Tentang Kucing Munchkin, Kucing Terpendek di Dunia!


foto oleh metro.co.uk


Dinilai sebagai ras kucing terpendek, kucing Munchkin mampu memberikan pesona yang amat berbeda. Munchkin bahkan sering muncul di video yang beredar di instagram untuk memperlihatkan tingkah lakunya yang gemas.

Tertarik untuk menjadikannya sebagai binatang peliharaan? Seperti apa sih ciri kucing jenis Munchkin? Bagaimana asal usulnya? Bagaimana perawatannya? Yuk simak langsung di penjelasan berikut ini.

Sejarah Singkat

Sebenarnya, kucing berkaki pendek sudah ditemukan di tahun 1940 an dan tahun 1953. Namun, Munchkin pertama kali dikembangbiakkan pada 1980, itulah mengapa ras kucing yang satu ini dikatakan masih baru. Munchkin berhasil diterima sebagai anggota ras baru pada 1994 oleh organisasi kucing dunia TICA.

Ciri-Ciri Kucing Munchkin

Apa saja cii-ciri dari Munchkin yang lucu ini? simak uraiannya berikut,

1. Kakinya yang pendek

Ciri satu ini merupakan cara yang paling mudah membedakan Munchkin dengan ras kucing yang lain. Kakinya sangat pendek, mungil, dan membuatnya semakin menggemaskan. Berat bedannya tergolong ringan, kucing betina rata-rata memiliki berat 2 sampai 3,6 kg, sedangkan jantan 3 sampai 4 kg.

Dilansir dari beberapa sumber, kaki pendek pada Munchkin merupakan hasil mutasi genetika alami seperti gen pada anjing kaki pendek. Namun yang menjadi pembeda paling mendasar adalah kucing jenis ini tidak memiliki riwayat kelaian tulang belakang.

2. Bulunya panjang dan pendek

Bulu yang dimiliki Munchkin berbeda-beda, ada yang bulunya panjang namun ada juga yang pendek dengan beragam variasi warna. Unik bukan? Anda bisa memilihnya sesuai selera.

3. Mudah beradaptasi

Selain unik, Munchkin juga tergolong sebagai kucing yang mudah akrab dan beradaptasi dengan lingkungan. Ciri yang satu ini membuat Munchkin semakin banyak dicari, khususnya oleh pencinta kucing kaki pendek.

4. Tipikal suka bermain

Untuk Anda yang memang gemar bermain dengan hewan peliharaan di rumah, maka Munchkin menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kucing yang satu ini punya energi yang cukup untuk bermain.

Cara Merawat

Agar tetap sehat dan energic, kucing Munchkin perlu dirawat dengan baik. Bagaimana caranya?

1. Menyiapkan kebutuhan hidup kucing

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk merawat Munchkin. Beberapa di antaranya adalah kandang, tempat makan dan minum, tempat BAB, pasir, serokan pasir, shampo kucing, baby oil dan kapas, makanan khusus kucing, serta vitamin.

Tempat makan untuk kucing sebaiknya berbentuk normal, tidak cekung. Jika terlalu cekung, bisa jadi Munchin akan sedikit kesulitan untuk meraihnya.

2. Pemberian makanan bernutrisi

Ada beberapa nutrisi yang perlu ada dalam makanan Munchkin. Apa saja? Jadi makanan perlu mengandung 45% protein, 35% lemak, dan 20% karbohidrat. Untuk anak kucing, pemberian makanan dilakukan 5 kali sajian per 5 gram. Sedangkan kucing remaja usia 6 hingga 8 bulan, makanan diberikan 3 kali sejumlah 30 gram per sajian.

3. Cek kesehatan secara berkala

Selain menjaga kebersihan kucing dan menjaga pola hidup yang sehat, Anda juga perlu melakukan cek kesehatan dan vaksnasi kucing secara berkala.

Keunikan

Dan berikut beberapa keunikan kucing jenis munchkin.

1. Kontroversial

Sejak diperkenalkan pada publik, Munchkin memang sudah kontroversial. Ada yang berpendapat kaki pendeknya bisa menyebabkan ia mengalami banyak gangguan kesehatan, sebagian lagi berpendapat Munchkin perlu dilestarikan karena unik sebagai ras baru.

2. Digunakan untuk fashion show

Kaki pendeknya yang gemas membuat Munchkin semakin mempesona dan imut. Karena inilah, ia sering diikutkan pada ajang fashion show untuk memperlihatkan betapa anggunnya Munchkin saat berjalan.

Bagaimana? Tertarik ingin memelihara kucing Munchkin? Perhatikan cara perawatannya dengan benar ya! Jangan lupa share artikel ini untuk memberi tahu kepada orang terdekatmu bagaimana lucu dan uniknya si Munchkin sebagai kucing terpendek di dunia!


Baca juga: tertarik memelihara kucing raksasa dan mirip singa ini?
7 views0 comments