Pesona Kucing Exotic Short Hair


foto oleh unsplash


Kucing memanglah salah satu jenis peliharaan yang paling banyak digemari. Selain karena hewan ini jinak, kucing juga sangat lucu dan menggemaskan.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis atau ras kucing yang ada di dunia. Kali ini, mimin akan membahas salah satunya yakni Kucing Exotic Short Hair.

Kucing Exotic Short Hair ini memiliki banyak sekali kemiripan dengan kucing Persia. Hanya, saja dengan versi bulu yang lebih pendek. Hal ini tentu saja sangat cocok bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk mengurus kucing yang memiliki bulu yang panjang. Kucing bulu pendek ini mungkin cocok bagi Anda yang punya alergi namun ingin memiliki anabul.


Sejarah

Sejarah Kucing Exotic Short Hair ini mungkin pertama kali dimulai pada tahun 1950. Di mana terjadi perkawinan silang antara Kucing Persia dengan Kucing American Shorthair yang akhirnya menciptakan Kucing Exotic Short Hair ini.

Seiring dengan perkembangan waktu, Kucing Exotic Short Hair ini memiliki warna yang semakin beragam. Pada tahun 1966, Kucing Exotic Short Hair ini akhirnya diakui oleh Cat Fanciers Associaion (CFA) untuk pertama kalinya.

Di Indonesia sendiri, ras Kucing Exotic Short Hair ini pertama kali mulai dikenal sekitar tahun 2004. Kucing Exotic Short Hair juga semakin populer di Indonesia sejak adanya film kartun Garfiled di mana Garfield sendiri merupakan ras Kucing Exotic Short Hair.


Ciri-Ciri Kucing Exotic Short Hair

Ada beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh Kucing Exotic Short Hair yang membuatnya beda dari yang lain, di antaranya adalah :

1. Kucing Exotic Short Hair ini cenderung lebih malas dan pasif (mirip Garfield kan) serta lebih manja dibandingkan dengan Kucing Persia.

2. Memiliki mata bulat sempurna.

3. Memiliki tubuh yang cenderung gempal dan bulat.

4. Merupakan salah satu jenis kucing yang “mellow” dan mudah tersinggung.

5. Memiliki angka harapan hidup sampai dengan 15 tahun.

6. Memiliki hidung yang pesek, dahi lebar serta bulu yang pendek.

7. Memiliki ukuran kaki serta leher yang cukup pendek.

8. Kucing Exotic Short Hair ini memiliki berat rata-rata 4 hingga 6 kg untuk ukuran dewasanya.

9. Memiliki wajah yang cenderung lebih rata serta terdapat pola cincin pada wajahnya.

10. Ada beberapa varian warna mata yang biasanya dimiliki oleh Kucing Exotic Short Hair yakni biru, kuning, emas, dan silver

11. Memiliki warna garis (stripped) yang sangat jelas. Ada juga yang memiliki warna garis dengan pola special.


Bagaimana Cara Merawatnya?

Secara umum, perawatan Kucing Exotic Short Hair tidak jauh berbeda dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Anda harus memberinya makan yang seimbang serta teratur. Ada banyak sekali makanan kemasan yang dijual untuk kucing ini.

Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan perawatan pada Kucing Exotic Short Hair ini. Seperti memandikannya dengan sampo atau sabun khusus serta menyisir bulunya. Karena memiliki bulu yang jauh lebih pendek dibandingkan kucing Persia, tentu saja perawatan bulunya juga akan lebih mudah.

Anda juga harus menyiapkan kandang yang nyaman ditempati oleh Kucing Exotic Short Hair ini. Memberikannya vitamin sesekali juga bisa menjadi salah satu langkah yang baik untuk menjaga kesehatan kucing tersebut.

Jika Kucing Exotic Short Hair yang Anda miliki sakit atau menunjukkan gejala penyakit tertentu ada baiknya Anda segera membawanya ke dokter hewan terdekat agar bisa mendapat perawatan lebih lanjut. Salah satu hal yang paling penting untuk perawatan si meong adalah rutin melakukan vaksinasi. Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan.


Nah itulah info tentang kucing unik yang imut ini. Share ya!


Baca juga : Tentang Kucing Spinx, Si Kucing Tanpa Bulu!
16 views0 comments