5 Manfaat Karpet Untuk Ternak Sapi


foto oleh unsplash


Bagi para peternak sapi, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk merawat sapi dengan baik. Salah satunya adalah penggunaan karpet di kandang yang ternyata memiliki banyak manfaat. Banyak sekali yang belum mengetahui manfaat karpet untuk ternak sapi.

Hal ini terjadi karena memang tidak semua peternak sapi menempatkan hewan ternaknya di kandang dengan alas beton. Masih banyak yang membuat kandang dengan alas rumput sehingga tidak memerlukan alas karpet lagi. Secara sederhana penggunaan karpet ini efektif untuk pola budidaya kereman (feeder cattle) pada kandang beralaskan beton. Penggunaan karpet merupakan salah satu kunci manajemen kandang yang baik.


Berikut ini manfaat dari karpet yang digunakan sebagai alas di kandang sapi.


1. Mudah Dibersihkan

Jika dirinci kembali, untuk bisa menyediakan karpet pada kandang sapi tentu akan memakan banyak biaya. Sebab, harga karpet sapi per meter tidaklah murah. Apalagi jika memiliki peternakan yang luas sehingga membutuhkan lebih banyak anggaran biaya.

Akan tetapi jika melihat salah satu manfaatnya tidak akan rugi mengeluarkan budget tambahan. Dengan menggunakan karpet yang terbuat dari karet padat membuat kandang menjadi lebih mudah dibersihkan. Hal ini dapat meminimalisir adanya bakteri dari kotoran sapi yang tidak terbuang.


2. Lebih Hangat

Agar kondisi sapi tetap terjaga saat malam hari maka kondisi kandang pun harus tetap hangat. Maka dari itu, penggunaan karpet akan sangat membantu agar sapi tidak kedinginan di malam hari. Apalagi ketika mulai memasuki musim hujan yang membuat suhu udara menurun drastis. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko sapi menjadi sakit.


3. Permukaan Lantai Tidak Licin

Apabila menggunakan alas beton, permukaannya akan menjadi lebih licin ketika basah. Hal tersebut dapat sangat berbahaya untuk sapi karena rentan tergelincir. Penggunaan karpet karet sapi akan membuat alas kandang tidak licin meskipun dalam keadaan basah.


4. Mengurangi Genangan Air pada Kandang

Kandang sapi harus selalu berada pada keadaan bersih dan lembab. Jangan sampai terdapat genangan air karena dapat membuat lantai menjadi licin. Selain itu juga membuat lantai mudah berjamur dan memberikan dampak buruk pada sapi.

Biasanya, setelah kandang dibersihkan permukaan lantainya menjadi basah. Hal ini kurang bagus untuk sapi dan membuat tidak nyaman. Maka dari itu, gunakan karpet sapi yang memiliki daya serap tinggi. Adanya karpet yang bertekstur mirip karet ini dapat membuat kandang menjadi kering. Sebab, karpet dapat menyerap air dengan sangat baik sehingga tidak ada genangan air yang tertinggal pada permukaan lantai.

Dengan demikian, keadaan kandang pun menjadi lebih sehat karena kelembabannya terjaga dan tidak terlalu basah. Jadi hewan ternak dapat istirahat dengan nyaman di dalam kandang.


5. Sapi Lebih Mudah Beradaptasi

Sapi lebih nyaman berada pada rerumputan karena lebih empuk. Oleh karena itu, adanya karpet yang nyaman membuat sapi dapat beradaptasi dengan sangat baik.

Penggunaan beton untuk alas kandang sapi tidak direkomendasikan. Sebab, dapat menyebabkan luka pada kuku, kaki dan lutut sapi terutama ketika tidur. Adanya luka ini akan sangat berbahaya karena bisa terinfeksi bakteri dari kotorannya. Jika dibiarkan luka yang sudah terinfeksi itu dapat bernanah dan sapi mulai kehilangan nafsu makan.

Permukaan karpet yang lembut dari karpet karet akan membuat sapi berpijak dengan lebih nyaman. Kondisi ini terjadi karena alas kandang menjadi lembut dan empuk seperti rerumputan.

Untuk pemilihan ukuran karpet sapi dapat disesuaikan dengan ukuran kandang. Sebaiknya memilih karpet yang terbuat dari bahan karet karena lebih padat dan halus.

Demikian beberapa manfaat dari karpet untuk ternak sapi. Tidak hanya ternak sapi, hewan ternak lainnya seperti kambing, kuda juga membutuhkan karpet. Jadi, hewan ternak merasa nyaman dan tidak stres meskipun jarang dikeluarkan dari kandang.


Selain manajemen kandang yang baik, Anda juga perlu memperhatikan pengelolaan pakan yang baik. Simak tips pembuatan silase berikut untuk mendapatkan pakan yang berkualitas dengan harga hemat:

Cara Membuat Silase dengan Benar dan Tepat (Ternak Ruminansia)