Kenali Tanda Kucing Keracunan agar Bisa Segera Memberi Pertolongan

Updated: Jul 25, 2020



Keracunan bukanlah hal yang langka bagi peliharaan kesayangan kita ini. Mengenali tanda kucing keracunan sangatlah penting bagi pecinta binatang berbulu ini. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memberikan tindakan pertolongan secepatnya agar keadaan tak makin parah. Penanganan yang cepat dan tepat juga bisa membantu menyelamatkan nyawa si kucing sebelum gejalanya makin memburuk dan berujung kematian.

Kucing memang memiliki kebiasaan unik untuk menjilati bulunya agar bisa menjaga kebersihan diri. Kebiasaan baik ini terkadang bisa membawa malapetaka jika kucing kerap bersentuhan dengan tempat kotor yang rawan kuman dan bakteri, hingga memicu gejala keracunan.


Baca juga : Sayang Kucing? Waspadai Bahan-Bahan Berbahaya bagi Kucing Berikut Ini

Keracunan pada kucing juga bisa disebabkan oleh makanan. Entah salah makan atau memakan sesuatu yang mengandung racun, insektisida, dan lainnya. Apapun penyebab utamanya, kenalilah gejala yang ditunjukkan kucing untuk segera memberinya penanganan tepat. Setidaknya, beberapa gejala berikut mengindikasikan kucing tengah mengalami keracunan.


Gejala Umum Kucing yang Mengalami Keracunan

Secara umum, tanda kucing keracunan bisa dilihat dari perangainya yang mendadak berubah jadi tak begitu aktif lagi. Hal tersebut dipicu karena kondisi tubuhnya yang memang tengah melemah. Di kondisi ini kucing cenderung mengalami dehidrasi dan malas menyentuh makanan. Selain itu, ada beberapa gejala umum lainnya seperti:

1. Muntah

Gejala ini juga kerap muncul saat kucing keracunan. Seperti pada kasus manusia, tubuh akan secara otomatis menolak makanan atau minuman yang tak seharusnya dikonsumsi. Ini merupakan perlindungan diri yang berlangsung secara alami.

2. Susah Bernafas

Keracunan tak hanya disebabkan makanan dan minuman, tapi bisa pula berasal dari udara. Misalnya ketika menyemprotkan pestisida, obat nyamuk, atau lainnya. Gejala keracunan biasanya bisa ditengarai dari kesulitan bernafas yang tengah dirasakan.


Gejala Khusus yang Perlu Disadari Pemilik Kucing Peliharaan

Selain tanda kucing keracunan yang bisa dilihat dari gejala umum di atas, Anda bisa memperhatikan lebih jeli lagi beberapa gejala khusus yang ditampakkan. Ciri-ciri kucing keracunan ini tak begitu banyak dipertimbangkan karena tak terlalu kelihatan secara kesat mata. Walaupun begitu, gejala-gejala ini sebaiknya diperhatikan

1. Sering Buang Air Kecil

Usaha tubuh untuk membersihkan diri dari racun kerap kali membuat kucing lebih sering buang air kecil. Jika dilihat, urin yang dihasilkan umumnya akan memiliki ciri warna dan tekstur yang lebih pekat dibanding urin pada umumnya.

2. Badan Menggigil

Layaknya manusia, kucing pun bisa menggigil. Bukan karena kedinginan, namun karena hampir seluruh cadangan energi di tubuhnya dimaksimalkan untuk melawan kuman maupun racun yang masuk ke tubuh kucing.

3. Liur Keluar Lebih Banyak

Kucing sehat cenderung tak mengeluarkan banyak liur. Jika kucing Anda mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasa, tandanya ia tengah keracunan makanan.

4. Gusi dan Lidah Kebiruan

Biasanya ciri kucing keracunan ini muncul seiring demam dan tubuh yang menggigil. Jika sudah sampai di tahap ini artinya oksigen sudah tak lagi bisa dialirkan dengan lancar. Segeralah mencari pertolongan medis untuk menyelamatkan hewan peliharaan Anda ini.

5. Stres

Jika memang mengenali kucing Anda dengan baik, Anda pasti akan mudah mengamati perubahan polah tingkahnya. Kecenderungan perubahan untuk lebih banyak menyendiri, suka tidur, tak mau diajak bermain, dan lebih sensitif saat disentuh bisa saja mengindikasikan keracunan.


Gejala-gejala tersebut masuk kategori parah ketika kucing mulai kejang-kejang dan pingsan. Agar tak sampai merengut nyawa, segera lakukan penanganan kurang dari 4 jam. Segera bawalah kucing kesayangan ke dokter hewan terdekat. Share informasi penting ini ke akun sosial media Anda untuk menyelamatkan banyak nyawa dan mengenali tanda kucing keracunan.


925 views0 comments