Mengenal Asal Usul Hingga Karakter Si Kecil Menggemaskan Kucing Burma


foto oleh unsplash


Memelihara kucing memang menjadi trend dari dulu bahkan hingga saat ini. Ada banyak sekali jenis kucing yang kini banyak dipelihara. Setiap pecinta kucing sudah pasti memiliki kriteria masing-masing terhadap hewan yang akan dipeliharanya. Anda menyukai kucing dengan mata besar dan ekspresif seperti kucing persia, namun anda tidak ingin ribet merawat bulunya? Maka kucing tepat yang bisa anda pelihara yaitu kucing burma.


Asal Usul Kucing Burma

Burmese atau kucing burma merupakan salah satu jenis kucing hybrid yang memiliki bentuk, penampilan serta corak yang cukup unik. Kucing jenis ini pernah populer di Amerika Serikat tepatnya pada pertengahan abad ke 20 yang dikenal dengan varian bulunya. Kadang ada juga yang menyebutnya sebagai kucing birma.

Seusai dengan namanya kucing ini berasal dari Burma Myanmar. Pada awal tahun 1930, seseorang dari San Francisco bermana Dr. Joseph Thompson mengimpor seekor kucing betina berwarna cokelat dari Burma yang bernama Wong Mau. Pada saat itu, di Amerika, tidak ada ras kucing yang sama dengan Wong Mau. Dikarenakan ras tersebut sangatlah langka, maka akhirnya Wong Mau disilangkan dengan ras siam.

Dari persilangan tersebut lahirlah anak kucing ras baru yang memiliki karakteristik sama seperti kucing ras siam. Hal ini menunjukkan bahwa Wong Mau merupakan ras tonklin bukan ras burma. Hal ini dikarenakan jika Wong Mau merupakan ras burma maka semua anak-anak dari hasil persilangan harus ras tonkin dengan pola warna minx. Pada saat itu, Wong Mau dikenal sebagai ras tonkin pertama.

Setelah itu, ras kucing dengan pola minx dipersilangkan lagi dengan pola minx juga. Akhirnya dari beberapa hasil persilangan tersebut menghasilkan anak kucing dengan tiga warna berbeda serta stabil. Kucing burma telah populer di Amerika sejak tahun 1936 dan tepat pada tahun 1947, burma pertama kali diakui oleh CFA (cat fancier association). Kini kucing ras ini telah banyak dipelihara oleh beberapa pecinta kucing Indonesia.


Ciri Fisik Kucing Burma

Terlepas dari sejarah panjang asal usul dari kucing manis satu ini, kucing burma juga memiliki ciri fisik yang cukup berbeda dan mudah dikenali. Secara keseluruhan, kucing ini memiliki bentul tubuh yang bulat mulai dari kepala hingga badan. Seluruh tubuhnya diselimuti oleh bulu berukuran pendek serta mengkilap.

Uniknya, kucing burma ini juga memiliki mata berwarna kuning keemasan seperti kucing bombay. Burma juga mempunyai ukuran tubuh yang sedang dengan rata-rata bobotnya yaitu sekitar 5,4 kg untuk jantan serta untuk betina sekitar 3,8 kg.

Kucing burma merupakan hewan hybrid yang memiliki beberapa varian warna seperti coklat, platinum, merah, cinnamon, platinum dan masih banyak lagi. Namun umumnya, kucing burma memiliki warna kecoklatan yang merupakan warna asli dari kucing tersebut.


Lalu, Bagaimana Karakter Dari Kucing Burma?

Sama halnya dengan kucing pada umumnya, kucing burma memiliki perilaku yang aktif, memiliki rasa ingin tahu lebih tinggi dan juga mudah sekali beradaptasi. Namun, jika usianya lebih dewasa, kucing ini akan lebih tenang serta suka memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Meskipun bukan hewan arboreal, kucing ini juga merupakan pemanjat serta pelompat handal sehingga tidak heran jika Burma senang bertengger di atas pohon sembari mengamati area sekitar. Selain aktif, kucing ini juga sangat cerdas dan selalu ingin diperhatikan sehingga tidak heran jika mereka selalu mengajak majikannya bermain.

Nah itulah sekilas tentang kucing burma yang sebaiknya anda ketahui sebelum memutuskan untuk memelihara hewan bulu menggemaskan ini. Tidak seperti kucing ras lainnya, merawat kucing burma juga bisa dikatakan cukup mudah dan simpel. Anda hanya cukup menyikat bulunya secara teratur setiap minggu, membersihkan telinga hingga memotong kukunya. Jika anda kesulitan, bawa saja ke pet groomer terdekat untuk mendapatkan perawatan yang baik. Untuk Anda yang bertempat tinggal di Gresik dan sekitarnya, Anda dapat membawanya ke kawan-hewan petshop.

Selain itu, perhatikan juga pemberian makannya jangan sembarangan dan selalu memperhatikan kebersihan kandangnya. Jangan lupa juga berikan vaksin untuk mendapatkan ketahanan tubuh yang lebih baik.

Baca juga : Manfaat Pemberian Vaksin Kucing yang Perlu Anda Ketahui
4 views0 comments