Kenali Ciri-Ciri, Jenis Dan Cara Mengatasi Jamur Pada Kucing


foto oleh unsplash


Siapa sih yang tidak menyukai hewan berbulu satu ini? Selain menggemaskan dan tingkahnya yang aktif, kucing memang menjadi salah satu hewan yang hampir disukai banyak orang. Dikarenakan sifatnya yang ingin dimanja dan akrab dengan manusia, tidak heran kucing sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Fenomena memelihara kucing kini memang menjadi hal yang tidak asing lagi. Saat ini banyak sekali jenis kucing yang bisa dipelihara mulai dari kucing persia, kucing ragdoll, kucing maine coons, kucing siamese, kucing sphynx hingga masih banyak lagi.

Berbicara tentang memelihara kucing, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dan selalu diingat oleh anda. Ketika anda memelihara kucing otomatis anda akan bertanggung jawab atas kelangsungan hidupnya entah itu saat memberikannya makan, saat sehat ataupun sakit. Sama halnya seperti manusia, kucing juga bisa terserang penyakit salah satunya seperti kucing jamuran. Sebagai pemilik sudah pasti anda perlu mengenali ciri-ciri kucing terserang jamur, jenis jamur pada kucing dan yang paling penting bagaimana cara mengatasi jamur pada kucing. Nah, jika anda belum mengetahui hal-hal tersebut. Simak penjelasannya berikut ini!


Pertama, Kenali Ciri-Ciri Kucing Terkena Jamur

Seringkali banyak sekali para pemilik kucing yang kurang menyadari kondisi dari hewan peliharaannya. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi kepada anda, sebaiknya anda harus selalu memperhatikan kondisi peliharaan anda seperti ketika terjadi perubahan pada fisiknya. Berikut ini ciri kucing terkena jamur yang perlu anda ketahui:

· Bulu kucing mengalami rontok yang tidak wajar.

· Kucing lebih sering menggaruk-garuk badannya daripada menjilatinya.

· Muncul ruam dengan ditandai kulit memerah dan terdapat area tubuh yang botak atau tanpa bulu.

· Muncul bau tidak sedap pada bagian tubuh yang ruam.

· Kuku gampang patah.

· Kehilangan selera makan.

Nah itulah ciri-ciri kucing terkena jamur. Ciri diatas pastinya mudah sekali untuk anda kenali terlebih lagi jika anda telah mengetahui karaketer hewan peliharaan anda.


Lalu, Jenis Jamur Apa Saja Yang Selalu Menyerang Kucing?

Setelah anda mengetahui ciri-ciri dari kucing terkena penyakit kulit karena adanya jamur yang menempel pada bagian kulitnya. Sudah pasti anda penasaran bukan, jenis jamur apa saja sih yang selalu menyerang kucing? Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Jamur Ringworm, Jamur ini biasanya menyerang kucing yang berusia dibawah 1 tahun. Gejala yang tampak yaitu munculnya lesi berbetuk bulat pada area kulit bagian kepala atau telinga.

2. Ketombe, umumnya disebabkan karena kulit kucing mengelupas dan kering.

3. Yeast, infeksi jamu yang umumnya terjadi pada bagian telinga. Biasanya telinga kucingakan terlihat kemerahan serta keluar cairan hitam.

4. Jamur eosinophilic granuloma dimana umumnya akan menyerang bagian wajah kucing.

Kucing Anda Terkena Jamur? Simak Tips Cara Mengatasi Jamur Pada Kucing Berikut Ini!

Bagi anda yang saat ini kucingnya terkena penyakit kulita yang disebabkan oleh jamur, pasti cukup kebingungan bagaimana cara mengatasinya. Nah, daripada bingung berikut ini cara mengatasi jamur pada kucing yang sebaiknya diketahui:

1. Karantina Kucing

Mengkarantina kucing yang terkena jamur merupakan cara paling efektif yang perlu dilakukan. Jika anda memiliki kucing lebih dari satu maka sebaiknya pisahkan kucing yang terkena jamur tersebut dengan kucing yang sehat. Selain agar tidak menular, mengkarantina kucing juga menjadi cara agar kucing anda bisa sembuh lebih cepat. Jika tidak sanggup mengkarantinanya, anda bisa juga menitipkan kucing tersebut ke petshop atau dokter hewan terdekat untuk dapat dirawat dan diobati.

2. Jangan Biarkan Bulunya Basah

Agar jamur yang ada tubuhnya tidak meradang, sebaiknya ketika anda selesai memandikan kucing dengan shampo anti jamur usahakan jangan lupa untuk mengeringkan badannya. Hal ini penting dan harus diperhatikan.

3. Selalu Menjaga Kebersihan Peralatan Serta Kandang

Lingkungan yang tidak diperhatikan kebersihannya rentan adanya jamur. Jadi dengan begitu usahakan seringlah membersihkan peralatanan serta kandang kucing agar tidak dihinggapi jamur. Paling penting juga hindari menempatkan kandang di tempat yang lembab.

4. Kunjungan ke Dokter Hewan

Jika anda kurang pede untuk dapat mengatasi permasalahan jamur ini, ada baiknya membawa si meong ke dokter hewan terpercaya. Dokter hewan dapat memberikan obat anti jamur yang tentunya sudah teruji dapat mengatasi permasalahan ini.


Nah itulah sekilas tentang cara mengatasi jamur pada kucing yang sebaiknya selalu anda perhatikan. Kucing yang terkena jamur kulit memang cukup sulit disembuhkan hanya saja jika anda teliti dan sabar dalam merawatnya, kucing anda akan cepat sembuh. Share ya supaya lebih banyak yang care dengan permasalahan ini.


Baca juga : Kucing Anda Flu? Coba 5 Cara Mengatasi Flu pada Kucing Ini
15 views0 comments