• admin

Mengulik Sejarah dan Keunikan Kucing Russian Blue


Foto oleh Daniel Franecki di Pixabay


Jika ada salah satu kucing yang populer dan sering masuk TV, russian blue adalah salah satunya. Hewan ini sangat lucu dan pintar. Penasaran ingin tahu sejarah dan keunikan kucing russian blue? Simak artikel ini hingga selesai.

Kucing ini cocok sebagai hewan peliharaan untuk Anda yang selalu sibuk. Karena, russian blue adalah kucing manis yang tidak selalu bergantung pada manusia. Mereka adalah hewan yang cenderung mandiri.


Sejarah Russian Blue, Kucing Cantik nan Menggemaskan

Sesuai namanya, kucing ini berasal dari Rusia. Julukan ‘blue’ pada namanya, diambil dari warna bulunya yang kebiruan. Kucing manis dari Rusia ini, mampu bertahan hidup hingga 15 tahun. Usianya tergolong lama untuk seekor kucing.

Berat tubuhnya bisa mencapai 3 hingga 3,5 kg. Beratnya tergantung dari seberapa baik Anda memeliharanya. Russian blue jantan umumnya memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan betinanya.

Sebagian orang berpendapat, bahwa kucing manis ini berasal dari daerah Arkhangelsk, Rusia. Menurut sejarah, mereka awalnya dipelihara oleh para pelaut sekitar tahun 1860. Lalu, perlahan kucing tersebut mulai populer setelah perang dunia II berakhir.

Setelah perang dunia II, kucing menggemaskan ini perlahan-lahan mulai dikembangkan. Pengembangan dilakukan di Rusia dan juga negara-negara Skandinavia. Bahkan, kepopulerannya pada saat itu berhasil hingga ke Amerika.

Di Amerika, kucing Russian Blue kemudian diternakan. Selain untuk menghasilkan ras kucing serupa, juga menghasilkan ras russian blue modern. Para peternak menggabungkan keturunan russian blue Skandinavia dan russian blue inggris.


Keunikan Kucing Russian Blue

Russian blue adalah kucing yang memiliki cukup banyak fakta unik. Berikut fakta-faktanya:


Warna dan Bulu yang Tidak Biasa

Kucing manis dan kalem ini memiliki ciri khas yang terletak pada warna dan bulunya. Mereka umumnya memiliki warna abu-abu kebiruan. Sedangkan untuk bulunya sendiri memiliki ukuran yang pendek.


Pemalu dan Kalem

Ras kucing yang satu ini, akan malu jika bertemu dengan orang asing. Mereka juga sering menunjukkan sikap kalem ketika di depan pemiliknya. Selain itu, mereka juga pandai beradaptasi dengan lingkungannya secara cepat.


Sempat Dinyatakan Hampir Punah

Di masa perang dunia II, ras kucing ini hampir mengalami kepunahan. Namun, setelah perang dunia II selesai, kucing berbulu pendek ini bisa dilestarikan kembali. Hingga saat ini, bahkan sudah menyebar ke berbagai belahan dunia.


Hobi Berjemur

Russian blue adalah kucing yang suka duduk dekat di jendela yang hangat. Mereka sangat suka sekali berjemur. Aktivitas ini ternyata, bisa membuat bulu mereka tampak lebih elegan dan mengkilap jika terkena cahaya.


Rajin Membersihkan Diri

Setiap kucing memiliki kemampuan grooming yang baik. Itulah kenapa, kucing menjadi salah satu hewan yang bersih. Namun, ternyata kemampuan russian blue jauh lebih baik dalam menjaga kebersihan tubuh. Mereka bisa membersihkan diri tanpa harus menjilati tubuh secara rutin.


Ukuran Tubuhnya Tidak Menipu

Kucing manis ini memiliki bulu yang mewah dan tebal. Bulunya terdiri dari 2 lapis dan lebih tebal dari ukuran bulu kucing pada umumnya. Itulah yang menyebabkan penampilan mereka tampak lebih besar.

Di lain sisi, pada bagian bawah bulu si kucing, juga tersimpan banyak lemak. Namun, dengan tubuh seperti itu, mereka sangat terampil dan juga kuat. Mereka pun sangat ringan dan juga mampu bergerak cepat.


Dari sejarah dan keunikan kucing russian blue di atas, kini sedikit banyaknya Anda sudah mengenalnya lebih dekat. Kucing ini mandiri sehingga cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet. Suka dengan artikel ini? Jika suka, jangan lupa bagikan di media sosial Anda, ya.


Baca juga : Kucing British Short Hair, Lucu, Gemas dan Unik

6 views0 comments