Inilah Asal Usul, Ciri Fisik Dan Fakta Tersembunyi Kucing Norwegian Forest


foto oleh pixabay


Bagi para pecinta kucing, memelihara hewan satu ini memang sangat menyenangkan. Selain tingkahnya yang sangat lucu, kucing juga merupakan salah satu hewan yang mudah beradaptasi dan akrab dengan manusia. Saat ini ada banyak sekali jenis kucing yang bisa anda pelihara salah satunya yaitu kucing norwegian forest. Kucing yang satu ini memang cukup banyak dipelihara karena karakternya yang unik dan merupakan salah satu kucing yang hampir punah di lingkungan hidupnya.

Sekilas Tentang Kucing Norwegian Forest, Kucing Langka Dari Hutan Norwegia

Kucing Norwegian Forest merupakan salah satu kucing ras dengan peminat yang cukup tinggi namun jumlahnya sangat sedikit. Dengan kata lain kucing jenis ini termasuk ke dalam jenis kucing yang langka yang membutuhkan perlindungan khusus serta pengembangbiakan yang khusus pula. Kucing ras ini sangat populer apalagi semenjak Raja Olaf kelima menetapkan kucing tersebut sebagai Kucing Nasional Norwegia.


Asal Usul Kucing Norwegian Forest

Kucing Norwegian Forest merupakan kucing ras alami yang berasal dari Negara Norwegia. Nenek moyang kucing ini diduga berada dari hutan-hutan yang berasal dari daerah Skandinavia. Kucing Norwegian Forest diketahui telah muncul dari hutan sejak 4000 tahun lalu. Pada abad ke 16 kucing ini digambarkan sebagai kucing berbadan besar dengan kaki yang panjang, memiliki bulu pada ujung telinga serta bulu ekor yang tebal.

Pada tahun 1930, ada sebuah asosiasi didirikan dengan tujuan untuk memelihara ras kucing hutan Norwegia. Namun ketika perang dunia ke II terjadi, asosiasi tersebut bubar dan sama sekali tidak ada kegiatan apapun hingga tahun 1970. Pada tahun 1975, sekelompok peternak kucing kembali membentuk klub dengan nama Norwegian Forest Cat yang bertujuan untuk melindungi keturunan dari kucing tersebut dan membentuk program pengembangbiakan.

Sehingga pada tahun 1976, barulah dilakukan pencatatan ras kucing hutan menggunakan garis keturunan “provisional”. Setahun setelahnya, Kucing Norwegian Forest ini diterima untuk mengikuti kontes kucing. Pada tahun 1970, Kucing Norwegian Forest telah diakui oleh organisasi pendaftaran kucing yaitu European Federation International feline. Dari sejarah panjangnya inilah yang membuat kucing satu ini lebih unik dibandingkan dengan kucing ras lainnya.

Ciri Fisik Kucing Norwegian Forest

Banyak sekali yang sulit membedakan antara Kucing Norwegian Forest dengan kucing anggora. Ya, kedua jenis ras kucing ini sekilas memang hampir mirip. Namun, walaupun demikian tentu saja terdapat perbedaan antara keduanya. Berikut ciri fisik Kucing Norwegian Forest yang sebaiknya anda ketahui:

· Memiliki Bulu Yang Sangat Tebal

Seperti yang diketahui bahwa Norwegia merupakan salah satu negara dengan musim dingin yang sangat panjang bahkan hingga dalam 24 jam kita tidak bisa melihat cahaya matahari. Kucing Norwegian Forest merupakan salah satu ras kucing yang memiliki bulu sangat tebal sehingga bulu tebal ini bisa melindungi dirinya dari dingin yang berkepanjangan. Bulu kucing ini bisa mencapai 5 hingga 10 cm sehingga terlihat seperti halnya poni yang menutupi setiap bagian tubuhnya.

· MemilikI Berat Badan Besar

Selain memiliki bulu yang sangat tebal, Kucing Norwegian Forest juga termasuk ke dalam kucing yang berbobot besar. Berat badannya bisa mencapai 4 hingga 10 kg. Kucing ras ini sangatlah lucu namun sayang kurang menyenangkan jika digendong karena anda akan kelelahan jika terus menggendongnya. Dibandingkan beraktivitas, kucing ini lebih senang tidur.

· Memiliki Panjang Tubuh Mencapai 1 Meter

Ciri fisik lainnya yaitu, Kucing Norwegian Forest juga termasuk kedalam jenis kucing terpanjang di dunia karena panjangnya bisa mencapai 100 centimeter. Kucing ini juga terkenal senang sekali memanjat pohon untuk mencari makanan. Jadi, dari kebiasaan inilah yang membuat tubuhnya merenggang serta membentuk tulang yang panjang.

· Memiliki Ekor Yang Cukup Pendek

Walaupun memiliki panjang tubuh yang hampir mencapai 1 cm, namun ekor dari kucing ini termasuk cukup pendek. Panjang ekornya hanya sekitar 10 cm sehingga tentu ketika mereka berlari-lari akan sangat menggemaskan.

Nah itulah ciri fisik dari Kucing Norwegian Forest yang sebaiknya anda ketahui. Walaupun berat badannya bisa mencapai 10 kg namun kucing ini merupakan kucing yang atletis, kuat dan tangguh. Uniknya kucing ini juga menyukai air dan selalu bersikap santai serta tenang.


Fakta-Fakta Menarik Tentang Kucing Norwegian Forest

Dibalik sifatnya yang santai, tenang namun ceria ternyata terdapat fakta menarik dari Kucing Norwegian Forest yang tidak banyak diketahui. Apa saja fakta menariknya? Berikut beberapa diantaranya:


1. Kucing Norwegian Memiliki Tubuh Yang Lebih Besar Dari Kucing Biasa

Seperti telah disebutkan diatas bahwa Kucing Norwegian Forest ini memiliki berat badan hingga 10 kg dan tinggi bisa mencapai 100 cm. Dengan berat badan dan tinggi badan tersebut tersimpan fakta bahwa kucing ras ini memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan kucing biasa yang memiliki panjang 46 cm dan berat hingga 4 kg saja.


2. Merupakan Kucing Yang Mampu Bertahan Hidup Di Cuaca Ekstrim

Fakta menarik berikutnya yaitu Kucing Norwegian Forest ini juga mampu bertahan hidup di cuaca yang ekstrim terutama dingin. Dengan bulunya yang sangat tebal inilah yang tentunya membuat kucing tersebut mampu melawan cuaca dingin. Selain bulu tebal, kucing ini juga memiliki lapisan lemak yang menutupi seluruh bagian tubuhnya yang akan mebuat mereka tetap hangat.


3. Merupakan Kucing Yang Hampir Punah Saat Perang Dunia Kedua

Kucing Norwegian Forest juga merupakan salah satu kucing ras yang hampir purah saat perang dunia kedua. Hal ini disebabkan karena adanya perkawinan silang dengan kucing-kucing domestik yang berbulu pendek.


Nah itulah fakta menarik tentang Kucing Norwegian Forest yang sebaiknya anda ketahui. Jadi, bagaimana tertarik untuk memelihara kucing ras ini? Kucing Norwegian Forest memang ideal untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan karena sifatnya yang ramah dan senang jika bersama dengan manusia.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mencegah Kucing Spraying pada Usia Kawin

5 views0 comments