7 Fakta Keunikan Kucing Kampung Yang Menarik Untuk Diketahui


foto oleh unsplash


Siapa yang tidak suka memelihara kucing? Wajah imut tanpa dosa tersebut akhir-akhir ini makin menjadi trending di banyak kalangan untuk dipelihara atau sekedar diberi makan. Bahkan ada banyak pecinta kucing yang melakukan aksi “street feeding”. Hal ini tidak lepas dari beberapa fakta keunikan kucing kampung yang sukses membuat banyak orang terpesona. Sayangnya tidak banyak yang mengerti fakta-fakta unik tentang kucing yang cukup umum ini dan kemudian merasa kaget saat mengetahuinya. Mungkin bisa jadi kalian adalah salah satunya! Nah, jika tidak ingin ketinggalan informasi tentang hewan lucu yang satu ini, yuk baca lebih lanjut beberapa fakta keunikan kucing kampung yang disebutkan berikut ini.


Julukan Unik Yang Lucu Nan Menggemaskan

Kucing kampung sebenarnya bukanlah kucing ras apapun. Dengan kata lain ini adalah jenis kucing yang cukup umum ditemukan di belahan dunia manapun. Namun demikian siapa sangka dibalik hal yang biasa-biasa tersebut ada julukan unik dan lucu yang menggemaskan. Bahkan lebih lanjut tidak banyak yang tahu tentang informasi yang satu ini lho. Ya, apa kalian tahu jika hewan yang satu ini dijuluki dengan sebutan Moggy?

Sebutan ini sebenarnya terkenal di kalangan masyarakat Inggris, yang mana mereka menyebut kucing non ras atau non pedigree ini dengan sebutan Moggy. Hal ini membantu membedakan mana jenis kucing ras dan mana yang merupakan jenis kucing kampung biasa. Nah, walau biasa saja ternyata julukannya menggemaskan sekali ya. Tidak kalah dengan nama-nama julukan yang diberikan pada kebanyakan kucing peliharaan.


Keturunan Kucing Afrika

Fakta keunikan kucing kampung berikutnya yaitu dipercaya bahwa kucing jenis yang satu ini sebenarnya masih merupakan keturunan dari jenis kucing di Afrika. Nah, pasti heran kan kenapa bisa demikian? Menurut beberapa ahli, kucing kampung ini sebenarnya memiliki silsilah berasal dari darah kucing liar Afrika. Atau yang terkenal dengan nama ilmiah Felis silvestris lybica. Jadi walau sepintas cukup umum, ternyata kucing kampung ini memiliki garis keturunan yang unik dan menarik. Bisa jadi kalian juga baru saja mengetahui fakta yang satu ini.


foto oleh unsplash


Pola Tubuh Menarik

Perhatikan lebih jelas saat melihat kucing kampung yang kalian temukan di jalanan. Sering kali setiap kucing yang satu dan yang lain memiliki pola tubuh yang berbeda-beda. Bahkan jika seorang induk kucing melahirkan beberapa anak, setiap anak kucing memiliki pola tubuh menarik yang tidak sama. Salah satunya yaitu sering kita dengar dengan julukan kucing oren.

Sebenarnya yang dijuluki kucing oren ini memiliki pola tubuh berupa red tabby. Pola ini lebih tepatnya berupa garis-garis berwarna oranye pada sekujur tubuh kucing. Beberapa ada yang berubah menjadi berwarna putih dan keabuan. Namun uniknya, setelah beberapa generasi maka pola garis oranye ini akan tetap muncul pada jenis kucing kampung manapun.


Punya 2 Varian Bulu

Berikutnya keunikan kucing kampung terlihat pada panjang dan pendek bulunya. Secara garis besar, kucing kampung ini terdiri dari dua varian jenis bulu. Yang pertama yaitu yang memiliki bulu pendek. Jika kalian melihat kucing kampung yang seakan tidak memiliki bulu, maka ini adalah kucing dengan kategori bulu yang pendek.

Selanjutnya ada pula varian kucing kampung yang berbulu panjang. Sepintas jika dilihat mirip seperti kucing ras. Padahal kucing kampung dengan jenis bulu yang panjang ini sebenarnya adalah hasil persilangan kucing kampung bulu pendek dengan kucing ras seperti Persia, Maine Coon maupun Ragdoll. Sayangnya, kebanyakan di Indonesia kucing kampung berbulu panjang ini jarang ditemukan. Yang lebih banyak berkeliaran di jalanan umumnya kucing dengan tipe varian bulu yang pendek. Karena itu tidak heran jika banyak orang berpikir bahwa kucing kampung secara umum memiliki ciri bulu pendek yang berbeda dengan kucing ras pada umumnya.

Baca juga: Ini Ciri-Ciri, Keunikan, Dan Cara Perawatan Kucing Ragdoll

Kucing Yang Paling Sehat

Selanjutnya keunikan yang tidak kalah menarik untuk diketahui yaitu fakta bahwa kucing kampung ini ternyata dinyatakan sebagai salah satu jenis kucing yang paling sehat di dunia. Bahkan ketahanan tubuh mereka membuatnya jarang sakit. Tidak heran jika para pecinta kucing yang memilih memelihara kucing jenis ini jarang menemukan hewan peliharaan mereka tiba-tiba sakit.

Hal ini berkaitan dengan genetik kucing kampung yang cukup baik. Aspek genetic ini diturunkan dari pengembangbiakan kucing hewan secara alami dimana gen yang kuat akan bertahan. Secara umum genetik mereka cukup kuat sehingga tidak mudah menderita penyakit. Apalagi karena pada dasarnya genetik kucing jenis ini bercampur luas dengan genetik kucing jenis lainnya. Sehingga akhirnya membentuk genetik yang baik tanpa adanya isu genetik yang berbahaya.

Selain faktor genetic, kucing kampung biasanya lebih adaptif terhadap lingkungan sekitar. Si meong jenis ini suka menjelajah area sekitar tempat tinggalnya. Hal ini dipicu oleh naluri bertahan hidup yang lebih kuat. Sifat ini tentunya menambah kebugaran kucing jika dikelola dengan baik. Tak heran jika kucing kampung yang ada di jalanan juga bertahan hidup dengan baik tanpa ada yang merawat mereka. Namun demikian jika kucing kampung kesayangan kalian tiba-tiba tidak enak badan, ada baiknya segera bawa ke dokter hewan terdekat ya!


Rentang Usia Panjang

Berkaitan dengan kondisi genetik kucing kampung yang sehat tadi, tak heran jika kucing kampung juga dikatakan memiliki rentang usia yang cukup panjang. Bahkan kucing jenis ini dikatakan dapat hidup hingga belasan tahun lamanya. Berbeda dengan kucing ras yang tergolong memiliki kisaran umur yang pendek.

Fakta ini semakin membaik jika kucing kampung dirawat oleh pemiliknya dengan baik. Bila diberikan nutrisi yang sama sehatnya dengan kucing ras, maka umur hidupnya bisa lebih panjang serta ciri fisiknya juga bertumbuh lebih baik. Beberapa jenis kucing kampung di dunia dikatakan ada yang sanggup hidup hingga berusia 19 tahun lamanya. Wah, cukup lama juga ya.

Baca juga : Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat, Gemuk dan Lucu

Populasinya Paling Banyak Di Dunia

Fakta unik yang satu ini sudah pasti tidak dapat dipungkiri. Kemana saja kita bepergian, di seluruh belahan dunia manapun pasti akan menemui jenis kucing kampung. Termasuk yang banyak terdapat di jalanan Indonesia. Bahkan akhir-akhir ini karena populasinya yang membludak, banyak aktivis pecinta kucing melaksanakan aksi steril pada kucing kampung di jalanan. Memang sebagai jenis kucing non ras, populasinya sangat banyak dan mudah ditemukan di berbagai tempat. Bahkan karena terlalu banyak lama kelamaan tidak terkontrol. Oleh sebab itu jenis kucing kampung disebutkan sebagai populasi kucing terbanyak di dunia.


Itulah beberapa fakta keunikan kucing kampung yang memang cukup menarik untuk diikuti dan diketahui. Siapa sangka dibalik ulah menggemaskan kucing-kucing tersebut ada rahasia-rahasia keunikan kucing kampung yang menarik. Tentunya hal ini menambah rasa penasaran untuk memelihara kucing yang satu ini. Jika berniat memelihara, saat ini sudah banyak lembaga yang membuka adopsi untuk anak kucing terlantar, ini bisa jadi pilihan yang baik. Yang pasti memelihara kucing adalah komitmen seumur hidup, termasuk jika nantinya kucing kesayangan sedang sakit, segera bawa ke dokter hewan terdekat, sehingga dapat segera sembuh dan diobati.


#kucingkampung

#kucingkampungunik

322 views0 comments