Mengenal Kucing Japanese Bobtail, Ras Kucing Terunik Berekor Pendek


foto oleh vetstreet.com


Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis kucing di muka bumi ini. Salah satu jenis kucing yang selalu menarik perhatian para cats lover yaitu Kucing Japanese Bobtail. Ras kucing yang satu ini kini banyak sekali dicari oleh para pecinta kucing di Indonesia. Namun, apakah anda tahu dari mana asal usul dari kucing jenis ini? Jika belum tahu, Yuk kita kenalan terlebih dahulu dengan ras kucing berekor pendek Japanese Bobtail.


Sekilas Tentang Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail merupakan salah satu ras kucing yang memiliki ekor yang cukup unik. Ekor dari kucing jenis ini hampir serupa dengan ekor kelinci dibandingkan dengan ekor kucing pada umumnya. Ekor pendek dari kucing Japanese Bobtail ini merupakan hasil dari mutasi genetik alami.

Mutasi tersebut dialami juga oleh kucing ras lainnya yaitu Manx. Namun, walaupun sama-sama berasal dari mutasi genetik alami, Kucing Japanese Bobtail berbeda dengan kucing Manx. Ras Kucing Japanese Bobtail memiliki tubuh yang tinggi dan ekor pendek.

Kucing Japanese Bobtail termasuk ke dalam salah satu jenis kucing yang sangat menyukai manusia dan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Kucing ini juga sangat senang berlari-lari untuk sekedar menyambut tamu yang datang. Nah, bagi cats lovers yang sedang mencari kucing yang aktif dan ramah, tentu saja Kucing Japanese Bobtail ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


Lalu, Dari Mana Asal Kucing Japanese Bobtail?

Sesuai dengan namanya, kucing yang satu ini berasal dari kawasan Asia Timur, Jepang. Kucing ini dipercaya telah ada di Jepang sejak abad ke 6. Awalnya kucing tersebut dipelihara oleh pemilik gudang ulat karena kemampuannya dalam membasmi tikus. Namun, karena adanya rasa jatuh cinta, keluarga kekaisaran Jepang memperlakukan serta memanjakan kucing tersebut layaknya seperti keluarga sendiri.

Setelah perang dunia ke II, masyarakat setempat berminat untuk menjadikan Kucing Japanese Bobtail sebagai salah satu kucing ras peliharaan. Tak hanya penduduk lokal saja, namun para ekspatriat berkebangsaan Amerika Serikat serta Eropa juga memelihara kucing jenis ini.

Menanggapi hal tersebut, pada tahun 1968, Japanese Bobtail mulai memasuki program pengembangbiakan yang telah tercatat resmi. Pembiakan itu diawali dengan satu ekor kucing jantan berwarna putih yang bernama Richad dengan seekor kucing betina tiga warna bernama Madame Butterfly.

Seiring dengan berjalannya waktu, Kucing Japanese Bobtail mulai diakui oleh organisasi kucing International Cat Fanciers Association (CFA). Organisasi tersebut mengakuinya pertama kali pada tahun 1971 dan memperbolehkan kucing tersebut berpartisipasi dalam kontes kucing pada tahun 1976. Nah, hingga sampai saat ini Kucing Japanese Bobtail memang banyak sekali dicari apalagi untuk para pecinta kucing Indonesia.


Jenis Dan Ciri-Ciri Kucing Japanese Bobtail

Kucing Japanese Bobtail terdiri dari dua jenis yaitu Japanese Bobtail Longhair dan Japanese Bobtail Shorthair. Kedua jenis kucing tersebut memiliki warna berbeda yaitu warna solid, mi-ke, bi-colors dan vans. Warna tersebut juga didominasi dengan pola yaitu tabby, classic, mackerel dan spotted. Dan berikut ciri-ciri fisik dari Kucing Japanese Bobtail:

· Bentuk Kepala : Kontur muka segitiga sama sisi, tulang pipi tinggi, batas jarak kumis cukup terlihat, jarak antara dahi ke hidung agak panjang dengan cekungan yang halus.

· Bentuk Telinga : Besar, cukup tegak dan ekspresif, jarak antara telinga tidak berdekatan namun dalam sudut yang tepat.

· Bentuk Mata : Besar serta oval, selalu siaga, jarak antar mata tidak berdekatan.

· Bentuk Tubuh : Berukuran sedang, ukuran tubuh jantan lebih besar daripada betina, tubuhnya panjang, elegan dan ramping, berotot serta seimbang.

· Bentuk Ekor : Panjang maksimal ekor hanya 3 inci, ekor bisa fleksibel maupun kaku.

· Bentuk Kaki : Kaki panjang, ramping dan tinggi, kaki panjang lebih panjang dibandingkan kaki depan, kaki belakang menekuk ketika berdiri, tulang punggung rata.

Nah itulah jenis dan ciri fisik Kucing Japanese Bobtail. Gimana? Sangat menarik bukan? Tidak hanya ekornya saja yang unik, ciri fisik dan sifatnya juga tentu bisa menjadi daya tarik dari kucing jenis ini. Share ya!


Baca juga : Begini yang Harus Dilakukan ketika Kucing hilang
1 view0 comments