Kenalan Yuk, Dengan Si Hitam Bermata Emas Kucing Bombay


foto oleh aspcapetinsurance.com


Ada berbagai macam ras kucing yang bisa kita temukan saat ini salah satunya yaitu kucing bombay. Kucing jenis ini dikenal sebagai kucing paling hitam diantara jenis kucing yang ditemukan. Semakin dewasa, bulu dari kucing tersebut akan semakin hitam hingga keakarnya, berbulu pendek, lebat dan semakin mengkilap. Sangat unik bukan? Selain memiliki bulu yang mengkilap, kucing bombay juga memiliki warna mata kuning keemasan yang menambah daya tariknya.


Asal Usul Kucing Bombay

Sebagian dari anda pastinya masih merasa asing bukan dengan kucing jenis ini? Kucing bombay merupakan kucing cantik hasil persilangan dari peternak serta exhibitor kucing veteran, Nikki Horner. Kucing ini hasil persilangan antara kucing American Shorthair berbulu hitam dengan kucing Burma.

Jika dilihat dari penampilannya, kucing ini terlihat sangat mirip dengan kucing burma. Namun, kucing ini lebih besar serta tidak sepadat burma. Kepala bombay berbentuk bulat dengan moncongnya yang pendek. Dikarenakan jenis kucing ini hasil persilangan dua ras yang berbeda, seringkali sulit sekali untuk menghasilkan kucing yang berkualitas. Kucing ini dilabeli sebagai kucing pameran namun kebanyakan memang dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Walaupun sekilas kucing ini terlihat lebih kecil, namun perlu anda tahu bahwa kucing bombay merupakan yang berotot dan sangat berat. Saat anda memelihara hewan ini anda akan kaget dengan beratnya yang bisa mencapai bobot standar mulai dari 2,7 kg hingga 5 kg serta bisa bertahan hidup selama 12 tahun lebih.


Karakteristik Kucing Bombay

Kucing bombay memiliki sifat baik dari kedua induknya. Mereka sangat aktif dan menyukai perhatian sehingga tidak heran jika dia lebih senang berada dipangkuan pemiliknya. Jika anda sedang mencari kucing penyayang tentu saja bombay bisa menjadi pilihan terbaik.

Selain itu, kucing ini juga memiliki sifat mudah beradaptasi sehingga mereka akan bersikap baik pada siapa saja termasuk musuh besarnya yaitu anjing. Bombay sangat menyukai tempat hangat sehingga anda harus menyediakan tempat hangat untuk beristirahat dan tidur.

Kucing bombay memiliki bulu yang pendek sehingga mudah sekali dirawat, anda juga tidak perlu memandikannya terlalu sering cukup seminggu sekali saja. Selain dikenal sebagai kucing yang aktif, bombay juga merupakan kucing cerdas dan mudah dilatih. Anda bisa bermain dengan kucing ini karena memang kucing ini sangat senang bermain.


Cara Merawat Kucing Bombay

Kucing bombay merupakan ras kucing yang sangat kalem dengan bulunya yang pendek. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam merawatnya. Seperti telah disebutkan diatas, anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering memandikannya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kucing bombay memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap air.

Lalu, bagaimana untuk makanannya? Untuk makanannya sendiri sebenarnya kucing ini tidak memiliki persyaratan khusus soal makanan. Sama halnya ketika merawat kucing lainnya, anda disarankan untuk menyiapkan makanan basah dan kering dengan kualitas tinggi. Anda juga perlu mengontrol asupan makanannya jangan sampai kucing anda mengalami obesitas.

Kucing bombay juga termasuk kedalam kucing sehat. Hanya saja, ada beberapa penyakit yang sering menyerangnya seperti radang gusi, obesitas hinga masalah sinus dan pilek.

Nah itulah sekilas tentang kucing bombay. Unik bukan? Selain menggemaskan, kucing ini juga sangat pas dijadikan sebagai teman setia. Sifatnya yang penyayang sekaligus manja tentu akan membuat anda tidak sabar untuk memilikinya segera.


Share ya supaya lebih banyak yang tahu tentang kucing unik ini!

77 views0 comments