Mengapa Kucing Makan Rumput? Inilah Beberapa Penyebabnya!


foto oleh unsplash


Seperti yang kita tahu jika kucing menjadi salah hewan yang dekat dengan manusia sehingga banyak sekali yang menyukai hewan berbulu ini. Hewan ini memiliki tingkah yang lucu sehingga membuat majikannya gemas dengan tingkahnya. Namun tak hanya tingkah lucu saja, sebagai pemilik mungkin anda pernah melihat hewan kesayangan yang satu ini memakan rumput. Lalu, mengapa kucing makan rumput? Simak beberapa penyebabnya berikut ini!


Inilah Penyebab Mengapa Kucing Makan Rumput Yang Sebaiknya Diketahui Semua Catlovers!

Kucing memakan rumput merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan tidak biasa, mengingat kucing merupakan hewan carnivora. Namun di moment tertentu, pastinya anda pernah melihat kucing memakan rumput. Melihat hal tersebut tentu timbul pertanyaan di pikiran beberapa orang, mengapa kucing makan rumput. Dan berikut ini beberapa penyebab mengapa kucing memakan rumput:


Sebagai Pencahar Alami

Beberapa pendapat menyebutkan jika memakan rumput yang dimakan kucing bisa dijadikan sebagai pencahar alami untuk tubuhnya. Kucing sehat akan selalu melakukan self grooming untuk membersihkan tubuhnya dari parasit-parasit.

Salah satu manfaat memakan rumput ini yaitu untuk memancing hairball yang terlanjur masuk ke sistem pencernaan untuk keluar. Rumput yang dimakan ini dipercaya bisa menjadi pencahar alami untuk memecah hairball yang ada dalam sistem pencernaannya.

Nah, hairball ini tentu merupakan kondisi dimana terdapat bola yang terbentuk dari bulu yang dijilat oleh kucing yang masuk kedalam pencernaan. Jika dibiarkan maka tentu saja akan menganggu kesehatan kucing. Karena hal tersebut, kucing memakan rumput sebagai pertahanan diri agar hairball bisa dikeluarkan.


Untuk Mengeluarkan Sisa Makanan Yang Tidak Bisa Dicerna

Selain sebagai pencahar alami, penyebab mengapa kucing makan rumput selanjutnya yaitu untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaannya. Beberapa makanan yang sulit dicerna seperti tulang ayam, ikan ataupun makanan lainnya kemungkinan akan keluar bersamaan dengan rumput yang dimakannya.


Rumput Mengandung Asam Folat

Penyebab terakhir yaitu karena rumput mengandung asam folat. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini, kucing akan memakan rumput sehingga pertumbuhan sel akan berjalan baik serta membantu produksi hemoglobin. Tak hanya itu saja, rumput juga bisa membantu kucing untuk meredakan sembelit sehingga kucing tersebut bisa buang air besar teratur.

Sebagian besar kucing memang terlihat sering memakan rumput liar yang berada di sekitar rumah. Namun tahukah anda? Ternyata ada beberapa tanamanan yang disukai kucing. berikut 2 tanaman yang disukai kucing:


Catnip

Catnip merupakan tanaman yang dipercaya sangat disukai oleh kucing. Salah satu alasan mengapa tanaman ini disukai karena bisa membuat kucing bahagia, mengurangi stres dan sebagai obat alami anti gatal. Catnip mengandung sejenis zat terpenoid yaitu nepetalactone dimana zat tersebut bisa berinteraksi melalui indera penciuman sehingga bisa membuat hewan tersebut mengalami efek halusinogen. Namun jangan terlalu banyak memberikan catnip ya, karena terlalu banyak juga tidak baik.


Valerian

Tanaman ini memiliki aroma yang cukup tajam serta dikenal bisa membantu seseorang lebih rileks dan tidur nyenyak. Namun bagi kucing, tanaman ini bisa menstimulasi hewan berbulu ini agar lebih aktif bergerak. Tak hanya itu saja, jika kucing mengkonsumsinya maka dipercaya bisa membuat bulunya menjadi lebih sehat.

Nah itulah beberapa penyebab mengapa kucing makan rumput dan dua tanaman yang disukainya. Dari ulasan diatas, tentu saja anda tidak perlu bingung lagi mengapa kucing suka makan rumput. Kebiasaan makan rumput aman dilakukan namun pastikan jika rumput yang dimakan belum disemprot herbisida ataupun pestisida. Simak berbagai tips mengenai hewan kesayangan hanya di Instagram kawan hewan. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Mengapa Kucing Mengigit Pemiliknya? Simak Berikut Beberapa Penyebabnya!
19 views0 comments