Tentang Kucing Spinx, Si Kucing Tanpa Bulu!


foto oleh pixabay


Pernahkah Anda mendengar tentang kucing tanpa bulu? Bagaimana mungkin? padahal hampir semua jenis kucing digandurungi orang karena bulunya yang tebal. Tapi nyatanya memang ada, ras tersebut bernama kucing Spinx.

Karena unik dan eksotis, Spinx juga tak kalah diburu oleh para pencianta kucing. Nah, jika Anda tertarik untuk merawatnya, perhatikan dulu informasi lengkap tentang Spinx di bawah ini!

Jika monument spinx ada di Mesir ternyata kucing spinx malah dikembangkan dari kucing lokal asal Kanada. Kucing tersebut melahirkan anak-anak kucing tanpa bulu yang diduga akibat mutasi genetik. Mutasi ini sendiri dihasilkan dari mengawinkan indukan tertentu untuk mendapatkan sifat tertentu (selective breeding).

Ciri-Ciri

Seperti apa ciri dari kucing tanpa bulu ini? berikut uraiannya,

1. Bulunya sangat pendek

Tentu saja ciri fisik utama yang paling menonjol dari kucing jenis Spinx terletak pada bulunya. Sebenarnya Spinx memiliki bulu, namun sangat pendek. Karena terlalu pendek, bulunya sampai tidak terlihat. Itulah mengapa spinx kerap dianggap tidak memiliki bulu.

2. Telinga lebar dan panjang

Telinga yang dimiliki oleh kucing ini cukup unik. Hewan ini punya telinga lebar dan panjang, lebih panjang dibandingkan ras kucing lainnya.

3. Mata dan kepala lebar

Yang membuatnya semakin menarik ialah, mata lebar dan berbinar membuat siapapun ingin berada di dekatnya. Kepala yang dimiliki spinx juga cukup lebar.

4. Tubuh tegap

Tubuh spinx tergolong kecil hingga sedang, beratnya berkisar 3-6 kg. Namun, ia memiliki tubuh yang tegap. Bagian perut spinx terlihat menggemaskan karena berbentuk bulat.

Cara Merawat

Kelihatannya memelihara kucing spinx akan lebih mudah dibandingkan ras lain, padahal tidak demikian. Simak penjelasannya berikut ini

1. Perlu grooming rutin

Spinx perlu adanya grooming secara berkala, paling tidak setiap satu minggu sekali. mengapa demikian? Tidak seperti kucing jenis lain yang memiliki bulu tebal untuk menyerap kotoran, spinx perlu dibersihkan lebih sering dengan deep clean untuk menjaga tubuhnya agar tetap bersih.

2. Beri shampo dengan kandungan pelembab

Gunakan shampo khusus mengandung pelembab untuk memandikan spinx. Gosok bagian yang berkerut dengan lembut untuk membersihkannya dari berbagai kotoran. Jangan sekali-kali menggunakan shampoo manusia karena tidak cocok dengan kebutuhan kulit hewan kesayangan kita ini

3. Potong kuku

Kuku bisa menjadi boomerang bagi diri si kucing dan orang di sekitarnya, karena bisa saja ia melukai diri sendiri. Memotong kuku juga menghindarkan spinx dari aneka penyakit.

Baca juga : Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman Supaya Tidak Berontak

4. Sikat gigi

Seperti yang kita tahu, mulut merupakan salah satu tempat berkembangnya mikroba dengan cepat. Sama seperti manusia, kucing juga perlu mendapatkan treatment sikat gigi agar terhindar dari kuman berbahaya.

Keunikan Kucing Spinx

Spinx tergolong ras kucing dengan sifat agak unik dan berbeda dibandinkan ras lain, seperti apa? berikut uraiannya.

1. Tidak mau diam

Jika banyak kucing lain yang malas, spinx justru sebaliknya. Ia merupakan hewan yang aktif bahkan sampai tidak mau diam. Bila ada orang baru dan belum kenal, spinx akan menjadi semakin aktif. Jadi saat ada teman yang bermain ke rumah, Anda perlu menjaganya dengan hati-hati.

2. Suka mencari perhatian

Selain aktif, kucing tanpa bulu yang satu ini juga suka mencari perhatian. Jadi pastikan saat bermain dengan si kucing, perhatian Anda terpusat pada spinx. Jika tidak, ia akan berusaha mati-matian untuk mencuri perhatian Anda.

3. Mudah akrab

Tidak hanya mudah akrab dengan manusia, spinx juga bisa akrab dengan binatang lain seperti anjing. Unik bukan?

Unik dan berbeda memang keunggulan dari kucing spinx. Namun untuk memeliharanya, Anda perlu komitmen dan kesabaran untuk merawatnya dengan sungguh-sungguh.

7 views0 comments