Tak Banyak Orang Tahu! Inilah Fakta Menarik Seputar Lidah Kucing


foto oleh unsplash


Fenomena memelihara hewan peliharaan seperti kucing memang sudah populer sejak dulu. Menariknya, hingga sekarang tren ini masih saja terus berlanjut di masa pandemi Covid-19. Bahkan untuk beberapa kalangan memelihara hewan peliharaan seperti kucing seringkali dikaitkan dengan gaya hidup. Diantara sekian banyaknya hewan yang diperbolehkan untuk dipelihara, kucing memang selalu menjadi hewan pilihan. Tentu bagaimana tidak, kehadiran hewan menggemaskan di rumah akan membuat suasana rumah menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

Namun, tahukah anda? Ternyata dibalik tingkahnya yang sangat menggemaskan ini, terdapat banyak sekali fakta menarik tentang hewan satu ini termasuk salah satunya pada lidahnya. Berbicara tentang lidah kucing, pastinya banyak sekali diantaranya yang bertanya mengapa lidah kucing kasar. Tekstur kasar pada lidah kucing sebenarnya disebabkan karena adanya papila atau bulu kasar yang menyelimuti lidah. Nah, bulu ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari hewan kesayangan anda.


Berikut Beberapa Fakta Menarik Seputar Fungsi Lidah Kucing Yang Tak Banyak Diketahui!

Layaknya seperti setiap bagian dari tubuh manusia yang memiliki fungsi dan peranannya masing-masing, setiap bagian dari tubuh kucing juga tentu memiliki fungsi seperti halnya lidah. Sebagian besar para pecinta kucing tentu saja belum sepenuhnya mengetahui apa saja fungsi lidah kucing kucing tersebut bukan? Jika Ya, maka simak berikut beberapa fungsi lidah kucing yang tidak banyak diketahui banyak orang:


· Membantu Memisahkan Antara Daging Dan Tulang

Di alam bebas, kucing yang lapar sudah pasti harus memangsa hewan lain terlebih dahulu untuk makanannya. Nah, setelah mendapatkan makanan yang ia mau, pastinya tanpa ampun hewan tersebut akan memakannya dan kemudian biasanya antara tulang dan daging akan terpisah. Tentu tidak mungkinkan yang memisahkan tulang dan daging tersebut kucing? Nah, yang memisahkannya sendiri yaitu lidah dimana memang lidah kucing memiliki peranan penting untuk memudahkan pelepasan daging dan tulang.


· Melakukan Tes Makanan

Tekstur lidah kucing yang kasar juga tentu saja bisa membantu kucing perihal makanan dan minum. Misalnya saja, lidah kucing berfungsi untuk mengetes tekstur dan temperatur makanan. Secara garis besar lidahnya tersebut bisa menjadi pendeteksi apakah makanan tersebut bisa dikonsumsi atau tidak.


· Kucing Tidak Bisa Merasakan Rasa Manis Dan Asin

Selain teksturnya yang kasar, fakta menarik lainnya ternyata lidah kucing juga hanya memiliki kuncup pengecap lebih sedikit daripada manusia. Hal ini menyebabkan si meong tidak bisa merasakan rasa manis serta asin. Jadi, jika sebagian dari anda sering memberi makanan manis atau asing pada kucing memang tidak ada gunanya karena hewan tersebut tidak bisa merasakannya.


· Lidah Kucing Berfungsi Sebagai Alat Grooming Alami

Lidah kucing juga tentunya sangat berguna untuk grooming. Bagi pecinta kucing, pastinya telah mengetahui bahwa dalam kesehariannya kucing memang selalu menghabiskan waktu untuk membersihkan dirinya dengan cara menjilati sekujur tubuhnya. Nah, saat menjilati setiap bagian tubuhnya, lidah kucing yang kasar tersebut memiliki fungsi mengangkat debu serta kotoran yang menempel sehingga bulu akan kembali terlihat bersih.

Namun untuk fungsi ini Anda perlu berhati-hati. Jika kucing memiliki luka yang belum sembuh, dia akan cenderung menjilati lukanya ini. Kondisi ini bisa memperlambat penyembuhan luka karena luka tersebut basah. Lebih baik Anda membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan. Terkadang kucing juga perlu diberikan Collar khusus dalam kondisi ini agar lukanya lekas sembuh.


· Menurunkan Suhu Tubuh

Fakta yang terakhir, tenyata lidah kucing juga memiliki fungsi untuk menurunkan suhu tubuh. Air liur yang menempel pada bulu saat kucing menjilati bulunya akan menguap yang mana hal ini akan menimbulkan efek sejuk serta nyaman untuk kucing.

Nah itulah beberapa fakta menarik seputar lidah kucing yang tak banyak diketahui. Jika melihat ulasan diatas tentu bisa diambil kesimpulan bahwa lidah kucing memiliki peranan penting dalam kehidupan hewan tersebut dalam kesehariannya.