Penyebab Kutu Kucing dan Cara Menghilangkannya Dengan Mudah


foto oleh unsplash


Dalam memelihara kucing penting untuk mengetahui tentang penyakit-penyakit yang umum menyerang si meong, salah satunya adalah kutu. Pemilik sebaiknya memahami darimana munculnya kutu kucing dan cara menghilangkannya. Mengetahui kedua hal ini akan membuat Anda dapat mengatasi berbagai permasalahan kutu yang dihadapi anabul saat ini maupun di masa mendatang.

Kutu tidak sekedar mengganggu bagi kucing namun menyebabkan berbagai permasalahan lainnya. Terutama bagi anak-anak (kitten) yang masih sensitif kulitnya dan rendah imunitasnya, sehingga harus segera dibersihkan. Selain itu, serangan kutu ini dalam jangka panjang dapat menimbulkan anemia.


Penyebab Kutu Kucing

Banyak jenis kutu kucing yang sangat mungkin ada pada tubuh kucing dari berbagai penyebab. Selain mengenali jenisnya sebaiknya ketahui penyebab kenapa kucing ada kutunya agar bisa dihindari.


1. Dari Manusia Sebagai Perantara

Munculnya kutu karena penularannya dari manusia sebenarnya sangat jarang terjadi tetapi masih memungkinkan. Misalnya Anda habis bermain bersama hewan berkutu lalu bermain dengan kucing maka bisa berpindah tanpa disadari.


2. Ditularkan oleh Tikus

Tikus menjadi salah satu perantara penyebab adanya kutu dan penyakit yang paling sering ditemukan. Kalau Anda merasa ada tikus dirumah sebaiknya segera dibasmi saja atau dibersihkan agar tidak menyebarkan penyakit.


3. Dari Kucing lain

Saat kucing bertemu dengan kucing lain, utamanya kucing liar. Terdapat peluang risiko penularan kutu. Maka pahami bentuk kutu kucing agar segera menyadari jika hewan kecil tersebut ada pada tubuh kucing Anda.


Cara Mudah Menghilangkannya

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, selanjutnya Anda harus paham cara menghilangkan kutu kucing. Berikut cara sederhana dan sangat mudah dipraktekkan sendiri tanpa harus pergi ke dokter hewan.


Pakai shampo khusus

Pertama harus dilakukan adalah memandikan kucing dan memakai sampo khusus hewan. Jika tubuh dan bulunya bersih serta harum membuat kutu tidak suka sehingga pergi dengan sendirinya. Tidak sulit menemukan samponya karena tersedia di toko khusus atau membeli online juga bisa.


Gunakan obat kutu

Setelah dimandikan sampai bersih wangi kemudian gunakan obat kutu khusus untuk hewan. Cari saja referensi obat yang banyak direkomendasikan dan membelinya untuk diobati sendiri. Jadi tidak harus pergi ke dokter dan lebih hemat biaya jika diobati sendiri.


Rajin menyisir bulunya

Sebenarnya cara paling mudah menghilangkan kutunya tanpa banyak biaya adalah rajin menyisir bulunya. Dengan disisir membuat kutu menjadi ikut jatuh dan terjaga kebersihan bulunya.

Adanya kutu di tubuh hewan peliharaan terkadang memang tidak dapat diduga karena datang tanpa disadari. Mengetahui apa saja penyebab munculnya kutu kucing dan bagaimana cara mengatasinya menjadi bekal penting. Karena Anda dapat mengatasinya sendiri tanpa harus pergi ke dokter hewan.


Nah itulah cara cara sederhana menghadapi gangguan kutu pada kucing. Meskipun simple, mungkin bagi Anda ada cara lain yang lebih sederhana namun efektif yaitu mengunjungi dokter hewan terdekat. Dengan kunjungan ke "ahlinya", Anda bisa meminta kucing Anda diperiksa dan juga di grooming agar tidak mengalami masalah kutu. Jika anabul Anda terkena masalah kutu, dokter hewan bisa merekomendasikan obat yang paling pas untuk kucing Anda. Gampangkan?

18 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.