Kucing Serval: Spesies Kucing Afrika Yang Harganya Fantastis


foto oleh unsplash


Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang mungkin sudah tidak asing lagi. Bahkan banyak di sekeliling kita berbagai jenis kucing yang umum ditemui. Misalnya saja kucing peliharaan yang dibiarkan lepas liar hingga kucing peliharaan dari jenis yang berbeda-beda. Kucing memang bukan hewan liar karena pada umumnya banyak dipelihara. Akan tetapi ada juga ras kucing serval yang masuk dalam kelompok kucing liar.

Serval termasuk dalam salah satu jajaran kucing termahal di dunia. Jenis kucing ini sangat populer sejak tahun 1980-an. Meskipun harganya cukup mahal namun kucing tersebut menjadi jenis hewan yang sangat diinginkan oleh para pecinta kucing. Kisaran harga untuk jenis kucing ini yaitu 200 juta hingga mencapai 1 miliar per ekornya. Hal ini karena jenis kucing ini langsung didatangkan dari Afrika.


Fakta Tentang Kucing Serval Yang Harus Anda Ketahui

Kucing serval yang berasal dari Afrika dengan harga selangit memang menjadi salah satu jenis kucing yang sangat unik. Nah, ada beberapa fakta tentang kucing ini yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

Ukuran Telinga Paling Lebar

Di keluarga kucing, Serval menjadi jenis kucing yang memiliki ukuran telinga paling lebar. Letak posisi kedua telinga ini berada saling berdekatan pada bagian atas telinga. Jika diibaratkan, proporsi ukuran telinga hewan ini sebesar piring makan.

Kucing Liar Dengan Ukuran Sedang Asli Dari Afrika

Serval atau bahasa ilmiahnya Leptailurus serval adalah jenis kucing liar yang memiliki ukuran sedang dan berasal dari Afrika. Untuk Serval dewasa ukurannya yaitu antara 80 hingga 100 cm. Ukuran ekornya mencapai 30 cm. Kemudian untuk tinggi bagian bahunya yaitu mencapai 50 cm dan berat tubuhnya mencapai 15 kg. Proporsi tubuhnya memang sangat unik karena ramping, kakinya pajang, telinga lebar, ukuran kepala kecil dan bagian leher panjang.

Telinga Lebar Digunakan Untuk Berburu

Kucing serval memiliki ukuran telinga lebar yang dimanfaatkan untuk berburu. Hal ini menjadi fungsi yang sangat spesial untuk kelompok kucing jenis ini. Kemampuan telinganya sangat luar biasa dalam mendengarkan suara mangsa yang mendekat. Biasanya hewan ini akan menutup matanya dan lebih mengandalkan telinganya dalam mendetksi mangsa.

Kucing Serval Tidak Takut Air

Jika pada umumnya kucing takut dengan air, beda halnya dengan serval. Jenis kucing yang satu ini memang tidak takut dengan air karena memiliki teritorial yang mencakup sumber air seperti sungai. Di alam, Serval membutuhkan air untuk bertahan hidup. Bahkan habitatnya bisa berupa rawa-rawa yang tidak kering dan padang rumput.

Kucing Serval Tidak Untuk Dipelihara

Sebenarnya kucing Serval tidak untuk dipelihara karena merupakan kucing liar yang hidup di alam. Apabia ingin dipelihara tentu tidak sembarangan orang. Jika ingin mengadopsi tentu saja harus dari ras Savannah yang merupakan hasil kawin Serval dengan kucing domestik.


Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Mengadopsi Kucing Serval Asli Afrika

Mengingat kucing serval adalah jenis kucing liar tentu saja jika ingin mengadopsinya harus memperhatikan banyak hal. Terutama untuk kenyamanan tempat tinggalnya yang harus sesuai dengan habitat aslinya. Perhatikan beberapa hal berikut ini!

1. Kucing Serval Membutuhkan Kandang Yang Luas

Untuk memelihara jenis kucing ini sebaiknya harus menyediakan kandang dengan ukuran yang luas. Dengan kata lain tidak bisa di kurung seperti kucing peliharaan pada umumnya. Sebaiknya siapkan saja kandang dengan model outdoor. Selain itu, dalam kandang sebaiknya disediakan kolam air kecil, pohon-pohon kecil dan rerumputan.

2. Kucing Serval Memerlukan Makanan Segar

Jika kucing peliharaan pada umumnya bisa mengkonsumsi makanan kalengan setiap hari, namun untuk Serval sebaiknya harus makanan segar. Misalnya daging ayam, ikan atau bebek mentah. Selain itu, perhatikan juga asupan gizinya dengan memberikan suplemen.

3. Jangan Memaksa Menghentikan Perilaku Kucing Serval

Kucing Serval sangat senang menandai wilayah kekuasaannya (teritorinya). Untuk itu, jika dipelihara maka kucing ini akan memiliki perilaku buang air di tempat yang diinginkannya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perilaku menandai wilayah kekuasaanya. Meskipun bisa diarahkan untuk buang air di tempat yang disediakan namun jangan pernah memaksanya.


Demikian beberapa hal mengenai kucing Serval yang merupakan kucing asli dari Afrika. Mengadopsi kucing jenis ini tentu saja membutuhkan banyak persiapan dan pertimbangan. Hal ini karena sangat tidak mudah mengingat ini jenis kucing liar yang biasa hidup di habitat alam luas.


Baca juga : Inilah Fakta Menarik Seputar Kucing Caracal! Kucing dengan Predikat terindah.
10 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.