinilai sukses karena menghasilkan kambing boerka yang memiliki potensi sebagai pedaging unggul serta bibit unggulan dimasa yang akan datang.


Ciri Fisik Kambing Boerka

Kambing boerka umumnya memiliki warna bulu cokelat atau hitam pada bagian kepala hingga leher. Sementara pada bagian badan sampai kaki memiliki warna dominan putih. Bobot lahir boerka bisa mencapai 1,6 kg sampai 1,8 kg dimana bobot sapih boerka antara 10 kg hingga 12 kg. Dibandingkan dengan kambing lokal tentu saja kambing boerka ini lebih besar dan lebih tinggi dimana bobotnya sendiri bisa mencapai 36 kg per ekor.


Keunggulan Kambing Boerka

Kambing boerka memiliki banyak sekali keunggulan. Dari keunggulan inilah membuat Kementerian Pertanian berencana merilis kambing boerka sebagai solusi meningkatkan ekonomi rakyat dan memenuhi swasembada daging di Indonesia. Lalu, apa saja sebenarnya keunggulan dari kambing boerka ini? Berikut beberapa diantaranya:

· Kambing Boerka Memiliki Pertumbuhan Yang Cepat

Berat lahir dari kambing boerka bisa mencapai 2 kg dengan berat sapi bisa mencapai 22 kg. Selain itu, setelah umurnya 12 bulan kambing boerka jantan bisa mencapai bobot hidup hingga 36 kg yang mana tentu saja menunjukan bahwa kambing ini memiliki pertumbuhan yang cukup cepat. Pertumbuhan cepat ini diturunkan dari kambing boer.


· Reproduksi Kambing Boerka Cukup Tinggi

Kambing boerka betina bisa melahirkan anak 3 kali dalam kurun waktu 2 tahun dengan jumlah anak yang dilahirkan bisa mencapai 2 ekor. Keunggulan ini dimiliki oleh kambing kacang/lokal.


· Bisa Dipelihara Dengan Input Yang Sedang

Keunggulan kambing boerka selanjutnya yaitu bisa dipelihara dengan input yang sedang. Kambing boerka merupakan salah satu jenis kambing yang mampu beradaptasi dengan kondisi tropis daerah dataran rendah.


· Perawatan Mudah

Terakhir, kambing boerka juga mudah dipelihara. Pemberian pakan yang sesuai dengan memperhatikan kondisi dan umur bisa membantu memperpanjang usia dari kambing tersebut. Selain itu, tidak ada pakan khusus yang harus diberikan sehingga anda tidak akan kesulitan mencarinya. Hanya saja, pastikan anda memperhatikan asupan nutrisinya dan rutin memberikannya minum.


Nah itulah sekilas tentang kambing boerka yang merupakan kambing pedaging berkualitas tinggi. Dari ulasan diatas tentu bisa diambil kesimpulan bahwa kambing ini memiliki potensi cukup tinggi untuk menambah pendapatan anda di masa pandemi ini jika dibudidayakan dengan baik dan tepat.

2 views0 comments