• admin

Mengapa Kucing Mengigit Pemiliknya? Simak Berikut Beberapa Penyebabnya!


foto oleh unsplash


Kucing merupakan salah hewan kesayangan yang banyak sekali dipelihara oleh manusia terutama di Indonesia. Selain tingkahnya yang sangat menggemaskan, alasan mengapa banyak yang menyukai hewan berbulu ini karena kucing bisa hidup dengan damai di sekitar manusia. Kucing sangat senang sekali berinteraksi dengan pemiliknya. Salah satu interaksi yang kadang membuat pemilik jengkel dan kesakitan yaitu kebiasaan mengigit. Lalu, mengapa kucing mengigit? Kenali beberapa penyebabnya berikut ini!


Inilah Penyebab Mengapa Kucing Mengigit Majikannya!

Pada dasarnya kucing akan merespon sentuhan dari manusia dengan cara berbeda-beda. Nah, salah satu respon yang kerap selalu membuat majikannya kebingungan sekaligus kesakitan yaitu gigitan. Sebenarnya mengigit merupakan salah satu respon normal yang dilakukan oleh kucing namun rata-rata kucing yang merespon hal tersebut yaitu anak kucing.

Bagi kitten (anak kucing) cakar dan mulut menjadi objek eksplorasi dunia sehingga mengigit merupakan hal yang normal terjadi. Namun untuk kucing dewasa, gigitan yang dilakukan bisa menjadi salah satu cara mereka untuk menyampaikan pesan tertentu terlebih lagi jika sebelumnya kebiasaan tersebut tidak pernah terjadi. Dan berikut ini beberapa penyebab mengapa kucing mengigit:

1. Terjadi Masalah Kesehatan

Penyebab pertama mengapa kucing mengigit yaitu karena sedang terjadi masalah dengan kesehatannya. Ketika kucing sakit, mereka akan bersikap lebih defensif terlebih lagi jika sakit yang mereka rasakan pada bagian luar seperti luka. Mereka akan merespon dengan cepat misalnya mencoba mengigit ketika tangan anda menyentuh bagian tubuhnya yang sedang sakit tersebut. Tak hanya sakit pada bagian luar saja, mereka juga bersikap defensif saat kondisi badannya sedang tidak baik-baik saja.

2. Merasa Bosan

Penyebab selanjutnya yaitu karena kucing anda sedang merasa bosan. Sama halnya dengan hewan carnivora lainnya, kucing memiliki insting untuk berburu dan secara alami mereka selalu ingin menangkap sesuatu yang bergerak. Jadi, ketika kucing melihat kaki atau tangan yang bergerak-gerak maka insting berburu akan keluar dan bisa saja dia akan langsung mengigitnya. Solusi dari ini adalah berikan mainan bagi kucing sehingga teratasi rasa bosannya.

3. Rasa Ingin Tahu Berlebih

Penyebab mengapa kucing mengigit selanjutnya yaitu karena rasa ingin tahunya yang berlebih. Beberapa jenis kucing memiliki sifat rasa ingin tahu tinggi. Karena hal tersebut tidak heran jika mereka akan selalu mengigit atau memainkan hal apa saja menarik perhatiannya.

4. Ingin Bermain

Hampir sama persis dengan rasa ingin tahu yang tinggi, penyebab mengapa kucing mengigit karena mereka ingin bermain. Seperti telah disebutkan diatas jika kucing menjadi salah satu hewan yang akrab dengan majikannya.

Di moment tertentu, mereka bisa saja ingin bermain dengan majikannya. Karena tidak bisa mengungkapkannya dengan kata, maka mengigit bisa menjadi caranya untuk memberitahukannya kepada anda. Kucing mengigit karena ingin mengajak anda bermain bisa dirasakan dengan sentuhan gigitannya yang tidak kuat sehingga tidak membuat anda kesakitan. Hal ini berbeda jika gigitan yang dirasakan kuat dan membuat anda sakit, biasanya kondisi ini terjadi jika kucing sedang sakit.

5. Tumbuh Gigi

Sama halnya seperti anjing, kucing juga mengalami masa tumbuh gigi. Gigi kucing akan mulai muncul ketika sudah siap disapih. Saat tumbuh gigi, mereka selalu ingin mengujinya dengan segala hal termasuk mengigit.

Nah itulah beberapa penyebab mengapa kucing mengigit. Terlebih dari beberapa penyebab diatas, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan agar kebiasaan mengigit tersebut berhenti. Namun sebelum anda mengetahui cara mengatasinya, yang perlu anda ingat yaitu ketahui usia kucing anda. Jika memang usianya sudah tidak wajar dengan kebiasaan mengigit maka berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Jangan membiasakan diri untuk bermain bersama kucing dengan tangan telanjang.

  • Berikan kucing anda mainkan yang layak untuk digigit.

  • Berikan kucing pujian.

  • Bangun kedekatan dengan kucing.

Demikian ulasan tentang beberapa faktor penyebab mengapa kucing mengigit, Dari ulasan diatas tentu saja sedikit banyaknya anda sudah tahu jika terdapat beberapa faktor yang membuat kucing senang mengigit. Dapatkan juga aneka kebutuhan dan mainan kucing hanya di Kawan Hewan Petshop Gresik. Semoga bermanfaat!

20 views0 comments