• admin

Inilah Fakta Menarik Seputar Kucing Caracal! Kucing dengan Predikat terindah.


foto oleh unsplash


Saat ini pecinta kucing di Indonesia khususnya memang semakin banyak. Ya, banyak sekali orang yang memelihara hewan menggemaskan yang satu ini. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang memelihara kucing, tentu tidak mengherankan bahwa kini ada berbagai jenis kucing yang bisa ditemukan. Salah satu jenis kucing yang memang selalu menjadi pusat perhatian para pecintanya yaitu kucing caracal. Kucing yang satu ini disebut sebagai kucing terindah di dunia dan memiliki harga yang terbilang sangat mahal.


Asal Mula Kucing Caracal

Sebenarnya, Caracal merupakan kucing liar yang bisa anda temukan di negara Afrika, Timur Tengah, Pakistan dan India. Kucing ini juga cukup terkenal sebagai Lynx Persia atau Lynx Mesir. Habibat asli dari hewan yang satu ini yaitu wilayah sabana di semi-gurun ataupun padang rumput. Caracal sering digadang-gadang sebagai kucing terindah di dunia. Jika kucing jenis lain yang anda temukan terkesan imut dan menggemaskan. Tampilan kucing satu ini memang lebih ramping dan anggun dengan postur berotot serta tangguh.

Selain disebut sebagai kucing terindah di dunia, Caracal juga mendapat julukan sebagai kucing tercepat dan terberat dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Keindahan kucing yang satu ini salah satunya berasal dari telinganya yang hampir mirip dengan antena. Keunikkan dari telinganya ini juga yang membuat kucing tersebut dinamakan “Caracal”.

Dalam bahasa Turki, Caracal berasal dari kata karakulak yang berarti telinga hitam. Hal ini tentu saja sesuai dengan kucing tersebut yang memiliki telinga warna hitam. Pada bagian telinganya terdapat 29 otot yang berbeda.

Normalnya, Caracal bisa bertahan hidup hingga ± 12 tahun. Jika dipelihara dengan baik dan diperhatikan kesehatannya tentu saja kucing ini bisa bertahan 7 tahun lebih lama. Untuk perkembangbiakannya sendiri, kucing jenis ini memang hampir sama dengan jenis lainnya yaitu melahirkan setelah 2 hingga 3 bulan.

Dikarenakan keunikannya, Caracal memang banyak digandrungi oleh para pecinta kucing. Saat ini memang banyak sekali orang yang memelihara hewan satu ini. Namun untuk satu ekor saja anda harus mengeluarkan budget yang pastinya sangat fantastis. Kabarnya satu ekor Caracal di banderol dengan harga diatas Rp. 50 juta.


Fakta Menarik Seputar Kucing Caracal

Caracal merupakan kucing yang banyak tersebar di Asia serta Afrika. Hewan yang satu ini juga tentu bisa menjadi hewan peliharaan. Hanya saja untuk di Indonesia, memang masih cukup jarang dipelihara. Nah, bagi anda yang tertarik untuk memelihara kucing terindah di dunia ini, pastinya tentunya ketahui terlebih dahulu beberapa fakta menarik berikut ini!


1. Caracal memiliki Telinga Yang Menyerupai “Antena”

Sesuai dengan yang telah disebutkan diatas, ciri khas dari kucing jenis ini yaitu dari telinganya. Caracal memiliki telinga yang menyerupai “Antena”. Telinga Caracal berwara hitam dan berbentuk agak runcing. Telinga ini tentu saja berfungsi untuk mencari mangsa.


2. Caracal merupakan Kucing Dengan Umur Yang Panjang

Tahukah anda? Ternyata satu ekor Caracal akan mampu bertahan ± 12 tahun lamanya. Jika dipelihara dengan baik, maka umurnya bisa lebih lama 7 tahun. Selain umumnya panjang, perkawinan dari kucing ini juga bisa terjadi kapan saja apalagi jika mangsanya banyak. Periode kehamilannya sendiri yaitu sekitar 2 hingga 3 bulan dan satu ekor induk Caracal mampu melahirkan 1 hingga 6 anak.


3. Caracal Merupakan Hunter Yang Handal

Selain sangat handal dalam memanjat pohon, Caracal juga merupakan pemburu (hunter) yang aktif dan handal. Caracal mampu mengintai mangsa dalam radius 5 meter serta berlari kencang, melompat lalu menerkam. Mangsa utama dari kucing ini yaitu unggas dan uniknya jika mangsa yang diterkamnya lebih besar, mereka akan menyembunyikan bangkainya di balik pohon. Karena sifatnya sebagai pemburu yang handal, jangan kaget jika kucing ini termasuk susah dijinakkan.


4. Caracal Bisa “Menggonggong”

Jika kucing biasa kebiasaanya selalu mengeong, Kucing jenis ini justru bisa menggeram, medengkur dan mendesisi. Menariknya, Caracal juga bisa membuat suara gonggongan “menggonggong” ketika memberi peringatan.


Nah itulah asal mula dan fakta menarik tentang kucing terindah dan termahal di dunia “Kucing Caracal”. Tertarik untuk memeliharanya? Jika Ya, siap-siap anda menyiapkan budget yang besar untuk membeli dan memeliharanya. Share artikel ini agar lebih banyak yang mengenal kucing caracal.

Baca juga : Kucing Bengal, Si Macan Tutul Mini yang Cantik dan Energik
33 views0 comments