Berniat Untuk Mengadopsi Kitten? Simak Berikut Persiapan Adopsi Kitten Yang Perlu Diketahui


foto oleh unsplash


Memelihara hewan memang telah menjadi trend belakangan ini. Ya, kini hampir banyak sekali orang dari berbagai kalangan yang memutuskan untuk memelihara atau mengadopsi hewan peliharaan seperti kucing. Dari banyaknya orang yang memelihara hewan kesayangan, ternyata banyak orang yang lebih senang memlih mengadopsi kitten dibandingkan dengan hewan peliharaan yang sudah besar.

Entah apa hal yang mendasari mengapa banyak orang yang memilih mengadopsi kitten dibandingkan hewan yang sudah dewasa. Namun mungkin salah satu alasannya yaitu karena ingin memelihara lebih maksimal. Ketika memutuskan untuk mengadopsi kitten, terdapat beberapa hal yang sebaiknya anda persiapkan. Lalu, apa saja persiapan adopsi kitten yang sebaiknya diketahui oleh para calon pemilik? Simak berikut ulasannya!


Inilah Persiapan Adopsi Kitten Yang Penting Untuk Diperhatikan!

Bagi anda yang berniat atau berkeinginan untuk memelihara kitten di rumah, terdapat dua cara yang bisa anda lakukan yaitu mengadopsi atau membeli kitten tersebut. Namun diantara keduanya, banyak yang memilih untuk mengadopsi kitten entah itu dari saudara ataupun lainnya.

Mengadopsi kitten tentu tidak semudah yang dipikirkan, anda perlu bertanggung jawab atas pilihan anda. Karena hal tersebut maka tentu saja terdapat persiapan yang sebaiknya diperhatikan. Berikut ini beberapa persiapan adopsi kitten yang penting untuk diperhatikan:


Pertimbangkan Terlebih Dahulu Kemampuan Diri

Persiapan adopsi kitten pertama yang sebaiknya diperhatikan yaitu mempertimbangkan dahulu kemampuan diri anda sendiri dalam merawat serta membiayai kitten yang akan anda adopsi. Walaupun kitten yang akan anda pilih merupakan jenis hewan yang mandiri, namun anda tentu saja perlu meluangkan waktu untuk memperhatikan kesehatan serta mengajaknya bermain.

Tak hanya itu saja, anda juga perlu bertanggungjawab untuk menjamin kebersihannya serta rutin memeriksakan kitten anda ke dokter hewan terdekat secara rutin. Hal ini sangat penting untuk benar-benar anda perhatikan.

Untuk masalah kesehatan, jangan lupa segera lakukan vaksin jika sudah memungkinkan. Berkonsultasilah dengan dokter hewan terdekat tentang syarat dan rekomendasi vaksin untuk kitten. Vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah gangguan penyakit terutama akibat penyakit infeksius. Vaksinasi juga dapat menurunkan biaya perawatan karena kesehatan anabul relatif lebih terjaga.


Kenali Jenis Kitten Yang Akan Diadopsi

Sebelum memutuskan untuk mengadopsi kitten, sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu jenis kitten yang akan anda adopsi. Hal ini juga tentu tak kalah penting karena setiap jenis kitten akan membutuhkan perawatan yang berbeda.

Misalnya saja seperti kitten jenis Persia yang memiliki bulu panjang tentu akan berbeda dengan cara perawatan kitten jenis Anggora yang memiliki bulu pendek. Kitten dari kucing ras tentu juga memiliki kebutuhan yang berbeda dengan kitten kucing domestik. Nah, cara mengenali jenis kitten ini juga bisa membantu anda untuk menyesuaikan biaya yang anda miliki untuk membeli makanan, perawatan, kunjungan dokter hingga vaksin.


Perhitungkan Usia Kitten Yang Akan Diadopsi

Persiapan selanjutnya anda juga perlu memperhitungkan terlebih dahulu usia kitten yang akan diadopsi. Pada umumnya, kitten yang dapat diadopsi yaitu kitten yang berusia diatas 3 sampai 6 bulan. Mengetahui usia kitten sangat penting agar anda tahu apakah kitten anda masih butuh menyusu pada induknya atau bisa hanya diberikan susu formula khusus kitten saja.


Pemilihan Makanan Untuk Kitten

Berikutnya yaitu dalam hal pemilihan makanan untuk kitten. Perlu anda ketahui bahwa makanan untuk kitten tentu akan berbeda dengan makanan untuk kucing yang sudah dewasa baik dari jenis maupun tekstur.

Kitten masih sangat membutuhkan asupan makanan yang dapat memenuhi nutrisi dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Nah karena hal tersebut maka anda perlu benar-benar tahu mana jenis makanan yang pas untuk kitten yang akan anda adopsi.

Untuk masalah nutrisi ini, sebaiknya juga Anda memilih kitten yang sudah disapih dari induknya. Hal ini biasanya bisa dilihat dari mulai tumbuhnya gigi dari kitten. Tumbuhnya gigi ini menandakan kitten sudah siap untuk makan makanan padat. Jika anda memilih kitten yang belum disapih, ada baiknya anda juga menyiapkan susu pengganti induk yang saat ini bisa didapat di petshop terdekat.


Siapkan Kandang Yang Nyaman Dan Aman

Persiapan adopsi kitten terakhir yaitu mempersiapkan kandang yang nyaman dan aman. Hal ini bertujuan agar kitten yang anda adopsi bisa merasa betah tanpa merasa terintimidasi. Pilihlah kandang yang telah dilengkapi dengan kotak pasir, kotak makanan dan minuman serta mainannya.


Itulah persiapan adopsi kitten yang penting untuk anda perhatikan. Terlepas dari hal tersebut, anda juga perlu memilih tempat adopsi kitten yang terpercaya dan terbaik. Jangan asal-asalan dalam memilih tempat adopsi karena kini banyak sekali tempat adopsi kitten yang abal-abal. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Tips Mengadopsi Kucing Liar tanpa Menimbulkan Rasa Takut
19 views0 comments