• admin

Inilah Cara Manajemen Stres Atau Mengelola Stres Di Masa Pandemi COVID-19 Yang Tak Kunjung Usai!


foto oleh unsplash


Di masa pandemi seperti sekarang ini memang membuat banyak sekali orang mengalami mood yang naik turun hingga merasa terisolasi karena terbatasnya mobilitas tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Meskipun level PPKM telah dilonggarkan, ancaman adanya varian baru covid (Omicron) tetap membuat orang perlu waspada.

Untuk anda yang sedang menjalani LDR atau long distance relationship entah itu dengan pasangan ataupun dengan keluarga tentu bisa membuat situasi ini semakin berat sekali dan bahkan bisa membuat anda stres. Agar hal tersebut teratasi maka solusinya yaitu dengan manajemen stres.

Ada banyak beberapa cara untuk mengelola stres atau manajemen stres. Salah satu caranya yaitu dengan memelihara hewan peliharaan seperti kucing. Kehadiran kucing memang bisa membuat kita merasakan kesenangan dan bisa meminimalisir rasa stres yang sedang dihadapi.

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup aktif dan menggemaskan serta mudah ditemui di Indonesia. Tingkahnya yang aktif dan juga menggemaskan tentu saja bisa membuat pemiliknya merasa terhibur dan sedikit bisa mengobati rasa sepinya.


Rutinitas Memelihara Dan Merawat Kucing Baik Untuk Kesehatan

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa memelihara hewan peliharaan seperti kucing bisa memberikan dukungan mental serta menurunkan tingkat stres pada seseorang. Hewan bisa memberikan cinta tanpa syarat serta tidak banyak menuntut. Walaupun sering kali kucing diklaim sebagai salah satu hewan peliharaan yang sombong, namun keberadaan kucing bisa meningkatkan suasana hati dan mengelola stres pemiliknya (manajemen stres).

Kucing bisa menjadi teman baik untuk manusia karena mereka tidak pernah menghakimi majikannya dan bisa menjadi pendengar terbaik. Selain bisa memberikan dukungan secara emosional, kehadirannya bisa memotivasi para pemiliknya untuk lebih rileks, menikmati hidup serta mengurangi rasa kesepian.

Rutinitas merawat kucing juga tenyata bisa membantu para pemilik hewan peliharaan untuk menjalani kehidupan normal walaupun di masa pandemi. Sama halnya dengan hewan peliharaan lainnya, kucing juga memiliki jadwal reguler yang mau tidak mau perlu dijalani oleh para pemiliknya. Hal tersebut tentu saja menjadi bentuk tugas serta tanggung jawab masing-masing pemilik hewan.

Rutinitas dari kucing peliharaan anda ini tentu saja bisa menjadi kebiasaan yang akhirnya bisa membuat anda sebagai pemilik memiliki jadwal harian. Memiliki jadwal harian sanfat baik untuk kesehatan mental. Hal ini dikarenakan jadwal tersebut bisa membuat anda memiliki kegiatan rutin.


Memelihara Kucing Dapat Membuat Hidup Anda Lebih Baik

Selain sangat baik untuk kesehatan, memelihara hewan peliharaan seperti kucing juga dipercaya bisa membuat hidup kita menjadi lebih baik. Ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan bersama hewan peliharaan anda yang sekaligus menjadi cara manajemen stres. Berikut ini beberapa kegiatannya:


Berolahraga

Kegiatan pertama yang bisa anda lakukan bersama kucing kesayangan yaitu berolahraga. Ya, olahraga menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan sekaligus menyehatkan. Anda bisa mengajak hewan peliharaan anda jalan-jalan seperti mengelilingi komplek dan lainnya. Namun tetap mentaati protokol kesehatan, ya!


Menjalin Persahabatan

Persahabatan dengan hewan peliharaan seperti kucing dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa perasaan terisolasi serta kesepian bisa memicu gejala depresi. Nah karena hal tersebut maka merawat kucing bisa membantu anda merasa dibutuhkan serta diinginkan. Bahkan sebagian besar pemilik hewan juga kerap berbicara dengan hewan peliharaannya.


Bisa Membantu Bertemu Dengan Orang Baru

Hewan peliharaan juga bisa membuat anda bertemu dengan orang-orang baru, loh! Kucing peliharaan bisa membuat anda bertemu dengan pada komunitas pecinta kucing lainnya atau kenal dengan para pemilik toko makanan hewan. Yah, walaupun pertemuan secara langsung saat ini masih terbatas, banyak grup pecinta kucing yang aktif dan saling mendukung di sosial media dan dunia maya.


Hiburan

Hal yang tak kalah penting dari merawat si meong adalah dapat memberikan hiburan baru. Di sela aktivitas yang terbatas, tingkah laku kucing yang lucu bisa menjadi sumber hiburan bagi Anda. Beberapa jenis kucing juga terkenal sangat manja dan suka berinteraksi dengan manusia.


Itulah cara manajemen stres di masa pandemi COVID-19 yang bisa anda lakukan. Memelihara hewan peliharaan seperti kucing memang bisa membuat seseorang merasakan kesenangan. Hal tersebut dirasakan oleh 9 dari 10 orang yang memelihara hewan berbulu ini. Bahkan terdapat beberapa perusahaan yang sengaja memelihara kucing untuk atasi stres kerja para karyawannya. Semoga bermanfaat.


Baca juga : 7 Cara Merawat Kucing Baru Adopsi Supaya Tidak Stress dan Cepat Akrab
4 views0 comments