Ini Ciri-Ciri, Keunikan, Dan Cara Perawatan Kucing Ragdoll

Updated: Aug 13, 2020


foto oleh pexels


Siapa yang tidak gemas melihat hewan peliharaan yang satu ini? yap, kucing ragdoll termasuk salah satu kucing popular yang sering muncul di dunia maya. Meski demikian, tidak banyak yang tahu bahwa kucing cantik tersebut sebenarnya bernama Ragdoll.

Masih banyak yang sering salah ucap menyebut kucing ini dengan Persia atau Himalayan. Padahal jika diperhatikan, Ragdoll punya ciri unik yang tidak dimiliki oleh jenis kucing yang lain. Seperti apa ciri-ciri dan keunikan Ragdoll? Bagaimana cara perawatannya? Simak selengkapnya di bawah ini!

baca juga : Perbedaan Kucing Anggora dan Persia Ditinjau dari Berbagai Sisi

Sejarah Singkat

Organisasi kucing ras (pedigree) jenis Ragdoll mulai didirikan pada 1971 dan saat ini telah diakui oleh Guiness World of Records dan organisasi kucing global lainnya. Ragdoll berhasil dikembangkan oleh seorang American, Ann Baker dari 3 persilangan ras, yakni Persia, Birman, dan Burmese.

Ciri-Ciri Kucing Ragdoll

Seperti apa ciri-ciri kucing popular nan gemas yang satu ini? berikut uraiannya

1. Ukuran tubuh besar, dada lebar, panggul besar

Tidak heran jika Ragdoll dijuluki sebagai salah satu kucing terbesar, pasalnya ukuran tubuhnya memang tidak main-main. postur tubuhnya besar, dadanya bidang, panggul yang lebar dan cenderung lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Berat badan untuk Ragdoll jantan mencapai 4 hingga 9 kg.

2. Muka lebih gelap

Selain postur tubuh, ciri yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai landasan pertama saat melihat kucing jenis Ragdoll. Bagian wajah dari Ragdoll memang cenderung lebih gelap dibandingkan bagian tubuh yang lain.

3. Bulu berukuran sedang dan halus

Bulu yang dimiliknya sangat halus seperti kapas, ukurannya sedang, tidak panjang namun juga tidak pendek. Hal ini membuat Ragdoll terlihat seperti boneka hidup, sangat gemas!

4. Mata cantik

Mata merupakan salah satu bagian yang diperhatikan saat hendak memelihara kucing. Nah, warna mata kebiruan dengan bentuknya yang oval membuat siapapun yang melihat Ragdoll akan otomatis jatuh hati.

Cara Merawat

Perawatan dari kucing gemas yang satu ini tergolong mudah dan tidak merepotkan, bagaimana caranya?

1. Pemberian pakan yang cukup

Jangan lupa pula untuk memberikan makanan hewan khusus kucing yang bisa didapatkn di petshop, baik itu makanan basah maupun kering.

2. Menjaga kebersihan tempat makanan dan BAB

Agar kesehatannya selalu terjaga, kebersihan tempat makanan dan tempat BAB Ragdoll juga perlu dijaga dengan baik

Keunikan yang Dimiliki

Seperti halnya hewan lain, kucing ragdoll juga punya keunikannya sendiri. Apa saja itu?

1. Tiga corak berbeda dalam satu tubuh

Unik! Ragdoll memiliki 3 corak berbeda dalam satu tubuh. Misanya untuk jenis Ragdoll colorpot, coraknya akan terfokus pada bagian wajah, kaki tangan, dan ekor.

2. Rag-Doll (boneka - kain)

Jika tubuhnya diangkat, Ragdoll akan menjadi selayaknya sepotong kain yang lemas dan tak berdaya. Tentu saja sifat ini membuat Ragdoll menjadi semakin lucu dan unik.

3. Kucing yang jinak

Ragdoll termasuk salah satu hewan yang jinak, setia, lembut, dan sangat ramah. Itulah mengapa Ragdoll sangat pas dipelihara di rumah dan dijadikan teman bermain, bahkan bagi orang yang takut kucing sekalipun.

4. Terlahir berwarna putih

Meski memiliki corak dan warna yang variatif nan cantik, ternyata Ragdoll dilahirkan dengan warna putih. Polanya justru akan muncul secara perlahan, umumnya di usia 1 hingga 2 bulan. Semakin dewasa, polanya akan semakin tajam. Unik bukan?

Bagaimana? Tertarik ingin memelihara kucing ragdoll? Eits, di Indonesia kucing ini masih tergolong langka lho, jadi Anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam untuk mendapatkan kucing unik yang satu ini. ingin teman atau keluarga Anda ikut terhipnotis melihat kecantikan Ragdoll? Jangan lupa share artikel ini ke mereka ya!

84 views0 comments